Waspada, Ini 5 Gejala Kanker Kulit yang Harus Diketahui!

Health

Meskipun gejala kanker kulit tidak terlalu terlihat, tetapi Anda tetap harus waspada dan memahami jika terjadi hal aneh di dalam tubuh Anda.

Jika mendengar kata kanker kulit, pasti yang terngiang adalah kematian. Memang kematian adalah kuasa dari Tuhan Yang Maha Esa, tetapi tidak bisa dipungkiri jika kanker adalah salah satu penyakit mematikan yang sudah banyak menelan banyak korban. Selain itu, masih banyak berbagai macam jenis kanker, di antaranya kanker payudara, kanker serviks, dan juga kanker darah. Walaupun itu termasuk salah satu jenis kanker yang jarang terjadi, tetapi Anda juga tetap harus waspada dengan memahami gejala yang bisa saja terjadi. Gejalanya sendiri terkadang tidak terlalu terlihat sehingga tidak sedikit yang mengabaikannya. Nah, agar tidak keliru, berikut lima gejalanya yang perlu Anda waspadai. Simak penjelasannya berikut ini:

Kanker Kulit

Adanya Bercak Aneh Pada Kulit

Jika tiba-tiba pada kulit Anda timbul bercak aneh, bisa saja itu salah satu gejala yang paling umum terjadi. Bila memang itu salah satu gejalanya, biasanya bercak tersebut semakin lama semakin bertambah besar ukurannya. Seandainya, hal ini sudah terjadi, jangan dibiarkan berlarut-larut. Segera periksakan ke dokter.

Baca juga: Yuk, Mengecek Kesehatan dari Warna Lidah!

Timbul Benjolan

Biasanya timbul benjolan merupakan ciri umum dari penyakit tumor atau kanker. Namun, jika timbul benjolan di bawah permukaan kulit dan di beberapa bagian tubuh seperti ketiak atau leher, itu perlu diwaspadai karena bisa saja salah satu gejalanya.

Kanker Kulit

Tahi Lalat yang Berubah Bentuk

Jika tahi lalat yang Anda miliki ukurannya berubah menjadi semakin besar, Anda wajib waspada, sebab hal ini bisa menjadi salah satu tanda tubuh terserang penyakit tersebut.

Rasa Gatal Disertai Nyeri Pada Kulit

Rasa gatal yang disertai nyeri merupakan salah satu tanda kanker menyerang sel kulit yang sehat. Selain itu, tak jarang juga rasa gatal ini menyebabkan luka yang tidak umum seperti berlubang dan berdarah terus menerus.

Baca juga: Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan, Apa Saja yang Harus Diketahui?

Perubahan Warna Kulit

Perubahan warna kulit juga menjadi salah satu gejala yang perlu diwaspadai. Biasanya perubahan kulit ini disebabkan oleh sel kanker yang menyerang pigmen pada kulit. Bukan hanya itu, sinar UV secara langsung juga menjadi penyebab utama kulit berubah warna. Biasanya, ciri perubahan warna kulit ditandai dengan timbulnya bercak pada area tertentu yang terasa gatal dan berwarna coklat kemerahan. Meskipun terlihat biasa, tetapi gejala tersebut perlu Anda waspadai agar para ahli medis bisa langsung mendeteksi penyakit yang sedang Anda derita dan segara langsung diberikan penanganan yang terbaik.

Comments are closed.