Waspada Bahaya Minum Bir! Dampak yang Anda Perlu Ketahui

Bahaya minum bir yang terlalu banyak dapat merugikan kesehatan dan psikologis, hindari mengonsumsi bir terlalu banyak agar Anda tidak rugi.

Health

Waspada! Berikut ini Bahaya Minum Bir. Ternyata ada beberapa bahayanya!

Sejak dahulu bir dan minuman beralkohol lainnya selalu menjadi bahan perbincangan yang renyah untuk dibahas, di mana bir selalu dikaitkan dengan hal negatif. Sebenarnya bir atau minuman beralkohol ini tidak mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatan, jika Anda meminumnya secara wajar atau dalam porsi yang sesuai.

Bahkan terdapat penelitian yang membahas mengenai manfaat bir untuk kesehatan, di mana pada penelitian tersebut. Bir dapat mengurangi risiko terjadinya kanker prostat, mencegah kolesterol, mengurangi risiko diabetes, dan batu ginjal.

Sayangnya, banyak yang mengonsumsi bir dengan jumlah yang terlampau banyak sehingga mengakibatkan mabuk yang ditandai dengan rasa mual, pusing, perut terasa panas, dan kemungkinan terburuk lainnya adalah hilangnya kesadaran. Sehingga efek positif dalam mengonsumsi bir, tidak dirasakan.

Tidak hanya mabuk ketika mengonsumsi bir dalam jumlah yang berlebihan. Tetapi terdapat sederet bahaya minum bir lainnya, yang patut Anda ketahui. Bahaya minum bir terlalu banyak dapat berakibat buruk pada kesehatan, selain itu juga dapat berakibat buruk pada psikologis.

Tidak ada salahnya untuk mulai membatasi asupan alkohol. Jika sulit, lakukan secara perlahan dan bertahap. Mulailah rutin melakukan cek kesehatan dan pastikan Anda telah memiliki asuransi produk kesehatan.

Bahaya Minum Bir untuk Kesehatan

1. Anemia
Bahaya minum bir terlalu banyak, dapat menyebabkan berkurangnya sel darah merah. Sehingga dapat mengakibatkan terjadinya anemia, yang berakibat buruk pada kondisi tubuh Anda.

2. Sirosis Hati
Bir adalah minuman yang mengandung alkohol, alkohol bisa menjadi racun yang dapat merusak sel-sel hati yang menyebabkan timbulnya penyakit sirosis hati. Sirosis hati merupakan suatu keadaan di mana jaringan hati, mengalami luka yang sangat berat sehingga tidak mampu menjalankan lagi fungsinya.

3. Kejang
Bahaya minum bir terlalu banyak dapat menyebabkan epilepsi dan memicu timbulnya kejang pada orang yang sekalipun tidak menderita epilepsi. Tidak hanya itu, bahaya minum bir terlalu banyak dapat memengaruhi kerja obat yang digunakan untuk mengatasi kejang dan epilepsi.

4. Asam Urat
Jika mengonsumsi bir secara berlebihan, bahaya minum bir yang dapat Anda rasakan juga terjadinya asam urat atau gout. Asam urat atau gout adalah suatu keadaan yang disebabkan oleh pembentukan kristal pada darah. Bagi Anda yang memang telah memiliki penyakit asam urat, ada baiknya Anda menghindari untuk mengonsumsi bir secara berlebih, karena ini bisa memperburuk kesehatan.

5. Hipertensi atau Darah Tinggi
Bahaya minum bir yang timbul bila Anda mengonsumsi secara berlebihan, bisa mengakibatkan hipertensi atau darah tinggi. Tekanan darah yang tinggi bisa memicu Anda ke arah yang lebih serius lagi, misalnya stroke.

6. Gastrinitis
Ini adalah sebuah radang atau luka pada lambung, yang diakibatkan mengonsumsi bir terlalu banyak. Biasanya gastrinitis dipicu dengan muntah-muntah akibat terlalu banyak alkohol yang masuk kedalam tubuh, akibatnya lambung harus memompa secara paksa untuk mengeluarkan zat-zat adiktif yang ada didalam tubuh.

Mengonsumsi bir atau alkohol terlalu banyak memang mengakibatkan komplikasi penyakit di dalam tubuh Anda, sehingga merugikan diri sendiri dalam kesehatan. Sebenarnya tidak hanya berakibat buruk pada kesehatan, tetapi bahaya minum bir terlalu banyak juga dapat memperburuk psikologis Anda.

Bahaya Minum Bir Pada Psikologis

Ketika seseorang sudah mengonsumsi bir atau alkohol terlalu banyak, maka pikiran yang ada di dalam otak seseorang semakin tidak stabil. Sehingga menyebabkan dampak buruk lainnya, berikut adalah bahaya minum bir terlalu banyak dari segi psikologis:

1. Gangguan Mental Organik (GMO)
Bahaya minum bir terlalu banyak dapat memicu gangguan yang mengakibatkan perubahan perilaku. Misalnya bertindak kasar, gampang marah, susah konsentrasi, berbicara ngelantur, dan mudah tersinggung.

2. Merusak Daya Ingat
Bir memiliki kandungan alkohol yang sangat rendah dibandingkan dengan minuman alkohol lainnya, tetapi jika Anda mengonsumsi bir dalam jumlah banyak. Dapat mengakibatkan kecanduan alkohol, dan inilah yang tidak baik untuk tubuh. Kecanduan minuman beralkohol dapat menghambat perkembangan memori dan sel-sel otak sehingga Anda akan mengalami penurunan daya ingat.

3. Paranoid
Bahaya minum bir secara berlebih juga bisa menimbulkan paranoid, terkadang peminum yang sudah kecanduan dengan alkohol akan merasa kepala seperti dipukuli atau tidak tenang. Sehingga perilakunya akan menjadi lebih kasar terhadap orang sekelilingnya, bahkan mereka akan merasakan halusinasi.

Leave a Reply