10 Pesona Ikan Louhan Termahal di Dunia

Lifestyle & Leisure

Selain coraknya yang memikat, ikan Louhan memiliki bagian kepala yang menonjol seperti jenong. Harganya yang cukup mahal tak membuat penggemarnya urung untuk mengoleksi ikan hias satu ini.

 

Corak yang dimiliki juga tonjolan di bagian kepala membuat ikan menarik untuk dikoleksi sebagai ikan hias. Bahkan beberapa ikan Louhan pernah dijual dengan harga yang lumayan fantastis. Penasaran?

Ikan Louhan yang memiliki nama latin Flowerhorn juga dikenal sebagai ikan jenong di Indonesia. Sebutan ini muncul karena ciri khas ikan Louhan yaitu bagian kepala yang menonjol seperti jenong. Di antara berbagai ikan hias, ikan ini termasuk salah satu ikan hias yang memiliki banyak peminat.

Baca juga: Harga Fantastis Ikan Koi, Si Perlambang Keberuntungan

Bukan hanya karena bentuknya yang unik saja, tapi juga karena warna tubuh yang sangat cantik dan unik. Tak heran jika Louhan disebut sebagai primadona di antara ikan hias. Keindahan Louhan membuat beberapa jenis ikan ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi bahkan hingga mencapai ratusan juta Rupiah. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan Louhan termahal di dunia.

Golden Red

ragam ikan louhan

Louhan ini merupakan jenis ikan termahal karena terbilang langka dan banyak dicari, apalagi di Indonesia. Louhan Golden Red memiliki tubuh dengan warna merah keemasan dari kepala hingga ekor. Harga satu ekor Louhan Golden Red biasa dibanderol sekitar Rp3 juta per ekor untuk jenis yang biasa.

Sedangkan untuk Louhan Golden Red yang sudah bersertifikat atau sering memenangkan kejuaraan, harganya bisa mencapai belasan juta rupiah. Satu ekor anakan Louhan Golden Red dijual dengan harga sekitar Rp650 ribu per ekor.

Kamfa

Louhan jenis Kamfa adalah Louhan termahal di dunia. Ikan jenis ini berasal dari Singapura, namun saat ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia. Louhan Kamfa memiliki ciri khas di warna tubuhnya yang merah merona dengan bintik-bintik putih dari kepala sampai ekor. Corak ini membuat Louhan Kamfa sering juga disebut sebagai ikan Louhan Mutiara. Untuk harga Louhan Kamfa standar, biasanya dihargai sekitar Rp3,5 juta per ekor, sedangkan untuk anakannya sekitar Rp850 ribu per ekor.

Cencu

Louhan Cencu biasanya akan Anda temukan di para penjual ikan baik yang sudah memiliki toko besar ataupun di toko ikan hias kecil. Harga Louhan Cencu cenderung masih terjangkau, yaitu sekitar Rp750 ribu per ekor untuk yang dewasa dan Rp150 ribu per ekor untuk anakannya. Louhan Cencu dapat dikenali dari warna tubuhnya yang merah dan kuning emas dengan pola bintik-bintik yang ada dari mulai bagian jenong hingga siripnya.

Bonsai</h2?>

ragam ikan louhan

Seperti namanya, Louhan Bonsai memiliki tubuh yang kecil dan kerdil seperti bonsai meskipun sudah berusia dewasa. Louhan jenis ini cukup banyak dicari sebagai penghias akuarium. Karena tingginya permintaan, harga Louhan ini pun bisa dibilang cukup mahal.

Baca juga: Ayam Cemani, Salah Satu Spesies Langka di Indonesia

Untuk satu ekor Louhan Bonsai dewasa, bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp800 ribu. Semakin cantik corak yang dimiliki oleh ikan tersebut, maka akan semakin mahal pula harganya. Sedangkan untuk satu ekor anakan Louhan Bonsai, bisa dibeli mulai dari harga Rp250 ribu per ekor.

SRD

Louhan termahal lainnya adalah jenis SRD, ikan yang merupakan hasil persilangan dari Louhan Cencu dan ikan Cichlid ini biasa dijual dengan harga Rp1,5 juta per ekor untuk ikan yang sudah dewasa.

Sedangkan untuk anakan harganya mulai dari Rp400 ribu per ekor. Ciri khas Louhan SRD adalah ukuran benjolan di bagian kepalanya yang besar dan corak tubuh berwarna merah dan kuning keemasan. Harga satu ekor Louhan ini bisa jadi lebih mahal jika warnanya semakin cerah dan benjolan di kepalanya semakin besar juga.

Super Red Synspillum

Louhan jenis ini adalah salah satu jenis yang sangat langka dan jarang ditemukan. Khususnya di penjual ikan hias Indonesia. Tidak heran kalau harga Louhan jenis Super Red Synspillum ini jadi sangat mahal. Umumnya, satu ekor Louhan Super Red Synspillum dewasa akan dijual dengan harga mulai dari Rp2,5 juta per ekor, sementara harga anakannya mulai dari Rp400 ribu per ekor. Louhan Super Red Synspillum ini memiliki warna merah cerah dari kepala sampai ekor. Semakin cerah dan bersih coraknya, maka akan semakin mahal juga harga jualnya.

Golden Base

Sekilas, Louhan Golden Base memang cukup mirip dengan Louhan Golden Red. Bagi orang yang baru pertama melihat Louhan ini biasanya memang akan tertukar. Perbedaan antara dua jenis Louhan ini adalah warna Louhan Golden Base lebih didominasi warna keemasan yang mirip kuning. Satu ekor Louhan Golden Base dijual dengan harga sekitar Rp1,8 juta per ekor, sedangkan harga anakannya berkisar di angka Rp450 ribu per ekornya.

Kemalau

Louhan termahal selanjutnya adalah Louhan Kemalau. Ikan ini memiliki dua warna tubuh yang berbeda, yaitu merah dan merah muda. Pada bagian tonjolan kepala sampai dengan pertengahan tubuh ikan ini memiliki warna merah tua, sedangkan dari bagian tengah ke belakang berwarna merah muda. Dibandingkan dengan jenis Louhan lainnya, Kemalau memiliki harga yang relatif lebih rendah, yaitu sekitar Rp600 ribu saja untuk yang dewasa, dan Rp150 ribu untuk yang masih anakan.

Super Red Texas

ragam ikan louhan

Meskipun ikan ini memiliki nama Texas di dalamnya, tapi Louhan Super Red Texas ini sebenarnya berasal dari Thailand. Ciri khas ikan jenis ini adalah warnanya yang merah merona dengan bintik-bintik mutiara mulai dari kepala hingga ujung ekor. Sekilas, Louhan ini nampak seperti buah strawberry.

Satu ekor Louhan Super Red Texas bisa dijual dengan harga pasaran sekitar Rp2,3 juta untuk yang dewasa. Sedangkan anakannya sekitar Rp600 ribu per ekor. Sayangnya, jenis Louhan ini tidak memiliki jenong yang terlalu besar.

Baca juga: 10 Satwa Langka yang Cuma Bisa Ditemukan di Indonesia

Itulah beberapa ikan jenis Louhan termahal di dunia. Bagi pecinta ikan hias, harga ini tentu saja sepadan dengan kualitas dan kepuasan yang didapatkan. Jika Anda adalah salah satu pecinta ikan hias, Anda tentu saja paham betul mengapa harga Louhan hias bisa semahal itu. Mana dari jenis ikan di atas yang sudah Anda pelihara di rumah?

Comments are closed.