7 Tanda Anda Masuk Kategori si Biang Kerok

Lifestyle & Leisure

Selalu ingin tahu urusan orang, provokator dan tidak punya etika adalah salah satu tanda seseorang dikataka si Biang Kerok. Apakah Anda termasuk salah satunya?

Disebut sebagai si biang kerok tidaklah menyenangkan, stigma negatif tersemat dalam istilah ini dan sering mengacu pada sosok menyebalkan. Namun, seringkali secara tak sadar kita justru menunjukkan tanda-tanda adanya sifat biang kerok. Anda perlu menyadari sejak dini dan segera perbaiki diri. Lantas apa sih tanda-tanda atau kategori seseorang dikatakan biang kerok? Yuk simak ulasannya

7 Sifat Biang Kerok

Keingintahuan yang Berlebihan

Katanya orang cerdas memiliki rasa penasaran tinggi, tapi ini tidak beda jauh dengan si biang kerok yang nyatanya selalu ingin tahu urusan orang lain. Bukan soal prestasi atau pencapaian yang mereka ingin tahun tapi justru perihal kehidupan pribadi seseorang, baik itu teman dekat dikantor atau sekadar kenalan teman.

Anda yang biasa saja, akan lebih senang menunggu sampai siteman bercerita sendiri soal urusan pribadi. Sementara si biang kerok akan mengorek lebih dulu. Bisa dengan bertanya langsung, menyindir atau mencari tahu dari teman terdekatanya. Pastikan ya, Anda tidak masuk dalam jenis orang seperti ini.

Tidak Suka Melihat Orang Lain Berhasil

Saat teman kantor melakukan pencapaian biasanya kata selamat berdatangan, namun tidak akan mereka dapat dari “si menyebalkan”. Sebab orang seperti ini biasanya tidak suka dengan keberhasilan rekannya. Ia punya sifat iri dan kadang dengki jika melihat orang lain senang sementara dirinya justru gagal.

Baca Juga: Gaya Komunikasi Harian yang Sering Digunakan

Bila Anda sering merasa marah ketika gagal dan menuding orang lain berhasil dengan jalan picik, bisa jadi benih-benih pembuat onar sedang tumbuh didalam diri. Sebaiknya segera halau pemikiran negatif tersebut dan berfikir bahwa apa yang terjadi didepan mata adalah kehendak Tuhan. Jika Anda gagal yang perlu diupayakan adalah bangkit.

Menggunakan Barang Orang Tanpa Izin

biang kerok menyebalkan

Bila Anda adalah tipikal orang yang bersikap santai ketika menggunakan barang milik orang lain. Berhati-hatilah, sebab tingkah Anda ini sebenarnya menyebalkan. Meski Anda merupakan pribadi yang mudah dekat alias ekstrovert, namun tidak semua teman menganggap Anda adalah orang yang dekat. Bayangkan ketika barang kesayangan Anda hilang begitu saja, kesal bukan?

Nah itu juga yang terjadi pada teman yang barangnya Anda pinjam. Meski sudah sama-sama tahu bahwa Andalah pelakunya, tapi sebagai manusia yang beretika sudah sewajarnya Anda meminta izin lebih dulu kepada sang empunya.

Selalu Semangat Membicarakan Aib Orang Lain

Tanda-tanda selanjutnya adalah ketika seseorang bersemangat dan bahagia menceritakan aib orang lain didepan khalayak ramai. Semangatnya mencari tahu lebih dalam tentang persoalan seseorang hingga melanggar batas privasi adalah bibit jadi seorang yang menyebalkan. Jika Anda adalah tipe yang seperti ini, hati-hati ya biasanya tak banyak yang akan berteman dengan Anda.

Baca Juga: Penyakit Depresi: Tahukah Anda Apa Saja Penyebabnya?

Sebaiknya tahan perasaan ingin membicarakan masalah orang lain, gantilah topiknya dengan misalnya membicarakan keberhasilannya. Jika perasaan ini tidak dipupuk sejak dini Anda bisa tumbuh menjadi pribad i yang iri dan pendendam.

