Tips Berolahraga Untuk Karyawan Super Sibuk

Mens sana in corpore sano, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Ungkapan tersebut sudah menjadi jargon di bidang olahraga. Adakah jargon ini berlaku pada kehidupan karyawan yang super sibuk?

Health

Kewajiban Berolahraga Setiap Hari

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat, asupan makanan menjadi sangat penting. Selain itu berolahraga juga menjadi salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan Anda. Sebagai karyawan, tentu Anda ingin memiliki tubuh yang sehat, bukan?
Ê
Olahraga juga merupakan salah satu bagian dari gaya hidup sehat. Dalam meningkatkan metabolisme, dibutuhkan pembakaran kalori yang cukup banyak. Salah satunya yang bisa dilakukan untuk membakar kalori di tubuh akan Anda dapatkan pada saat berolahraga.Ê
Ê

Olahraga Ringan di Kantor

Sayangnya, hanya sedikit karyawan yang sadar akan pentingnya berolahraga. Sebagian lainnya hanya sepertinya enggan untuk melakukan kegiatan rutin yang bermanfaat ini dengan alasan sibuk bekerja. Baiknya, sempatkanlah olahraga ringan di kantor, walapun sebentar. Apabila Anda memiliki waktu yang sempit untuk berolahraga karena terlalu sibuknya dengan kegiatan dan aktivitas harian, berikut adalah tips mudah berolahraga untuk karyawan super sibuk:

1. Menggunakan Pedometer

Pedometer yaitu alat untuk menghitung jumlah langkah kaki, alat ini membantu Anda untuk mengawali kebiasaan menambah jumlah langkah kaki setiap harinya. Dengan menggunakan alat ini otomatis Anda akan tahu berapa banyak jumlah langkah kaki yang sudah Anda hasilkan.
Ê
Pedometer ini juga membuat Anda termotivasi untuk menambah langkah kaki berikutnya. Selain olahraga ringan di kantor, gunakanlah pedometer ini untuk menentukan jumlah target harian dan mingguan langkah kaki Anda.Ê
Ê

2. Berlari di Tangga DaruratÊ

Olahraga ringan di kantor selanjutnya adalah memilih untuk menggunakan tangga daripada akses eskalator. Saat kantor berada di lantai 5, ada baiknya Anda menggunakan tangga darurat untuk akses sehari-hari.
Ê
Gunakan lift untuk kebutuhan mendadak saja, agar tubuh Anda terbiasa untuk berolahraga. Dengan menaiki tangga, otot tubuh akan sering bergerak sama saja seperti Anda sedang berolahraga.Ê
Ê
Ê

3. Olahraga Ringan di Meja Kantor

Jika Anda karyawan yang kesehariannya bekerja di kantor, Anda dapat lakukan peregangan-peregangan sederhana setiap setengah jam di kantor. Percayalah, duduk di meja kerja dan menatap layar komputer cukup membuat tubuh merasa pegal dan rasa lelah pada mata.
Ê
Oleh karena itu, gerakan-gerakan kecil sangat diperlukan untuk memperlancar aliran darah, ataupun sekadar merelaksasikan otot-otot tubuh yang lelah saat harus duduk lama di depan komputer.Ê
Ê

4. Sempatkan Olahraga Sebelum Pergi Kerja

Selain olahraga ringan di kantor, sesibuk apapun pekerjaan Anda, baiknya luangkan waktu sedikit di pagi hari sebelum pergi bekerja. Lakukan sedikit kegiatan rutin supaya tubuh ikut bergerak di pagi hari.
Ê
Lakukan gerakan ringan ini selama 10 menit setelah bangun tidur. Rutinitas ini dipercaya dapat membantu Anda tetap bersemangat dan bugar saat bekerja. Serta dapat mencegah kebosanan yang terjadi di tempat kerja
Ê
Ê

5. Parkir Kendaraan Anda Sedikit Lebih Jauh

Anda yang biasa bekerja ke kantor dengan membawa kendaraan sendiri, mungkin bisa mulai melakukan trik yang satu ini. Parkirlah kendaraan Anda sedikit lebih jauh agar Anda bisa melangkah lebih banyak sampai ke meja kerja.
Ê
Tips lain adalah apabila Anda menggunakan angkutan umum, coba turun beberapa ratus meter dari kantor Anda dan lanjutkan dengan berjalan kaki. Perjalanan ini bisa dikategorikan sebagai olahraga ringan di kantor pada pagi dan malam hari.
Ê
Olahraga ringan di kantor dapat dilakukan untuk Anda karyawan yang sibuk. Lima poin di atas bisa Anda lakukan sebagai solusi untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun sebaiknya, luangkanlah waktu khusus untuk berolahraga agar tubuh Anda menjadi sehat dan tidak gampang sakit.Ê
Ê

Leave a Reply