Waspadai 5 Macam Penyakit Akibat Banjir

Health

Banjir dapat membawa wabah penyakit. Jangan sampai rumah sudah terendam dan barang rusak, Anda pun apes terserang penyakit. 

 

Musim hujan yang mengakibatkan banjir membuat Anda harus waspada terutama terhadap berbagai penyakit akibat banjir. Masalah kesehatan akibat bencana alam ini tak bisa disepelekan karena bisa menjadi sangat berbahaya. Mulai dari penyakit  kulit, pernapasan, pencernaan, hingga penyakit berat bisa menyerang Anda. Untuk itu bagi Anda yang tinggal di kawasan rawan banjir, jagalah kesehatan saat musim hujan. Jangan lupa bekali juga diri Anda dengan pengetahuan mengenai penyakit yang muncul akibat banjir.

Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Virus, bakteri, atau mikroba dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan akut atau biasa disebut dengan ISPA. Gejala-gejalanya antara lain batuk, demam, dan sesak napas. Namun bagi yang mengidap ISPA berat, gejala nyeri dada juga terasa.

Leptospirosis

Ada berbagai macam kotoran yang terbawa oleh banjir, salah satunya adalah kotoran hewan. Kotoran ini umumnya membawa bakteri yang berasal dari urin atau tinja tikus. Melalui selaput lendir hidung, mata, atau permukaan kulit yang terluka, bakteri ini masuk ke tubuh. Tak hanya itu, bakteri juga bisa masuk dari makanan atau minuman yang terkontaminasi urin tikus. Leptospirosis adalah salah satu penyakit akibat banjir yang berbahaya. JIka menyebar makan organ tubuh bisa rusak dan dapat menyebabkan radang pada hati dan ginjal.

BACA JUGA: Waspadai 10 Penyakit yang Sering Diderita Pekerja Kantoran (Part I)

Penyakit Kulit

Saat musibah banjir, penyakit kulit kerap datang dan mudah ditularkan satu sama lain. Infeksi kulit adalah akibat dari pseudomonas yang menginfeksi manusia. Kulit akan terasa gatal, panas, dan timbul bintil seperti jerawat.

Masalah Pencernaan

Banjir menyebabkan sumber air bersih tercemar. Persediaan air bersih terbatas. Air yang dikonsumsi pun dapat menyebabkan berbagai masalah pencernaan seperti diare, muntaber. Parahnya lagi bisa sampai menimbulkan penyakit tifus.

BACA JUGA: Cara Mengatur Keuangan Saat Sakit

Demam Berdarah

Genangan air pasca banjir berpotensi menjadi tempat berkembang biak nyambuk aedes aegypti yang menimbulkan demam berdarah. Pastikan kondisi rumah pasca banjir bersih dan tidak ada bekas genangan maupun sampah yang jadi tempat penampungan air.

Leave a Reply