Tips Praktis Perawatan Demam yang Efektif

Demam terus menghantui keluarga Anda karena perubahan cuaca yang tidak menentu? Tak perlu khawatir, karena ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Health

Perawatan demam merupakan pengetahuan yang penting di musim pancaroba ini.ÊKetika memasuki musim pancaroba, penyakit seperti demam sangat umum menyerang anggota keluarga. Tentunya hal ini cukup mengkhawatirkan, apalagi kalau sampai buah hati Anda yang terjatuh sakit. Beberapa orang mencoba mengatasinya dengan pergi ke dokter dan minum obat, tetapi ternyata Anda dapat melakukan perawatan demam tanpa harus pergi ke dokter.
Ê
Berikut tips perawatan demam tanpa pergi ke dokter:
Ê

1. Gunakan Kompres dalam Perawatan Demam

Basuh kain dengan air hangat dan letakkan pada dahi anggota keluarga yang sakit. Hal ini telah dilakukan sejak dahulu dan telah menjadi salah satu perawatan demam yang ampuh. Kompres akan menurunkan suhu tubuh pasien, namun jangan gunakan air dingin karena akan membuat tubuh menggigil dan menaikkan suhu tubuh.
Ê

2. Mandi dengan Air Hangat

Sama halnya dengan kompres, mandi dengan air hangat akan lebih cepat menurunkan suhu tubuh pasien daripada menggunakan air dingin. Setelahnya, lebih baik gunakan baju yang tidak terlalu tebal agar panas dapat cepat menguap dari kulit. Jika pasien merasa dingin, gunakan selimut yang juga tidak terlalu tebal.
Ê

3. Minum Air Putih yang Banyak

Ketika sedang sakit, tubuh penderita demam akan membutuhkan asupan air yang lebih banyak. Pastikan tubuh pasien terhindar dari dehidrasi dan bantu juga dengan asupan gizi yang seimbang, seperti sayur-sayuran hijau dan buah-buahan segar. Selain itu, yoghurt juga dipercaya dapat menurunkan dan menyeimbangkan suhu tubuh.
Ê
Ê

4. Jaga Suhu Ruangan

Bila ada teman atau kerabat yang terkena demam, biarkan mereka beristirahat dengan suhu ruangan. Jika ruangan terasa terlalu lembap, pasanglah kipas angin agar udara dapat tetap bersirkulasi dengan baik. Namun, posisikan kipas angin ke arah yang berlawanan dengan pasien. Dengan demikian, angin tidak langsung mengarah ke tubuh dan menyebabkan flu.
Ê

5. Kurangi Aktivitas

Ketika sakit demam, sebenarnya pasien dapat tetap beraktivitas seperti biasa. Namun, mereka perlu menghindari aktivitas intens yang memakan banyak tenaga.
Ê
Perawatan demam yang paling efektif adalah dengan mengurangi aktivitas dan memperbanyak waktu tidur dan istirahat. Jika mereka harus keluar rumah, pastikan mereka tidak terkena sinar matahari langsung, karena hal itu akan membuat suhu tubuh meningkat.Ê
Ê
Di musim pancaroba ini memang sangat rawan bagi Anda ataupun keluarga untuk terserang penyakit, terutama demam. Lakukanlah hal-hal di atas untuk perawatan demam. Namun, tetap lebih baik mencegah daripada mengobati. Oleh karena itu, cobalah untuk menjaga kesehatan dan mengonsumsi vitamin secara rutin agar tubuh lebih stabil.
Ê

Leave a Reply