8 Kartini Masa Kini yang Sangat Menginspirasi

Lifestyle & Leisure

8 perempuan Kartini masa kini ini telah memberikan inspirasi untuk para perempuan Indonesia dibidangnya masing-masing. Apakah salah satunya merupakan sosok yang menginspirasi Anda?

RA Kartini sudah terkenal sebagai pejuang kaum wanita yang nama dan jasanya hingga saat ini selalu dikenang. Raden Ajeng Kartini merupakan pahlawan perempuan Indonesia yang mengedepankan emansipasi wanita agar tidak ada batasan untuk berkembang dan maju. Jasa beliau untuk perempuan Indonesia sangatlah banyak. Mulai dari mendirikan sekolah wanita pertama di Indonesia, perjuangan dan pengorbanan Kartini membela hak wanita Indonesia guna mendapatkan Pendidikan yang layak, serta mengangkat derajat wanita untuk mendapatkan keadilan.

Sosok wanita yang cerdas, pemberani, dan kegigihan dalam mewujudkan impian kaum wanita ini selalu menginspirasi para perempuan Indonesia. Sudah banyak perempuan Indonesia yang berhasil mengharumkan namanya dan menjadi sosok Kartini masa kini yang menginspirasi untuk perempuan Indonesia lainnya. Dalam memperingati Hari Kartini 21 April ini, Futuready merangkum 8 Kartini masa muda yang sangat menginspirasi.

Nadine Chandrawinata

Mantan Putri Indonesia 2005 ini memang dikenal dengan sosok yang tangguh dan memiliki kepedulian yang besar. Hal ini terlihat dari kepeduliannya terhadap lingkungan hidup. Salah satu wujud yang dilakukannya adalah sambil menyelam dan menikmati keindahan laut, Nadine juga selalu membersihkan sampah-sampah yang ada di laut ketika sedang menyalurkan hobi diving-nya. Tidak heran jika Nadine kini didaulat menjadi Duta Lingkungan Hidup.

Prita Ghozie

Prita Hapsari Ghozie atau yang lebih dikenal sebagai Prita Ghozie ini merupakan CEO dan Chief Planner dari Kantor Konsulitan Keuangan ZAP Finance. Tugasnya adalah memberikan jasa konsultasi, pembuatan rencana keuangan, dan implementasi investasi untuk individu ataupun keluarga. Pekerjaan yang dilakukannya saat ini sejalan dengan Pendidikan yang ditempuhnya, yaitu S1 reguler jurusan akuntansi dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia pada tahun 1998 dan S2 untuk bidang Perencanaan Keuangan di Financial Services Institute of Australasia (FINSIA) di Melbourne.

Carline Darjanto

Dunia fashion memang sudah sangat melekat di dalam kehidupan Caline Darjanto. Selepas lulus kuliah di Jurusan Desain Fashion Lasalle College of Fashion ini ia dan temannya Ria Sarwono membuat brand fashion Cotton Ink pada akhir November 2008. Rupanya merk ini mendapatkan respon positif dari perempuan Indonesia sehingga Catton Ink menjadi produk ternama bahkan menjadi ikon baru dalam bisnis fashion wanita.

Trinity Travelers

Dunia traveling pasti sudah sangat mengenal Trinity. Tokoh idola traveling sejati ini telah menjadi Kartini masa kini yang memberi inspirasi bahwa liburan itu bisa dilakukan kapan saja sesuai yang Anda inginkan. Berawal dari seorang pegawai kantoran yang harus menyiasati liburan dari cuti yang terbatas, Trinity nekat untuk berhenti dari pekerjaannya dan menyalurkan bakatnya dengan melancong ke penjuru dunia. Bahkan kisah-kisah perjalanannya sudah ia tulis dalam buku perdanannya “The Naked Traveler” dan banyak yang merasa terinsipirasi dari buku tersebut.

Nadira Diva Vitani

Nama Nadira Diva Vitani belakangan ini terkenal berkat tips memiliki tubuh yang fit dan hidup sehat yang ia share melalui akun media sosialnya. Dalam posting­-annya juga ia menceritakan perjalanannya supaya terus termotivasi untuk berolahraga dan menjalani gaya hidup sehat. Melihat hasil yang dirasakan Diva, tidak heran jika cara dan tipsnya ini sangat menginspirasi perempuan Indonesia dan banyak yang ngikutinya.

Anantya Van Bronckhorst

Anan begitu panggilan akrabnya sudah lama menjadi entrepreneur digital. Setelah lulus dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Jurusan Komunikasi, Universitas Indonesia ini, banyak bidang yang digelutinya. Mulai dari bekerja di sebuah production house menjadi reporter untuk sebuah website lifestyle, scriptwriter/produser yang mengurus beberapa program TV, dan juga pernah menjadi PR executive.

Kini, Anan sibuk di dunia bisnis digital yang ia bangun sendiri, yaitu Think.Web. bukan hanya sibuk di dunia bisnis saja, Anan juga memiliki organisasi global yang memfokuskan pada Pendidikan, pemberdayaan, dan keterkaitan antara para perempuan melalui teknologi, yaitu Girls In Tech. Organisasi ini merupakan sebuah wadah untuk para perempuan yang ini terus berkembang dan menambah pengetahuannya dalam bidang teknologi. Tidak heran jika Anan menjadi Kartini masa kini yang sangat menginspirasi.

Ibu Robin Lim

Dunia kesehatan pasti sudah sangat mengenal sosok yang satu ini. Sook Kartini masa kini ini merupakan seorang bidan dan juga pendiri dari Yayasan Bumi Sehat, sebuah klinik kesehatan yang menawarkan perawatan prenatal gratis, layanan persalinan, dan juga bantuan medis untuk orang yang membutuhkan. Ibu Robin Lim ini sangat peduli terhadap ibu dan bayi. Sejak tahun 2003, ia dan timnya telah bekerja untuk mengurangi tingkat kematian ibu dan bayi yang tinggi di Indonesia.

Heni Sri Sundani Jaladara

Memiliki kepedulian pada anak petani, membuat Heni Sri Sundani menjadi salah satu Kartini masa kini yang sangat menginspirasi. Mantan TKW yang pernah bekerja di Hong Kong, mendirikan Gerakan Anak Petani Cerdas dan AgroEdu Komunitas Jampang di Bogor, Jawa Barat bertujuan untuk memberikan Pendidikan secara gratis bagi anak petani supaya taraf kehidupan mereka bisa meningkat.

Selamat Hari Kartini untuk Seluruh Perempuan Indonesia!

 

Comments are closed.