Tips Kesehatan: Memilih Matras Untuk Kegiatan Yoga

Sejak kemunculannya pada 5000 tahun silam di India ini, yoga menjadi sangat trend di kalangan masyarakat modern. Yoga bahkan telah menjadi sangat populer di berbagai negara, termasuk di Indonesia.

Health

Yoga dan Kesehatan Tubuh

Yoga dalam arti harfiah adalah mengontrol, menyatukan, bergabung, atau bersama. Bisa dibilang yoga merupakan satu kegiatan fisik yang menitik beratkan pada aktivitas meditasi yang memusatkan pikiran untuk mengontrol panca indera dan tubuh secara keseluruhan.Ê
Ê
Tak sulit bila ingin mempelajari senam ala India ini, karena saat ini banyak sekali yang menawarkan senam yoga untuk bisa Anda ikuti. Namun, yoga tidak hanya dapat menyehatkan tubuh, tetapi juga bisa menyehatkan mental Anda karena terdapat unsur meditasi di dalamnya.Ê
Ê

Tips Memilih Matras Yoga untuk Kesehatan

Untuk melakukan Yoga, dibutuhkan beberapa perlengkapan pendukung salah satunya adalah matras. Gerakan-gerakan yoga mengharuskan Anda menggunakan matras sebagai alasnya, bagi para pemula tentunya memilih matras menjadi pertimbangan yang sangat penting.
Ê
Tentunya Anda membutuhkan tips memilih matras untuk kegiatan yoga Anda, ini dia tips memilih matras untuk pemula:

1. Pilihlah Matras yang Empuk

Yoga memiliki berbagai macam gerakan yang dapat melatih otot-otot agar lentur, mulai dari pose duduk, berdiri, hingga tiduran. Tentu saja Anda membutuhkan matras yang empuk, agar Anda dapat mengikuti semua gerakan pada saat yoga.Ê
Ê

2. Tidak Licin

Tips memilih matras berikutnya adalah tidak licin. Matras yoga yang baik memiliki permukaan yang kesat dan tidak mudah membuat Anda terpeleset. Ini wajib diuji untuk keselamatan Anda selama melakukan gerakan yoga.
Ê
Apabila Anda terlanjur membeli matras baru yang memiliki permukaan licin, akali hal tersebut bisa Anda lakukan dengan memberikan bubuk kapur pada matras sebelum ditempelkan pada lantai.
Ê

3. Ringan

Matras yang empuk memang sangat dibutuhkan. Tetapi bukan berarti matras tersebut harus berat. Pilihlah matras yang ringan, agar Anda tidak merasa lelah ketika membawanya. Apabila Anda melakukan yoga sepulang kerja tentunya beban tersebut akan lebih melelahkan Anda.
Ê
Ê

4. Bebas Racun

Matras banyak mengandung polyvinyl chloride (PVC), yaitu zat plastik beracun yang mengandung karsinogen alias pemicu kanker. Jadi sebaiknya hindari membeli matras yang terbuat dari PVC.
Ê
Gunakan matras dengan bahan karet, rami, atau katun akan lebih baik. Namun begitu, selalu utamakan kenyamanan Anda saat berolahraga agar Anda juga dapat lebih berkonsentrasi supaya hasilnya maksimal.
Ê

5. Periksa Kekuatan Busa

Busa tipis yang melapisi matras menjadi salah satu unsur penting yang dapat membuat matras akan terasa empuk. Seperti yang telah diketahui, matras yang baik tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal.
Ê
Ingat ini, matras yang terlalu tebal busanya hanya baik untuk aktivitas gym. Selebihnya, Anda dapat tanyakan pada petugas toko olahraga sebelum memutuskan. Ê
Ê

6. HargaÊ

Orang bijak berkata ÒAda uang, ada barangÓ Saat membeli matras untuk yoga, boleh jadi harga mengambil peranan penting, karena biasnya matras yang berharga murah cukup dapat diperhitungkan kualitasnya.
Ê
Membeli matras dengan harga murah memang diperbolehkan, tetapi jangan lupa memperhitungkan segi kualitas dari harga murah tersebut. Hal ini juga berlaku apabila Anda membeli matras yoga dengan potongan harga besar-besaran.
Ê
Tips kesehatan ini disampaikan untuk Anda yang sangat peduli akan kesehatan. Ketika Anda ingin melakukan yoga, ada baiknya anda juga harus memperhatikan peralatan yang digunakan agar Anda nyaman saat melakukannya.
Ê
Ê
Bagi pemula memilih matras yang tepat mungkin akan sangat merepotkan, apa lagi saat ini banyak sekali matras yang dijual di pasaran. Tips memilih matras untuk kegiatan yoga di atas bisa Anda jadikan bahan acuan, agar Anda tidak merasa kesulitan dalam memilih matras.

Leave a Reply