Waktu yang Tepat untuk Berolahraga

Kapan waktu berolahraga yang tepat? Apakah pagi, sore, atau malam hari? Berapa lama seharusnya berolahraga?

Health

Halo Brett,
Kapan waktu yang tepat untuk berolahraga? Apakah pagi, sore, atau malam hari? Apa kelebihan dan kekurangan dari waktu olahraga tersebut? Kira-kira berapa lama dalam seminggu saya harus berolahraga?

Salam,
Heri Eriyawanto

Ê

Jawaban :
Halo Heri,
Menurut saya, berolahraga setiap saat sangatlah baik. Saya mencoba berolahraga di pagi hari, saat istirahat makan siang bahkan saat malam setelah saya makan malam. Tadinya saya hanya berolahraga di pagi hari, namun sekarang dengan adanya tuntutan keluarga dan pekerjaan, saya berolahraga kapan pun saya bisa. Tas gym saya selalu saya bawa hampir setiap hari dan saya dapat melakukan gym secara mendadak. Saya tidak memiliki waktu tertentu untuk berolahraga dan merasakan manfaatnya.

Saya menyukai olahraga di pagi hari karena membuat saya bangun lebih pagi dan merasa segar saat bekerja. Saya juga merasakan kepuasan tersendiri telah berhasil melakukan sesuatu di pagi hari. Olahraga pagi hari baik untuk membakar timbunan lemak. Jika saya makan malam berat dengan keluarga, saya akan olahraga di pagi hari keesokan harinya. Olahraga saat istirahat makan siang juga merupakan favorit saya karena dapat mengurangi stres dari pekerjaan. Olahraga ini menyegarkan saya kembali. Saya tidak suka bila makan siang terlalu banyak dan kembali ke kantor dengan sangat kenyang dan menjadi malas.

Secara ilmiah, olahraga di sore hari sangatlah baik untuk pria. Hormon testosteron akan mencapai puncaknya pada pukul 17.30 sampai 18.00. Ini merupakan waktu yang ideal untuk pergi ke gym atau mengangkat beban berat. Anda akan lebih kuat dan dapat berolahraga lebih keras. Yang menjadi masalah adalah, di Jakarta jam tersebut adalah puncak dari kemacetan dan sangatlah sulit untuk pergi ke gym atau berolahraga.

Saya jarang melakukan olahraga setelah makan malam karena biasanya saya berjalan-jalan dengan keluarga. Tetapi belakangan, saya sering melakukan olahraga di malam hari. Saya merasa lebih sehat dan kuat setelah mandi dan pulang ke rumah serta bersantai di depan televisi. Saran saya adalah Anda dapat mencoba olahraga setiap waktu dan tentukan waktu mana yang paling cocok dan yang paling Anda nikmati.

Leave a Reply