Waspadai Penyakit Meningitis Saat Liburan Romantis

Health

Bepergian dengan pasangan ke luar negeri tak selalu berisi cerita gembira. Anda perlu mewaspadai meningitis agar tak mengganggu liburan romantis Anda.

Pergi ke luar negeri dengan pasangan tentu romantis. Tapi Anda berdua juga perlu waspada. Salah satunya waspada terhadap risiko tertular penyakit. Sebab, penyakit yang ada di luar negeri terkadang bisa sangat berbahaya seperti flu hongkong, flu babi, hingga meningitis. Nama terakhir sangat berbahaya bila tidak ditangani dengan cepat. Meningitis adalah radang selaput otak yang banyak mewabah di Benua Afrika.

Agar mempunyai gambaran jelas mengenai meningitis, berikut ini beberapa gejala penyakit meningitis:

  • Demam tinggi.
  • Sakit kepala.
  • Kejang dan muntah.
  • Sensitif terhadap cahaya terang.
  • Leher kaku dan nyeri.

Bila Anda berdua habis bepergian ke luar negeri dan mendapatkan gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera periksa ke dokter. Meningitis, bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat, bisa menyebabkan tuli permanen atau bisa menimbulkan bahaya lainnya.

Bagi Anda berdua yang akan bepergian ke luar negeri, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mencegah risiko penyakit meningitis, yaitu:

Mendapatkan Vaksinasi
Melakukan vaksinasi meningitis bisa mengurangi risiko tertular meningitis.

Jika Memungkinkan, Bawa Peralatan Makan Sendiri

Virus seperti meningitis mudah menyebar melalui air liur, bersin, atau dahak. Jika pergi ke daerah yang terkena wabah meningitis, membawa peralatan makan sendiri akan lebih aman dibanding menggunakan alat makan yang sudah dipakai banyak orang.

Mencari Informasi Wabah
Anda juga perlu mencari mengenai wabah meningitis di daerah yang akan Anda kunjungi. Misalnya Anda akan ke Mekah, daerah tersebut tentu risiko penularan meningitis lebih tinggi dibanding ke Malaysia misalnya. Banyaknya warga Afrika yang naik haji atau umroh bisa saja membawa virus meningitis.

Selain itu, menjaga tubuh tetap sehat dengan makan bergizi dan berolahraga juga penting. Bila tubuh Anda sehat, risiko tertular penyakit lebih kecil. Kondisi tubuh yang lemah memudahkan kuman dan virus masuk ke tubuh.

Semoga dengan beberapa langkah pencegahan tersebut, liburan romantis Anda akan bebas dari penyakit meningitis.

Leave a Reply