Waspada, Ini Gejala dan Penyebab dari Ensefalitis!

Health


Notice: get_currentuserinfo is deprecated since version 4.5.0! Use wp_get_current_user() instead. in /home/frwwwartikel/public_html/wp-includes/functions.php on line 3896

Meskipun ensefalitis termasuk salah satu penyakit yang jarang dialami oleh orang, tetapi sekalinya hadir bisa berdampak buruk pada kesehatan Anda. Oleh karena itu, perlu pengetahuan yang lebih untuk mengenali gejala dan penyebab ensefalitis. Agar Anda terus selalu waspada dan bisa melakukan pencegahan.  

Ensefalitis atau yang lebih dikenal dengan sebutan radang otak merupakan salah satu penyakit yang bisa terjadi pada siapa pun. Namun, lebih sering menyerang kepada anak-anak dan juga lansia karena sistem kekebalan tubuhnya yang cenderung lebih lemah. Penyakit ini bisa sangat berbahaya dan berisiko kematian jika tidak langsung ditangani oleh dokter. Meskipun penyakit ini jarang dijumpai, tetapi Anda sangat perlu waspada dan terus melakukan pola hidup yang sehat. Pasalnya, selain karena gen atau turunan, penyakit bisa timbul dikarenakan pola hidup yang kurang sehat. Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini beberapa ulasan lengkap mengenai gejala dan juga penyebab dari ensefalitis atau radang otak.

Baca juga: Apasih Penyebab dari Penyakit Gejala Tipes?

Gejala Ensefalitis

Gejala awal dari ensefalitis atau radang otak biasanya diawali dengan tanda-tanda ringan, seperti sakit kepala yang tidak berkesudahan, mudah lelah, demam tinggi, serta pegal-pegal. Mungkin sekilas gejala awal dari radang otak ini seperti penyakit flu. Namun, bukan hanya itu, kondisi penderita kemudian cepat menurun secara drastis dengan indikasi-indikasi yang lebih serius, seperti, kejang-kejang, halusinasi, perubahan kondisi mental (linglung), otot kemudian sangat lemas, kelumpuhan pada wajah serta bagian tubuh tertentu, gangguan pada kemampuan bicara atau pendengaran, pandangan kabur atau bahkan kehilangan penglihatan, hingga pingsan. Jika di sekeliling Anda tiba-tiba ada yang mengalami gejala-gejala tersebut, pastikan langsung dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan tindakan dari dokter.

Penyebab Ensefalitis

Sebagian penderita radang otak tidak diketahui penyebab awalnya secara pasti. Namun, banyak dokter yang mengatakan bahwa penyakit ini bermula dikarenakan sistem kekebalan tubuh yang rendah sehingga tidak mampu melawan virus atau bakteri masuk ke dalam tubuh dan terkena infeksi virus. Infeksi yang dapat menyebabkan radang otak dibagi menjadi dua, yakni virus infeksi yang berasal dari dalam otak atau disebut radang otak primer, serta infeksi yang berasal dari luar otak, atau radang otak sekunder. Lebih parahnya lagi, jika infeksi yang dihasilkan dari luar otak, bisa memicu pada kondisi lain, seperti penyakit herpes di mulut maupun di kelamin, cacar air, campak, hingga rabies.

Ensefalitis atau radang otak termasuk salah satu penyakit kritis yang perlu diwaspadai. Tidak ada salahnya jika Anda melakukan perlindungan untuk meminimalisirkan biaya yang harus dikeluarkan dengan memiliki asuransi kesehatan. Pasalnya, penyakit ini tidak bisa ditebak kapan hadirnya. Meksipun di Indonesia jarang sekali ada yang menginap penyakit ini, bukan berarti kemungkinan itu tidak ada, kan? Anda harus tetap waspada ya!

Comments are closed.