Yuk, Mengecek Kesehatan dari Warna Lidah!

Health

Umumnya, lidah berwarna merah muda segar. Tapi, tak jarang kita melihat adanya warna yang tak biasa pada lidah. Hal ini menandakan adanya hal yang tidak beres di dalam tubuh karena warna lidah menunjukkan adanya penyakit dalam tubuh.

Sebagian besar atau bahkan seluruh manusia pasti pernah terserang penyakit, baik yang ringan maupun yang berat. Namun, kebanyakan orang tak mengetahui bahwa mereka terkena suatu penyakit sebelum merasakan dampaknya secara langsung.

Padahal, ada satu bagian tubuh yang dapat mendeteksi gejala awal suatu penyakit pada tubuh seseorang, yaitu lidah. Lidah memang panca indra yang memiliki kemampuan untuk mendeteksi rasa atau mengecap.

Namun, selain itu, panca indra satu ini nyatanya punya fungsi lain yang tak kalah vital, yakni mendeteksi penyakit di dalam tubuh. Cara lidah mendeteksi penyakit di dalam tubuh sangatlah unik. Organ tersebut akan berubah warna jika seseorang menderita suatu penyakit.

Pada dasarnya, warna lidah adalah merah muda segar. Namun, jika Anda melihat lidah Anda mengalami perubahan warna yang tak biasa, sebaiknya langsung konsultasikan ke dokter karena hal tersebut menandakan ada suatu penyakit yang menyerang Anda namun masih dalam tahap awal.

Berikut adalah berbagai warna lidah yang menandakan adanya penyakit di dalam tubuh!

Warna Lidah Kuning

Jika Anda melihat lidah berwarna kekuningan, itu tandanya Anda sedang terserang bakteri. Bakteri tersebut nantinya akan menyerang daya tahan tubuh Anda dan kemungkinan besar Anda akan terserang penyakit seperti demam dan flu.

Selain itu, lidah yang berwarna kuning juga pertanda bahwa Anda terkena penyakit kuning yang bersumber dari hati yang tidak sehat. Bila tidak segera dicegah, tentu hal ini akan semakin bahaya.

Warna Lidah Putih

Lidah berwarna putih lazimnya ditemui pada orang yang terserang tifus. Tak hanya itu, warna putih pada lidah juga mengindikasikan bahwa orang tersebut mengalami masalah pada pencernaannya.

Satu lagi yang cukup mengkhawatirkan jika lidah berwarna putih adalah pertanda kekurangan darah. Jika jumlah darah dalam tubuh normal, tentu warna lidah tidak akan berubah menjadi putih pucat, melainkan merah muda.

Warna Lidah Merah

Warna merah tentu berbeda dengan merah muda. Nah, jika Anda melihat lidah Anda berwarna merah, Anda perlu waspada. Pasalnya, warna merah tersebut mengindikasikan bahwa Anda memiliki beberapa gejala penyakit berat.

Bila warna merah dominan di ujung lidah, artinya Anda memiliki masalah pada jantung. Lain halnya jika warna merah muncul di bagian kanan lidah, itu pertanda bahwa ginjal dan kandung empedu Anda tidaklah normal.

Warna Lidah Biru

Warna biru pada lidah menunjukkan bahwa adanya masalah aliran darah dalam tubuh. Seperti saat kita menekan ujung jari dengan sangat kuat, tentu jari tersebut akan berubah warna menjadi kebiruan. Hal itulah yang coba disampaikan oleh lidah saat warnanya menjadi biru.

Tentu hal ini perlu diperiksa lebih lanjut untuk mengetahui bagian tubuh mana yang mengalami masalah dalam peredaran darahnya.

Warna Lidah Cokelat

Lidah dengan warna cokelat menandakan bahwa tubuh dalam kondisi yang tak aman. Selain tak sedap dipandang, lidah dengan warna gelap tersebut ternyata mengindikasikan bahwa orang tersebut mengidap melanoma.

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang sangat serius. Risiko yang ditimbulkan pun membahayakan. Melanoma berkembang dengan gangguan sel (melanosit) yang memprodduksi melanin pigmen yang memberikan warna kulit. Kondisi awal melanoma dimulai dari tahi lalat, menyebar di sekitarnya dan kemudian semakin dalam ke kulit, ke pembuluh darah, dan kelenjar getah bening, dan terakhir ke dalam hati, paru-paru, dan tulang.

Makanya, saat Anda melihat lidah Anda berwarna cokelat, segera konsultasikan ke dokter untuk mencegah melanoma tumbuh lebih banyak dan luas di dalam tubuh.

Tentu akan lebih baik jika melihat lidah berwarna merah muda. Selain segar, hal tersebut menandakan bahwa Anda tak memiliki risiko penyakit tertentu di dalam tubuhnya. Tapi, jika melihat warna yang tak biasa pada lidah, jangan ragu dan segera kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

Comments are closed.