Ada ribuan bahasa di dunia yang digunakan untuk percakapan sehari-hari, tapi 10 bahasa ini yang sering digunakan oleh seluruh penduduk dunia.

Menurut penelitian dari Ethnologue saat ini ada 10 bahasa yang paling sering digunakan di dunia pada 2017. Kita patut berbangga karena Bahasa Indonesia termasuk dalam 10 besar bahasa yang memiliki penutur terbanyak di dunia.

Baca Juga: 5 Brand Lokal Indonesia yang Mendunia

Lalu, bahasa apa saja yang masuk dalam 10 besar bahasa di dunia yang sering digunakan.

Bahasa Mandarin

Dialek bahasa yang dituturkan di sepanjang utara dan barat Republik Rakyat Cina adalah bahasa Mandarin. Kata “Mandarin”, dalam bahasa Inggris (dan mungkin juga Indonesia), difungsikan untuk menerjemahkan beberapa istilah Cina, yang merujuk kepada kategori-kategori bahasa Cina lisan.

 

Ada baiknya juga bagi Anda yang ingin merencanakan perjalan ke luar negeri, bisa mempelajari bahasa-bahasa lokal setempat. Siapkan asuransi perjalanan Anda dengan asuransi perjalanan online terbaik dari Futuready, transaksinya begitu mudah, praktis, sesuai dan aman.

bahasa di dunia

Bahasa Inggris

Bahasa universal dunia ini merupakan sebuah bahasa berasal dari negara Inggris, dan menjadi bahasa utama di Britania Raya (Wales, Skotlandia, Irlandia, dan Inggris sendiri). Amerika serikat juga menggunakan bahasa ini, sebagai bahasa utama.

Pada awal terciptanya bahasa ini, ketika orang-orang Norwegia, Denmark, dan Anglo-Saxon dari abad ke-6 sampai 10 yang dikombinasi dengan beberapa lokal tertentu. Kemudian saat Willian the Conqueor dari Prancis pada 1066 menaklukan Inggris, saat itu bahasa Inggris mulai sering dikombinasi bahasa latin dan bahasa Prancis.

Bahasa Hindi

Di India selain sering menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari, Bahasa Hindi merupakan bahasa resmi. Bahasa Hindi menjadi salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia selain bahasa Mandarin dan bahasa Inggris.

Pada kenyataannya di India bahasa Hindri menjadi bahasa nasional India. Dengan jumlah 180 juta rakyat India, menganggap bahasa Hindi sebagai bahasa Ibu.

Bahasa Spanyol

Di sejarah bahasa dunia bahasa Spanyol yang merupakan bahasa Iberia-Roman, yang merupakan bahasa pertama bagi sekitar 500 juta orang di dunia. Kebanyakan wilayah di Amerika Latin, menggunakan bahasa Spanyol yang menjadi bahasa sehari-hari mereka.

Bahasa Rusia

Bahasai Rusia mempunyai jumlah penutur sebanyak 278 juta jiwa yang tersebar di 17 negara di 2 benua. Bahasa ini merupakan bahasa resmi Perserikatan Bangsa-Bangsa (Selain bahasa Arab, Prancis, Mandarin, Inggris dan Spanyol)

Bahasa Arab

Ada 280 juta orang lebih yang menjadi penutur bahasa Arab sebagai bahasa pertama, di mana sebagian besar tinggal di Timur Tengah dan Afrika Utara. Bahasa Arab berasal dari bahasa semitik tengah.

Bahasa Bengal

Bahasa ini tersebar di dua negara yaitu Bangladesh dan India yang menjadi penutur terbanyak dari Bahasa Bengal dengan jumlah 200 juta jiwa. Bahasa Bengali mempunyai dua dialek, ada yang disebut sebagai bahasa Shadhu Bhasa (bahasa standar). Ada juga bahasa Cholit Bhasa (bahasa non-standar).

Bahasa Portugis

Mempunyai lebih dari 200 juta penutur asli, Portugis adalah salah satu bahasa yang dituturkan secara luas di dunia. Bahasa Portugis menjadi bahasa yang sering digunakan di Amerika Selatan terutama di Brazil, dengan 184 juta penduduk. Sisanya sering dipergunakan oleh para imigran yang tersebar banyak kota di seluruh dunia (Boston) di Amerika Serikat, ( Cape Cod,Newark,Boston) di Amerika Serikat.

Bahasa Indonesia

Bahasa resmi negara Indonesia merupakan bahasa persatuan bangsa Indonesia. Di luar negeri saja sudah banyak sekolah yang membuka program studi bahasa Indonesia, yaitu di Australia, Rusia, juga di Amerika Serikat. Menduduki peringkat 3 di Asia dan peringkat 26 di dunia dalam hal tata bahasa terumit di dunia.

Jika dilihat dari banyaknya negara-negara di luar negeri yang di beberapa sekolahnya mempunyai program studi bahasa Indonesia. Hal ini bisa berpotensi untuk membuat bahasa Indonesia besar dan lebih dikenal dunia.

Bahasa Prancis

Bahasa Prancis menjadi bahasa yang sering dituturkan di dunia, sekitar 77 juta penduduk dunia menggunakannya sebagai bahasa Ibu dan 128 juta lainnya sebagai bahasa kedua. Di berbagai organisasi dunia seperti Uni Eropa, Ioc, PBB DAN FIFA bahasa Prancis dipakai sebagai bahasa resmi.

Baca Juga: Ingin Menarik Perhatian Orang Terapkan Lima Cara Ini

Itulah bahasa-bahasa yang sering dituturkan oleh masyarakat di seluruh dunia di sepanjang tahun 2017 ini. Dengan sering mengenalkan budaya Indonesia ke dunia, bukan tidak mungkin Bahasa Indonesia akan menjadi bahasa yang universal suatu saat nanti.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *