Waspada, Virus Cacar Monyet Bisa Menjangkiti Siapa Saja!

Health

Virus cacar monyet menyebar bisa menyebar dari hewan akibat gigitan dan cakaran. Apa Anda sudah mengetahui virus satu ini?

Virus cacar monyet merupakan fenomena baru di dunia kedokteran. Virus yang bermula dari hewan ini bisa menular pada manusia. Seseorang yang terjangkiti virus ini akan mengalami sejumlah masalah. Tak jarang mengakibatkan hal yang cukup fatal bagi kesehatannya.

Sekilas Mengenal Virus Cacar Monyet

Cacar monyet adalah jenis penyakit kulit yang dialami oleh hewan pengerat. Penyakit kulit ini cukup berbahaya. Sebab penyakit ini bisa menular dan membahayakan penderitanya. Akibat paling fatal adalah menyebabkan infkesi pada paru-paru.

Cacar ini pertama kali ditemukan di Nigeria. Banyak masyarakatnya menderita masalah tersebut. Dan kini, penyakit ini mulai ditemukan di Asia Tenggara. Tepatnya di Singapura di mana pemerintah melaporkan adanya temuan masalah ini pada Mei 2019 kemarin.

Baca juga: Infeksi Virus: Ketahui Gejala, Penyebab, dan Pencegahannya

Virus cacar monyet ini akan membuat tubuh penderita menjadi bentol-bentol. Cirinya hampir mirip dengan cacar air. Tetapi bintil-bintil berair ini akan berubah menjadi nanah dalam selang beberapa waktu.

Benjolan atau bintil cacar ini biasanya akan ditemukan di sekujur tubuh. Lebih spesifiknya akan dijumpai pada bagian leher, ketiak, dan selangkangan. Dan benjolan bernanah ini disebabkan oleh pembengkakan kelenjar getah bening.

Beberapa sumber menyebutkan jika cacar jenis ini bersumber dari hewan pengerat dan primata. Contohnya adalah tupai, tikus, dan monyet. Hewan-hewan inilah yang diklaim membawa virus tersebut.

Meskipun penyakit ini jarang menjangkiti manusia, namun kenyataannya bisa berakibat serius. Alasannya adalah penyakit ini bisa menular. Artinya bila ada satu penderita di sekeliling seseorang, maka seseorang punya kemungkinan besar untuk menderita hal yang sama.

Penularan Pada Manusia

Disebutkan bahwa penyebab penyakit ini berasal dari virus monkeypox. Penyakit ini ditularkan dari hewan yang sedang terjangkiti virus. Kemudian menyebar ke manusia melalui banyak cara.

Penularan virus dari hewan ke tubuh manusia ini bisa melalui gigitan dan cakaran. Ada juga yang melalui kontak tubuh dengan cairan yang dihasilkan oleh hewan. Baik itu secara langsung ataupun yang menempel pada benda tertentu.

Sementara penularan virus dari penderita ke orang yang sehat bisa melalui percikan air liurnya. Air liur ini mengandung virus yang bila terkena tubuh seseorang akan membuat penyebarannya semakin besar.

Selain air liur, ada juga yang melalui benda yang pernah bersentuhan dengan penderita. Virus-virus tadi akan menempel pada benda tersebut. Contohnya adalah baju.

Ketika seseorang menyentuh benda tersebut, virus akan menempel pada tubuh yang sehat. Setelah itu, virus akan menyebar dan membuat tubuh orang sehat sakit. Yakni muncullah gejala sekaligus benjolan berair dan bernanah.

Baca juga: Cara Jaga Diri dan Keluarga Dari Hal-Hal Buruk

Gejala yang Dirasakan Penderita

Virus cacar monyet ini butuh waktu cukup lama untuk membuat penderitanya sadar sedang terjangkiti. Penderitanya hanya akan merasakannya bila sudah muncul gejala. Dan gejalanya ini bisa dirasakan dengan durasi waktu yang berbeda-beda.

Tercatat bahwa gejala ini akan muncul 5-22 hari setelah terpapar virus. Ini bergantung pada daya tahan tubuh seseorang. Jika daya tahan tubuhnya lemah, gejala tersebut akan muncul lebih cepat.

Gejala yang ditimbulkan dari cacar monyet adalah demam dan menggigil. Selain itu, penderita juga akan merasakan lemas, nyeri otot, sakit kepala, sampai pembengkakan berupa benjolan berair maupun bernanah.

Gejala ini biasanya berlangsung sekitar tiga hari. Dimulai dengan munculnya ruam pada kulit. Setelah ruam ini menyebar, muncullah benjolan berisi air dan nanah. Kalau pecah, biasanya akan menyebabkan borok.

Pengobatan Sekaligus Pencegahan Virus Cacar Monyet

Sebelum virus cacar monyet ini membuat tubuh Anda penuh dengan bekas ruam, cara terbaik adalah mencegahnya. Tapi jika sudah terlanjur, penanganan wajib dilakukan dengan berkunjung ke dokter.

Cara Mencegah Virus Cacar Monyet

Ada sejumlah cara yang bisa ditempuh untuk mencegah penularan virus tersebut. Salah satu yang utama adalah meminimalkan kontak dengan hewan pengerat atau primata yang terinfeksi virus tersebut. Oleh karena dari sinilah sumber penyakit menular tersebut.

Selain itu, Anda disarankan untuk rajin mencuci tangan. Gunakan sabun atau cairan pembersih yang aman. Mencuci tangan ini bisa dilakukan sebelum membersihkan luka, ataupun sebelum memegang dan mengonsumsi makanan.

Selanjutnya adalah menjauh dari benda-benda yang digunakan oleh penderita. Di sini, upayakan untuk tidak menyentuh secara langsung dengan benda yang sudah terkontaminasi.

Tidak hanya itu saja, segeralah memeriksakan hewan peliharaan yang diduga terinfeksi. Dan sesekali minta vaksinasi cacar bila sering bersama penderita. Biasanya, vaksinasi ini akan dimanfaatkan oleh orang yang merawat pasien yang terkena virus cacar monyet.

Baca juga: Beragam Penyakit Kelenjar Getah Bening, Sudah Tahu?

Cara Mengobati Cacar Monyet

Disebutkan bahwa cacar monyet belum ditemukan obatnya. Penyakit ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Terutama sembuh dari perlawanan sistem kekebalan yang ada di dalam tubuh penderitanya.

Meskipun begitu, dokter akan memberikan resep khusus untuk menangani gejala yang dialami oleh penderita. Terutama gejala yang berhubungan dengan nyeri dan demam. Biasanya, dokter akan memberikan paracetamol untuk meredakannya.

Di samping itu, dokter akan menyarankan penderita untuk beristirahat. Bahkan ada yang menyarankan supaya penderitanya tinggal di ruang isolasi untuk sementara waktu. Tujuannya supaya penyebaran virus ini bisa dikendalikan.

Hal lain yang sebaiknya dilakukan oleh penderita adalah banyak-banyak mengonsumsi makanan yang sehat. Makanan yang dimaksud adalah sayuran dan buah, karena makanan-makanan sehat inilah yang membawa nutrisi untuk memperkuat kekebalan tubuh seseorang.

Kesimpulannya, virus cacar monyet bisa menyebar dengan bebas bila seseorang berdekatan dengan penderita ataupun benda yang dikenakan penderita. Namun hal ini bisa dicegah dengan cara menjaga kebersihan tangan dan badan. Kemudian, dukung dengan mengonsumsi makanan sehat supaya virus cacar monyet ini bisa ditangkal oleh sistem imunitas tubuh seseorang.

Comments are closed.