Manfaat Minum Air Putih Bagi Kesehatan

Hidup sehat dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Sesederhana meminum air putih. Berikut ini manfaat minum air putih bagi tubuh Anda. Ê

Health

Hidup sehat dapat dilakukan dengan cara yang sederhana. Sesederhana meminum air putih. Berikut ini manfaat minum air putih bagi tubuh Anda.

Mengonsumsi air putih setiap hari sangat penting bagi kesehatan tubuh dan air adalah komponen utama tubuh karena sekitar 60 persen berat badan kita terdiri dari air.

Kekurangan air dapat menyebabkan dehidrasi, yaitu kondisi ketika tidak ada cukup air dalam tubuh untuk melaksanakan fungsi normalnya. Pada artikel di situs www.nhs.uk (30/04/2013) disebutkan jika Otoritas Keamanan Makanan Eropa merekomendasikan minum air sekitar 1,6 liter (delapan gelas berukuran 200ml) per hari untuk wanita dan 2,0 liter (10 gelas 200ml) per hari untuk pria.

Hitungan di atas termasuk asupan air yang didapat dari makanan dan minuman seperti buah-buahan, sayuran, air putih, teh, kopi, susu, jus buah. Namun jika Anda tinggal di negara dengan iklim panas atau lembab, lebih aktif secara fisik, demam, menderita diare atau muntah-muntah, hamil atau menyusui, maka asupan air harus lebih banyak lagi.

Seseorang dikatakan telah melaksanakan hidup sehat dengan mengonsumsi cukup air putih dalam sehari ketika urinnya jernih atau berwarna kuning pucat, tidak susah buang besar, dan tidak sembelit. Hidup sehat dengan asupan air putih yang cukup pun memberikan Anda berbagai manfaat seperti berikut ini.

1. Memperlancar sistem pencernaan dan buang air besar
Salah satu manfaat minum air putih adalah memperlancar saluran pencernaan dan mencegah sembelit. Cairan dan serat yang cukup merupakan kombinasi sempurna, karena cairan memompa serat dan bertindak seperti sapu untuk menjaga usus berfungsi dengan baik.

CEK DISINI: Berbagai Pilihan Asuransi Kesehatan Terpercaya dari Futuready

2. Membuang racun dalam tubuh
Air membantu ginjal mengangkut racun keluar dari tubuh. Racun utama dalam tubuh adalah blood urea nitrogen, yaitu kotoran larut dalam air yang melewati ginjal untuk dibuang dalam urin. Ginjal melakukan pekerjaan yang menakjubkan dengan membersihkan tubuh dari racun selama asupan cairan memadai.

3. Melembabkan kulit
Dehidrasi membuat kulit terlihat lebih kering dan keriput. Ini dapat diatasi dengan hidrasi yang tepat. Tapi jangan berharap manfaat minum air putih juga termasuk menghapus kerutan atau garis-garis halus.

4. Meredakan stres
Pada artikel yang ditinjau editor dan kontributor Dr. Rob Hicks di situs www.webmd.boots.com (06/06/2014) dikatakan jika 85% jaringan otak terdiri dari air. Jika Anda mengalami dehidrasi, maka tubuh dan pikiran Anda akan tertekan. Agar tingkat stres turun, minumlah secara teratur.

5. Mengurangi batu ginjal
Risiko terkena batu ginjal meningkat jika tidak minum cukup air. Batu ginjal terjadi karena garam dan mineral dalam urin membentuk kristal. Namun batu ginjal cenderung tidak terbentuk jika kita sering minum air karena air mencairkan garam dan mineral tersebut.

Gaya hidup sehat dengan mengonsumsi cukup air putih memang harus dilakukan setiap hari. Selamat minum air putih! Bagikan pula artikel ini di kolom jejaring sosial di bawah!

Leave a Reply