Warna Mata Bisa Mengindikasi Kondisi Kesehatan

Health

Pada dasarnya tidak hanya perubahan warna kulit saja yang dapat menandakan adanya kondisi kesehatan yang bermasalah. Warna mata pun juga bisa!

Terlepas dari upaya yang Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, ada sebuah hasil penelitian yang mengungkapkan jika faktor bentuk dan warna dari mata bisa memengaruhi kecenderungan kesehatan. Bahkan, warna tertentu memiliki kecenderungan lebih mudah terserang penyakit tertentu.

Warna serta bentuk mata sebenarnya bisa memberikan informasi tentang kecenderungan seseorang terhadap kondisi penyakit yang sedang dideritanya. Maka dari itu, sebenarnya jika bisa lebih teliti lagi Anda bisa memprediksi penyakit yang sedang diderita hanya lewat warna.

Intinya, mata bukanlah sekedar “jendela jiwa”. Lebih dari itu, warna dari mata juga bisa mengindikasikan gangguan penyakit tertentu yang sedang dialami. Lebih jelasnya lagi, di bawah ini adalah contoh beberapa kondisi kesehatan yang juga menyebabkan perubahan pada warna mata.

Baca juga: Mata Minus: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Penyakit yang Bisa Dilihat dari Warna Mata

Hitam atau Gelap Berpotensi Terkena Katarak

Katarak merupakan kondisi di mana munculnya lapisan berawan yang ada di atas pupil mata. Kemudian akan menyebabkan penglihatan terasa kabur. Hasil penelitian yang diterbitkan oleh American Journal of Ophthamologi pada 2000. Hasilnya menemukan jika seseorang yang memiliki warna mata gelap cenderung lebih besar risikonya terkena penyakit katarak. Risikonya satu hingga dua kali lebih besar.

Lalu, bagaimana dengan kondisi mata yang seperti itu? Apa langkah pencegahan yang bisa diupayakan? Bagi Anda dengan kondisi mata seperti ini, sebisa mungkin lindungi mata dari sinar ultraviolet guna mencegah katarak muncul.

Bola Mata Biru Jarang Terkena Vitiligo

Sebuah penelitian dari Jurnal Nature menyebutkan jika seseorang dengan warna bola mata biru memiliki kemungkinan terkena penyakit vitiligo yang sangat kecil. Dari hampir 3.000 pasien vitiligo yang kesemuanya berkulit putih dalam penelitian ini, ditemukan hasil jika 27 persen penyakit vitiligo terjadi pada mereka yang memiliki warna mata biru.

Kemudian 30 persen yang memiliki mata berwarna hijau atau hazel. Lalu yang paling banyak, yakni 40 persen penyakit vitiligo ini menyerang para pemilik mata dengan warna cokelat. Jadi, bila bola mata Anda berwarna coklat, patut untuk tetap waspada. Sebab potensi terkena penyakit vitiligo bisa dikatakan cukup besar.

Warna Mata Berubah, Ada yang Salah dari Dalam Tubuh

Ketika Anda melihat ada wana merah pada bagian putih mata, kondisi ini kemungkinan besar menandakan Anda memiliki alergi yang tidak atau belum terdiaknosa. Kemudian, jika bagian putih mata Anda berwarna kuning, kemungkian besar memiliki masalah pada liver.

Lalu, bagaimana jika salah satu warna pada mata tiba-tiba berubah? Ternyata, kondisi seperti ini bisa disebabkan karena adanya penyakit warisan seperti halnya neurofibromatosis yang menyerang tumor jaringan saraf. Parahnya lagi kondisi ini bahkan bisa menyebabkan melanoma pada iris mata Anda.

Baca juga: Efek Samping Operasi Plastik yang Perlu Anda Ketahui

Warna Mata Gelap Memiliki Kecenderungan Sensitif Pada Alkohol

Untuk warna bola mata gelap, hitam ataupun cokelat, mungkin Anda kurang suka untuk mengonsumsi alkohol. Kenapa bisa seperti itu? Penelitian yang dilakukan oleh Personality and Individual Differences pada 2001 menyebutkan jika alkohol ternyata lebih sering dikonsumsi oleh orang-orang yang memiliki warna bola mata terang, biru, ungu, atau hijau.

Dari hasil penelitian tersebut lantas disimpulkan jika mereka yang bermata gelap lebih sensitif terhadap alkohol dan obat-obatan lainnya. Sekarang coba lihat warna mata Anda, lalu cobalah untuk merenung sesaat, apakah memang benar seperti itu?

Biru Sering Terkena Penyakit Melanoma

Orang yang memiliki mata biru memiliki kecenderungan yang cukup besar terkena penyakit melanoma. Meskipun pada dasarnya melanoma dan vitiligo tampak seperti berseberangan. Padahal ternyata variasi yang sama yang bisa dikatakan sebagai pelindung vitiligo pada kenyataannya bisa meningkatkan risiko terkena melanoma ini.

Salah satu teori kenapa hal ini bisa terjadi yakni vitiligo pada dasarnya adalah penyakit autonium. Ini menandakan jika respons sistem kekebalan tubuh justru menyerang tubuh sendiri. Dan ternyata respon berlebihan seperti ini menunjukkan jika seseorang yang bermata cokelat memiliki potensi yang lebih besar terkena vitiligo, serta mampu melawan melanoma.

Baca juga: Bingung Memilih Kacamata Sesuai Bentuk Wajah? Ini Tipnya!

Meskipun pada kenyataannya sebenarnya kaitannya masih belum diketahui, namun gen yang melindungi tubuh terhadap vitiligo juga melindungi terhadap melanoma. Itulah kenapa keduanya sering dikatakan saling berkaitan.

Wanita Bermata Terang Lebih Mampu Menahan Rasa Sakit

Penelitian yang dipublikasikan oleh American Pain Society pada 2014 oleh profesor anestesiologi bernama Inna Belfer, MD, PHD, mengemukakan sebuah temuan yang menyebutkan jika wanita yang memiliki warna mata terang atau bola matanya berwarna terang memiliki kecenderungan untuk lebih mampu menahan rasa sakit dari pada wanita bermata gelap.

Dalam penelitian tersebut meniliti sekelompak kecil wanita saat sebelum dan sesudah melahirkan. Hasilnya jika wanita bermata gelap memiliki kecenderungan lebih banyak menunjukkan kegelisahan dan gangguan tidur sebagai respons rasa sakit.

Selain itu, wanita yang memiliki warna gelap pada matanya juga mengalami penurunan rasa sakit yang lebih besar setelah menerima epidural yang menunjukkan jika mereka ini memang peka terhadap rasa sakit.

Itulah beberapa hal terkait dengan warna mata. Selain bisa menunjukkan kondisi tubuh seseorang, warna dari mata juga bisa menunjukkan hal lain yang berkaitan dengan ketahanan tubuh terhadap penyakit tertentu. Oleh sebab itu, wajar saja jika hanya lewat warna mata saja, kondisi kesehatan seseorang bisa diketahui.

Hal terpenting, selalu cek kondisi apa pun yang Anda alami. Jaga pola hidup sehat. Jadi bila sesuatu hal terjadi pada diri Anda, maka segera bisa diketahui dan diberikan tindakan.

Comments are closed.