Tips Meningkatkan Imunitas Tubuh terhadap Penyakit Pancaroba

Apakah Anda tipe yang mudah jatuh sakit? Jaga selalu kesehatan Anda dan keluarga di musim peralihan! Ikuti langkah-langkah berikut untuk menangkal serangan penyakit.

Health

Penyakit pancaroba sudah siap menyerang ketika terjadi peralihan musim dari musim hujan ke musim panas atau sebaliknya. Di musim ini, seringkali imunitas tubuh kita menjadi rentan terhadap serangan penyakit. Hal tersebut terjadi karena tubuh sedang menyesuaikan diri dengan cuaca yang baru.
Ê
Untuk menghadapi itu, tentu antisipasi harus dilakukan agar tubuh Anda siap menghadapi berbagai penyakit yang berpotensi datang menyerang. Berikut 7 tips meningkatkan imunitas tubuh untuk melawan penyakit pancaroba:
Ê

1. Tambah Jam Olahraga Anda

Olahraga secara teratur akan membuat tubuh selalu fit dan kuat. Biasakan untuk berolahraga minimal 30 menit setiap harinya. Lakukanlah olahraga yang mudah namun efektif, seperti jogging, senam, dan bersepeda.
Ê

2. Hindari Dehidrasi, Minum Air Putih yang Cukup

Air adalah komposisi utama dari tubuh manusia sehingga apabila tubuh kekurangan air maka fungsi-fungsi tubuh tidak dapat berfungsi dengan optimal. Untuk mencegah dehidrasi atau kekurangan air, pastikan Anda minum air putih setidaknya 2 liter per hari.
Ê

3. Sediakan Waktu Cukup Tidur Setiap Malam

Tidur yang berkualitas dapat membantu mendorong regenerasi sel-sel dan jaringan tubuh. Akan tetapi, perlu diwaspadai bahwa kekurangan atau kebanyakan tidur bisa mengurangi efek positif dari tidur. Rata-rata orang dewasa memerlukan waktu tidur selama 7 sampai 9 jam setiap harinya.Ê
Ê

4. Ketahui Penyakit Pancaroba yang Paling Umum

Sebelum Anda mempersiapkan diri untuk menangkal penyakit pancaroba, tentu Anda harus mengetahui terlebih dahulu gejala-gejala penyakit tersebut: Diare ditandai dengan mulas berkepanjangan, batuk dan muntah; Influenza ditandai dengan menggigil, nyeri otot, dan batuk; dan ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) ditandai dengan badan pegal-pegal, batuk, sakit kepala, dan sakit tenggorokan.
Ê
Ê

5. Jaga Kebersihan Diri dan Sekitar

Agar tidak tertular virus atau bakteri, akan baik sekali apabila Anda mampu menjaga kebersihan, baik kebersihan badan maupun lingkungan. Biasakan mencuci tangan dan muka setelah beraktivitas di luar rumah. Ingat, bakteri dan virus sangat mudah menular serta ada di mana-mana, lho!
Ê

6. Pakai Masker Wajah

Gunakanlah masker ketika berada di luar rumah atau berada dekat orang yang sedang sakit. Selain melindungi Anda dari kotoran seperti asap rokok dan asap kendaraan bermotor, masker juga akan menghalang virus dan bakteri memasuki tubuh.
Ê

7. Hindari Stres Berlebih

Stres yang berlebihan bisa memicu pikiran negatif, yang secara tidak langsung juga dapat menurunkan imunitas tubuh. Hindari stres dengan selalu berpikir positif dan melakukan aktivitas relaksasi seperti meditasi atau yoga.
Ê
Begitulah 7 hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh Anda. Mudah bukan? Selalu waspada dan hindari serangan penyakit pancaroba dengan mengikuti tips-tips ini!
Ê

Leave a Reply