5 Film Kisah Nyata yang Wajib Anda Tonton

Lifestyle & Leisure

Tidak sedikit para sutradara membuat film yang diambil dari kisah nyata. Berikut ini ada lima film kisah nyata yang menarik dan menyita perhatian masyarakat dunia.

Tidak dipungkiri para penggemar film bioskop mengatakan bahwa mereka cenderung kagum dengan tampilan visual dan jalan cerita yang disuguhkan oleh sebuah film. Namun, di balik keindahan tampilan visual, tentu ada kisah yang dituangkan sehingga menghasilkan sebuah tontonan yang sangat menarik. Inspirasi membuat sebuah film bisa berasal dari mana saja, Baik itu hanya imajinasi sang sutradara ataupun mengangkat kisah nyata seseorang terkenal atau kisah yang unik dan laik untuk dijadikan film.

Di dunia perfilman, film-film yang diangkat dari kisah nyata masih dijadikan ide terbaik oleh sang sutradara. Apalagi jika kisah nyata tersebut cukup menyita perhatian masyarakat. Pasalnya, film yang diproduksi berdasarkan kisah nyata tidak hanya mempengaruhi penonton, tapi juga para bintang yang berlaga di dalamnya.

Dilansir dari liputan6.com, aktor utama The Pursuit of Happyness, Will Smith, bahkan mengaku sangat “tersihir” oleh kepribadian dan gaya hidup tokoh yang diperankannya, Chris Gardner. Bahkan saat syuting film itu berakhir, setiap kali putranya (Jaden Smith, yang juga berperan sebagai anak Gardner dalam film tersebut) meminta untuk dibelikan sebotol jus, Smith akan menjawab, “Kita tidak mampu membelinya, Nak.” Selain The Pursuit of Happiness, rupanya ada film kisah nyata lainnya yang mampu menyita perhatian masyarakat untuk menontonnya Berikut ini ulasannya.

5 Film yang Diangkat dari Kisah Nyata

The Imititation Game

Deretan pertama film kisah nyata yang banyak disukai masyakarat adalah The Imititation Game yang diangkat dari perjalanan hidup Alan Turing. Alan Turing merupakan seorang ahli matematika yang direkrut militer Inggris saat Perang Dunia II berkecamuk. Ia bersama beberapa ahli lain dibebani tanggung jawab untuk memecahkan sandi yang dikirim Nazi Jerman lewat alat bernama Enigma.

Baca juga: Sering Nonton Film di Bioskop? Tahu Etika Ini?

Alat tersebut berisi kode perintah penyerangan dari markas Nazi dan lalu lintas tentara Jerman. Setiap hari kode yang dikirim mesin Enigma berbeda-beda pula dan Turinglah yang harus memecahkan kode tersebut. Namun, di sisi lain, Turing digambarkan sebagai sosok yang egois bahkan tidak membutuhkan bantuan orang-orang di sekitarnya dan menganggap rekan-rekannya lebih rendah darinya.

Dunkirk

Dunkirk merupakan film yang terinspirasi dari operasi pengevakuasian prajurit dalam Pertempuran Dunkirk pada tanggal 26 Mei 1940 sampai dengan 4 Juni 1940. Tidak tanggung-tanggung, misi tersebut dilakukan lewat tiga jalur: Darat, laut, dan udara. Film hasil arahan Christoper Nolan ini banyak menuai tanggapan positif dari para kritikus, meski tak sedikit dari mereka yang menyesalkan nihilnya keterlibatan aktor kulit hitam. Padahal, saat itu banyak prajurit kulit hitam yang terlibat dalam peperangan tersebut dan hal itu sangat menyalahi aturan sejarah. Dunkirk tayang perdana pada 2017 silam.

Deepwater Horizon

Film kisah nyata berikutnya adalah Deepwater Horizon. Film ini bercerita tentang bencana lingkungan terbesar yang melanda Deepwater Horizon pada 20 April 2010. Bencana lingkungan tersebut berupa tragedi ledakan anjungan pengeboran lepas pantai semi-selam itu dan tumpahan minyaknya di Teluk Meksiko. Dalam tragedi tersebut, terdapat 11 orang pekerja tewas dan 17 lainnya terluka. Setelah dua hari terbakar, Deepwater Horizon akhirnya tenggelam, meninggalkan sumur yang mengalir di dasar laut dan menyebabkan tumpahan minyak terbesar di perairan Amerika Serikat. Berdasarkan laporan, tragedi itu bisa terjadi dikarenakan adanya salah perhitungan dalam konstruksi bagunan sehingga menyebabkan malfungsi utama dan, akhirnya bencana itu datang.

Baca juga: Deretan Mobil-mobil Ikonik dari Film Populer

The Perfect Storm

Film ini diangkat dari kisah nyata yang menceritakan kisah hilangnya kapal penangkap ikan komersial, Andrea Gail, di tengah laut setelah dihantam badai hebat pada 1991. Ketika badai datang, gelombang laut tiba-tiba naik setinggi hampir 30 meter dan menghempas kapal ini tanpa jejak.

Sebelum dihempas ombak, ada kontak terakhir dari kapten kapal, Billy Tyne yang diperankan oleh George Clooney dan sempat terekam dari menara suar terdekat adalah, “She’s coming on boys, and she’s comin’ on strong!” Namun, tidak ada laporan dan pesan lebih lanjut mengenai suara terakhir sang kapten dan tidak ada kapal lain yang mendengar panggilan SOS dari kapten kapal.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Backcountry

Hutan menjadi salah satu tempat yang sangat menakutkan apalagi jika bertemu dengan binatang buas yang sedang mencari mangsanya. Kisah ini tentu nyata adanya dan menjadi inti dari Backcountry yang rilis pada 2015. Film yang digarap oleh sutradara Adam MacDonald dan dibintangi oleh Jeff Roop serta Missy Peregrym, menceritakan pasangan backpacker yang tersesat di hutan. Saat mereka berjalan di hutan belantara, mereka bertemu seekor beruang hutan yang kelaparan.

Cerita yang disajikan dalam film ini sama dengan kisah nyatanya, di mana kejadian ini terjadi pada 2005. Ketika itu Mark Jordan dan sang istri Jacqueline Perry memutuskan untuk menghabiskan hari ulang tahun pernikahan keempat mereka di bagian utara Hutan Ontario. Selama perjalanan, seekor beruang hitam kelaparan mengejar Perry, namun Jordan berhasil melawan binatang buas itu. Dia meninju hewan itu dan menusuknya dengan pisau Swiss Army.

Sebenarnya masih banyak film kisah nyata lainnya yang wajib Anda saksikan. Namun, kelima film di atas ini menjadi contoh film sukses yang mengambil cerita dari kisah nyata seseorang. Nah, jika Anda menjadi sutradara, apakah tertarik untuk membuat film dari kisah nyata?

Comments are closed.