Tidak Menghormati Privasi Orang

Ketika teman atau sahabat mempercayakan Anda sebagai tong masalah mereka, alias tempat curhat. Jangan hancurkan kepercayaan itu dengan mulut Anda yang menebar persoalan mereka ke orang lain. Masalah mereka adalah privasi mereka, jika Anda diminta untuk mendengarkan ya dengarkan saja, tanpa harus menghakimi apalagi menceritakannya lagi kepada orang lain.

Persoalan menghormati privasi orang juga berlaku ketika didunia kerja. Sebagai rekan jika ingin memasuki ruangan rekan lain sudah sewajarnya mengetuk pintu atau bangkunya. Sedekat apapun Anda tetap ada garis privasi yang memisahkan.

Sering Menjadi Provokator

Biang kerok menjadi provokator

Jika Anda sering mengeluhkan pekerjaan kantor yang berat, menceritakannya pada orang-orang dan mengajak orang lain untuk membagi keluh kesahnya, itu artinya ada sisi biang keladi dalam diri. Mereka yang masuk dalam sifat ini memang sering mengompori kawan-kawannya untuk bertindak tanpa nalar dulu, sementara ia akan berada dibelakang mereka.

Lalu ketika melihat orang lain gagal, Anda merasa senang karena tidak mengalami hal yang sama. Padahal bisa jadi Andala penyebab semua masalah yang ada.

Enggan Mengakui Kesalahan Sendiri

Ketika ditugaskan dalam sebuah tim dan nyatanya gagal mengemban tugas yang diamanahkan, ada dua tipe orang yang bisa kita temui. Yakni yang mengakui kesalahan dan siap melakukan evaluasi namun ada yang tidak terima dan menuding orang lain sebagai biang keladi. Jangan sampai Anda punya sifat yang disebutkan terakhir ya.

Orang yang sering menuding orang lain atas kesalahannya sendiri biasanya pribadi yang tidak bertanggung jawab. Sosok seperti ini hampir dipastikan tak akan ditunjuk menjadi leader dimanapun. Jadi kalau masih punya sifat seperti ini, sebaiknya mulailah berlajar menerima kekalahan dan kesalahan.

Baca Juga: Berbagai Tipe Kepemimpinan, Mana yang Paling Pas dengan Anda?

Itulah beberapa tanda seseorang masuk kategori “biang kerok”. Tentu tidak ada yang mau dicap dengan statement negatif ini ya. Karena itu cobalah lakukan hal-hal dibawah ini agar kita bisa menjadi pribadi yang lebih positif:

Cara Menjadi Pribadi Positif

Bahagia dengan Apa yang Dimiliki

jangan menjadi biang kerok

Mereka yang iri dan dengki biasanya sering mengutuk diri sendiri, merasa pencapaiannya kurang dan selalu ingin lebih. Perasaan terus maju memang bagus namun perlu diingat juga bisa semua usaha sudah dilakukan namun hasil tetap sama, mungkin itu artinya garis tangan Tuhan.

Hindari Berbincang Terlalu Lama

Percayalah ketika Anda berkumpul dengan teman-teman tanpa tujuan jelas, sebenarnya Anda tengah menumbuhkan sisi pembuat onar dalam diri. Ketika Anda tak punya bahan perbincangan yang bagus pasti akan mulai dengan membicarakan keburukan orang lain. Jika tidak punya teman menarik untuk didiskusikan lebih baik diam dan dengarkan.

Selalu Berfikir Positif

Sisi dalam diri yang menyebalkan kerap kali keluar karena pikiran selalu diisi prasangka dan hal negatif. Cobalah untuk berpandangan positif bahkan kepada musuh sendiri, atau kepada mereka yang sering membicarakan aib Anda. Maafkan segala salah yang ada, maka pikiran dan hati menjadi lebih tenang.

Berkumpul dengan Pribadi yang Baik

Hampir 100% sifat kita ini dipengaruhi oleh lingkungan. Jadi upayakan untuk selalu berkumpul dengan orang-orang baik agar bisa menebar manfaat bagi sesama. Bukan jadi provokator apalagi sumber masalah. Memilih pertemanan itu penting, tak apa menyeleksi circle, tapi tak perlu memperlihatkan bagaimana keberpihakan Anda ya, biasa-biasa saja. Tapi tahu dimana dan kapan harus diam, dan kapan harus vocal.

Comments are closed.