Waspada Makanan Pemicu Alergi Anak

Waspada salah makanan dapat menyebabkan alergi seperti alergi kulit terhadap buah hati Anda. Berikut Cara mengatasi alergi kulit dengan menghindari makanan ini.

Health

Betapa bahagianya jika memiliki keluarga yang senantiasa sehat. Berbagai jenis makanan bergizi yang penuh nutrisi tentu menjadi andalan untuk mendukung tumbuh kembang buah hati. Ketika mulai tampak gejala penyakit pada anak-anak, Anda harus sigap untuk mengatasinya atau segera membawa anak ke dokter. Bukan cuma penyakit kronis pada anak saja yang dapat Anda pelajari, melainkan cara mengatasi alergi kulit anak pun harus Anda ketahui. Segala cara akan Anda usahakan untuk membuat buah hati selalu sehat, ceria, dan aktif mempelajari hal-hal baru.
Ê
Melihat masa-masa pertumbuhan anak pasti sangat menyenangkan. Namun, setiap orang tua pasti pernah mengalami kendala, misalnya saat buah hati Anda tiba-tiba demam tinggi, buang air besar berlebihan, muntah-muntah, batuk-pilek, sampai kulit memerah, dan gatal-gatal.

Gejala di atas ternyata hanya karena kondisi kesehatan anak yang sedang menurun saja, lho. Tapi, bisa juga ditimbulkan karena alergi makanan. Banyak, orang tua yang kurang peka mana makanan yang sesuai dengan kondisi tubuh, dan mana yang tidak.

Salah memberi asupan makanan, bisa jadi menimbulkan alergi dan jadi jatuh sakit. Maka, orang tua wajib tahu makanan apa yang biasanya bisa menimbulkan alergi.

Berikut makanan yang dapat menimbulkan alergi pada anak, seperti dikutip dari allergies.about.com:

1. Susu Sapi
Pada umumnya sebagian bayi alergi terhadap susu sapi atau susu kambing. Sedangkan gejala alergi yang timbulkan susu sapi biasanya berupa diare atau muntah. Bila hal ini terjadi pada bayi Anda, segera konsultasi pada dokter agar diberi susu pengganti yang cocok.

2. Telur
Alergi terhadap telur biasanya banyak dialami anak pada usia lima tahun. Ada yang hanya alergi pada kuning telur, putih telur, atau keduanya. Gejala alergi yang ditimbulkan telur adalah kulit memerah dan berujung pada gatal-gatal. Bila alergi ini terjadi pada anak, biasanya dokter akan memberikan vaksin untuk menghentikan alergi.

3. Kacang
Kacang-kacangan berupa kacang tanah, kacang yang tumbuh di pohon, seperti kenari, kacang mede, dan pistasio juga dapat menimbulkan alergi pada anak anak. Adapun gejala alergi yang ditimbulkan adalah asma. Maka, sangat berbahaya bagi anak yang memiliki riwayat sakit asma bila sembarang diberi makanan kacang-kacangan.

4. Makanan Laut
Makanan laut yang bisa menimbulkan alergi pada anak, biasanya meliputi ikan, kerang, dan udang. Gejala alergi yang ditimbulkan makanan laut, biasanya kulit memerah, gatal-gatal bahkan sampai bengkak. Maka, dianjurkan pada usia bayi, jangan diberi makanan laut.

5. Gandum
Alergi makanan gandum bisa dikatakan memang jarang terjadi pada anak. Seorang anak alergi terhadap gandum yang biasanya terdapat dalam makanan, seperti sereal dan roti, maka akan menimbulkan gejala sesak nafas, gatal-gatal, dan mual.

Dalam beberapa kasus alergi pada anak, sebagian orang tua berinisiatif untuk mengatur pemberian produk pemicu alergi ini, secara bertahap dan bertingkat. Jadi mengetahui cara mengatasi alergi kulit melalui pemilihan makanan ini bertujuanÊagar si anak terbiasa menghadapi penyebab alerginya. Namun demikian, jika alergi pada anak semakin parah, ada baiknya Anda segera konsultasikan pada dokter.

Leave a Reply