Trigliserida Tinggi

Apakah kadar trigliserida tinggi menyebabkan mudah lelah? Bagaimana cara menurunkan trigliserida tinggi? Olahraga untuk usia 51 tahun apa yang dapat menurunkan trigliserida?

Health

Selamat pagi dok, 

Saya seorang pria berusia 51 tahun. Memiliki kadar trigliserida yang tinggi (lebih dari 300). Apakah kadar trigliserida tinggi menyebabkan saya mudah lelah? Bagaimana cara menurunkan trigliserida tinggi? Olahraga apa yang sesuai dengan usia saya yang dapat menurunkan trigliserida? Terima kasih, dok!
Salam,
Hermawan 
 
Bapak Hermawan, 
Cara menjaga kesehatan tubuh agar kadar lemak darah dapat terkontrol dengan baik meliputi beberapa hal. Namun sebelum kami menjelaskan bagaimana cara menjaga kesehatan tubuh yang ideal untuk menekan kadar trigliserida, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu.
Untuk memperbaiki profil trigliserida, Anda perlu menerapkan pola hidup sehat dengan makan makanan dengan pola gizi seimbang serta berolahraga. Hindari makan berlemak seperti santan dan gorengan karena akan mempengaruhi profil lipid (lemak) dalam darah Anda.
Kadar trigliserida yang tinggi biasanya tidak dapat dilihat gejalanya secara langsung. Biasanya, gejala yang ditemukan adalah nyeri kepala atau nyeri tengkuk, namun hal tersebut tidak spesifik. Sehingga mudah lelah yang Anda alami, bisa jadi bukan disebabkan oleh kadar trigliserida yang tinggi melainkan dapat disebabkan oleh hal lain. Untuk diagnosis secara pastinya dibutuhkan pemeriksaan fisik lebih lanjut.
Perasaan mudah lelah dapat disebabkan oleh asupan makanan yang kurang, aktivitas berlebihan, olahraga yang kurang, kurang istirahat, kondisi infeksi, anemia, gangguan hormon, tekanan darah rendah. Perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu baru dapat mengetahui apa yang harus dilakukan. Kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam untuk diperiksa lebih jauh. Mungkin diperlukan pemeriksaan laboratorium seperti pemeriksaan darah lengkap guna mencegah dan menekan munculnya potensi penyakit jantung .
Cara menjaga kesehatan tubuh untuk terhindar dari penyakit jantung akibat kadar lemak darah trigliserida tidak terkendali:
• beristirahat yang cukup
• makan teratur dengan menu gizi seimbang
• banyak minum air putih
• berolahraga teratur (minimal 3x per minggu)
• mengonsumsi buah dan sayur
Hasil trigliserida yang baik didapatkan setelah puasa 812 jam sebelumnya. Apakah Anda puasa saat melakukan pemeriksaan tersebut? Kadar trigliserida yang tinggi dapat berperan dalam proses terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), penyakit jantung, dan stroke.
Cara menjaga kesehatan dengan menurunkan kadar trigliserida, yang dibutuhkan adalah mengurangi konsumsi lemak, alkohol, dan karbohidrat. Kadar trigliserida tinggi juga dapat dikurangi dengan mengonsumsi omega-3 yang banyak bersumber dari ikan.
Untuk seusia Anda olahraga yang sebaiknya dilakukan adalah olahraga yang tidak terlalu berat (low impact). Anda bisa melakukan berenang. Hindari olahraga yang terlalu memicu kerja jantung secara cepat misalnya olahraga futsal, lari, dan sebagainya. Jika Anda ingin bersepeda atau treadmill, lakukan secara perlahan dan dengan intensitas rendah. Lakukanlah dengan rutin.
Saat ini lakukanlah perubahan pola hidup menjadi lebih sehat dalam 3 bulan ke depan kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan profil lipid lengkap ulangan. Jika tidak ada perubahan atau semakin meningkat maka kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.
Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.
Salam,

Leave a Reply