6 Langkah Mudah Cara Presentasi yang Baik dan Sempurna

Lifestyle & Leisure

Bingung menemukan cara presentasi yang baik? Semua itu hanya tergantung pada diri Anda dan juga persiapan apa yang sudah dilakukan untuk menghasilkan presentasi yang sempurna.

Anda yang terjun dalam kehidupan profesional, tentu tidak pernah lepas dari yang namanya presentasi. Bahkan presentasi ini sudah menjadi kegiatan rutin yang akan terus menerus Anda lakukan. Baik dalam konteks pekerjaan ataupun ketika sedang menuntut ilmu di bangku perkuliahan. Presentasi adalah suatu kegiatan berbicara di hadapan banyak orang yang merupakan salah satu bentuk komunikasi. Presentasi bisa dijadikan sebagai kegiatan pengajuan suatu topik, pendapat, atau informasi kepada orang lain.

Setiap orang pasti akan mengalami sindrom grogi ketika melakukan presentasi untuk pertama kali. Hal ini tentu wajar dan nantinya akan terbiasa jika Anda terus belajar dan melakukan hal ini secara rutin. Namun, satu hal yang perlu diingat bahwa sebelum melakukannya harus dipersiapkan dengan matang agar bisa menyesuaikan dengan cara presentasi yang baik. Meskipun begitu, masih banyak orang yang merasa belum bisa membawakan sesuai cara presentasi yang baik. Bingung dan takut salah menjadi alasan yang paling banyak diutarakan oleh orang-orang. Nah, agar hal ini tidak berlanjut terus menurus, yuk simak langkah mudah melakukan presentasi yang baik agar hasilnya bisa memuaskan bagi Anda dan juga para pendengar.

Baca juga: Melihat Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Perusahaan

6 Cara Presentasi yang Baik

Persiapan yang Matang

Mempersiapkan segala sesuatu dengan matang dan detail sama saja 50 persen kesuksesan sudah ada di tangan Anda. Seperti yang dijelaskan di atas bahwa persiapan adalah cerminan dari hasil yang akan diterima. Semakin matang dan baik persiapan yang dilakukan, tentu semakin lebar juga peluang Anda sukses dalam presentasi tersebut.

Ada berbagai macam hal yang harus disiapkan, seperti latihan berbicara, membuat pembicaraan terstruktur. Bukan hanya itu, Anda juga perlu mengetahui siapa para hadirin yang akan datang dan bagaimana karakteristik mereka. Misalnya saja, Anda akan menyampaikan presentasi untuk rekan bisnis, tentu gaya bahasa dan tekstur yang disampaikan jauh berbeda jika targetnya merupakan anak SD. Sebab, jika Anda sudah tahu siapa para hadirinnya, maka Anda akan bisa mempersiapkan presentasi yang baik.

Memberikan Pembukaan yang Menarik

Presentasi bisa dibilang bagus rupanya dipengaruhi dengan pembukaan yang menarik, lho. Pasalnya, jika awalannya saja sudah membosankan, tentu akan membuat hadirin tidak tertarik mendengarkan lanjutan dari presentasi Anda. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan pembukaan presentasi agar hasilnya sesuai dengan harapan. Misalnya, Anda bisa menarik perhatian hadirin dengan mengucapkan salam sapa yang semangat dan meminta mereka membalas dengan semangat pula. Cara lainnya, Anda bisa memberikan pantun atau lelucon untuk memberikan energi pada hadirin. Jangan langsung mulai menjelaskan begitu panjang, sebelum Anda mendapatkan perhatian dari audiens.

Baca juga: Jadi Wanita Karir Itu Mudah, Ini Caranya!

Perhatikan Komunikasi Non-Verbal

Ketika Anda melakukan presentasi, panggung dan seisi gedung milik Anda seluruhnya. Maka dari itu, untuk mendapatkan presentasi yang bisa dinilai dari penguasaan panggung. Anda bisa bergerak ke sana ke sini dan jangan hanya terpaku pada satu titik saja. Selain itu, jangan kaku. Berdiri boleh tegap, tapi tetap santai dan rileks saja serta jangan lupa melakukan kontak mata dengan hadirin. Jika merasa masih takut menatap langsung ke mata, Anda bisa alihkan dengan menatap kening mereka atau bagian lain selain mata. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi rasa takut, tetapi hadirin merasa kalau Anda menatap mereka.

Selain itu, kedua tangan Anda juga bisa dimanfaatkan sebagai alat bantu untuk menjelaskan. Contohnya, Anda bisa menggunakan tangan untuk menunjuk ke arah slide atau contoh-contoh lainnya. Jangan memperlihatkan kegugupan Anda dengan memainkan kancing baju, rambut, atau memasukkan tangan ke saku. Memang sulit untuk membiasakan, tapi perlahan tapi pasti bisa dan Anda akan bisa menghilangkan sikap buruk tersebut.

Membuat Desain Slide yang Menarik

Selain pembukaan, desain slide presentasi juga tidak kalah pentingnya untuk Anda perhatikan. Semakin desain slide Anda menarik, tentu semakin banyak juga hadirin yang memperhatikan presentasi Anda. Memang untuk membuat slide yang bagus itu dibutuhkan kemahiran tersendiri. Namun, itu semua bisa dipelajari dengan mudah karena sudah ada banyak totorial yang menjelaskan langkah-langkah membuat slide presentasi yang menarik.

Buatlah desain slide yang nyaman dilihat, misalnya jangan gunakan warna-warna yang terlalu silau, jangan berwarna-warni, jangan gunakan terlalu banyak font, dan hal-hal buruk yang bisa memberikan rasa ketidaknyamanan untuk hadirin. Lebih baik gunakan warna terang jika hadirin yang datang tidak terlalu banyak dan gunakan warna gelap jika hadiirn cukup banyak.

Baca juga: Melihat Lebih Dalam Seputar Kategori Perusahaan Multifinance

Menyukai Topik Presentasi

Setiap presentasi yang dilakukan, perlu diingat bahwa yang Anda lakukan adalah menyampaikan pesan dan berkomunikasi. Bukannya hanya membacakan atau berusaha mengingat apa yang Anda akan sampaikan. Oleh karena itu, penting rasanya untuk Anda menyukai dan menyenangi topik presentasi yang akan disampaikan. Pasalnya, jika Anda sendiri saja tidak menyukai topik yang disampaikan, tentu hadiriin akan merasa demikian.

Selalu Evaluasi dan Terus Berlatih

Setelah Anda melakukan presentasi, jangan lupa untuk tetap evaluasi dengan mencari tahu apa saja yang kurang dari presentasi tersebut dan membebani kekurangan tersebut untuk presentasi yang akan datang. Biasanya kesalahan itu tidak dirasakan sendiri, melainkan orang lain yang bisa memberikan penilaian. Oleh karena itu, jangan pernah sungkan untuk meminta penilaian hadirin atau orang terdekat yang ikut menyimak sehingga Anda bisa memperbaikinya di kemudian hari.

Tidak banyak kok yang harus Anda lakukan untuk melakukan presentasi yang baik dan sempurna. Hanya lakukan enam langkah di atas saja, dijamin presentasi Anda akan berjalan dengan lancar dan memuaskan. Yuk, dicoba!

Comments are closed.