9 Rekomendasi Memilih Tas Punggung

Lifestyle & Leisure

Masih bingung suka bingung tidak saat ingin memilih dan membeli tas punggung? Jangan sampai Anda malah memilih hanya berdasarkan merek dan harga.

Tas punggung merupakan salah satu model tas yang banyak digunakan untuk berbagai keperluan atau kegiatan, mulai dari sekolah, kerja, atau bahkan travelling atau jalan-jalan.

Mungkin sebagian dari Anda memilih tas punggung karena bisa membantu menyimpan banyak barang, tidak bikin ribet karena terus dijinjing, dan nyaman dan menopang tubuh manusia. Jadi, wajar saja kalau tas punggung menjadi pilihan tas populer untuk pria dan wanita segala usia dan digunakan dalam banyak situasi.

Namun untuk lebih mendapatkan rasa nyaman, tentu saja Anda perlu memilih model, ukuran dan juga jenis bahan yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda. Memilih tas punggung tak hanya mementingkan modelnya saja. Perhatikan juga fungsi dari tas punggung yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum Anda membeli backpack atau tas punggung, Anda terlebih dahulu mengetahui atau memastikan seperti apa tas yang dibutuhkan atau untuk apa tas digunakan serta jika digunakan untuk bepergian, Anda bisa memperkirakan seberapa lama Anda pergi.

Lalu, faktor apa saja yang harus Anda pertimbangkan untuk mendapatkan tas punggung yang sesuai dengan kebutuhan Anda?

Tujuan dan Kebutuhan Penggunaan Tas Punggung

Ingatlah, tujuan dan kebutuhan penggunaan tas punggung ini akan selalu jadi pertimbangan utama Anda. Sebab, tas punggung sendiri memiliki beragam pilihan di antara daypacks, ransel, tas travel, atau ransel minimalis. Pilihan ini akan membuat Anda bingung. Pertimbangkan, apakah Anda yakin ransel akan sesuai dengan semua utilitas yang Anda butuhkan untuk dibawa? Ke mana Anda akan pergi? Cuaca apa yang paling mungkin Anda hadapi saat mengenakan tas punggung?

Jika tas hanya digunakan untuk kegiatan sehari-hari maka Anda bisa memilih jenis tas dengan ukuran yang lebih kecil namun sesuai dengan isi yang akan Anda bawa. Untuk itu, tujuan utama penggunaan dari tas menjadi hal utama yang perlu di perhatikan dalam memilih tas backpack.

Selain mendapatkan ukuran yang tepat, desain dan bangun tas harus sesuai dengan keperluan Anda.

Jenis Bahan Tas Punggung

Hal kedua yang perlu Anda perhatikan adalah jenis bahan tas yang Anda gunakan, bahan yang berkualitas tentu saja akan menentukan pula harga dari tas punggung yang akan Anda beli. Bila menginginkan bahan tas yang berkualitas tentu saja akan ada perbedaan harga yang cukup jauh.

Bahan ransel yang umum digunakan adalah kanvas kapas, ransel pack-cloth nylon, cordura, rip-stop nylon, polyester, dan ransel kulit.

Untuk tas-tas yang digunakan sebagai tas untuk travelling khususnya biasanya terbuat dari jenis bahan polyester atau bahan waterproof yang dapat melindungi tas Anda dari air hujan dan sebagainya. Selain itu, bahan ini pun juga tidak mudah sobek sehingga tas akan lebih awet digunakan. Dan perhatikan pula kualitas jahitan dari tas yang digunakan agar tas juga awet dan kuat.

Memilih Ukuran Tas Punggung yang Tepat

Ketiga adalah memilih ukuran yang tepat. Kalau Anda punya ransel besar, Anda akan cenderung membawa banyak barang sehingga semakin membebani punggung. Jika Anda berencana akan melakukan bepergian dalam jangka waktu yang lama, serta membawa barang dalam ukuran atau jumlah yang banyak, maka Anda tentunya membutuhkan jenis tas dengan ukuran yang besar.

Ukuran dari tas biasanya dihitung dalam bentuk liter dengan ukuran 20 liter sampai 80 liter bahkan lebih tergantung dari kebutuhan dan tujuan tas digunakan. Sebaiknya ransel berukuran 40 liter cukup untuk perjalanan dalam jangka waktu tiga hari hingga tiga minggu (dengan catatan Anda rajin mencuci baju saat perjalanan). Lebih lama dari itu atau untuk keperluan naik gunung Anda perlu menggunakan ransel berukuran lebih besar. Untuk merek, Anda bisa mempertimbangkan merek peralatan naik gunung yang dirancang untuk perjalanan jauh dan lama.

Cari Warna yang Mudah Terlihat

Bila penggunaan tas punggung terbiasa Anda pakai untuk keperluan sehari-hari, Anda bisa memilih warna netral seperti hitam atau abu-abu. Pemilihan warna itu bisa sebagai opsi Anda agar tas tidak cepat kotor. Namun, berbeda bila Anda membeli tas punggung untuk keperluan traveling.

Pemilihan warna hendaknya lebih didasarkan pada keselamatan daripada kesukaan. Pilihlah warna ransel yang mudah terlihat, misalnya warna kuning, hijau tosca, merah, orange dan sebagainya. Penggunaan warna yang mudah terlihat ini bertujuan untuk memudahkan untuk diketemukan ketika terjadi sesuatu hal. Hindari memilih ransel untuk travelling dengan warna yang mendekati warna alam, seperti warna hijau tua, coklat, hitam dan sejenisnya.

Tali Pengikat di Pinggang dan Dada

Letaknya mungkin agak aneh, tapi sesungguhnya tali ini sangat membantu. Beban dari punggung akan didistribusikan ke pinggang dan dada jika tali tersebut dikancingkan dengan benar.

Perlu diperhatikan juga, tali pada tas punggung ini dirancang berbeda untuk pemakaian wanita dan pria. Tali pada tas punggung wanita lebih berlekuk untuk menyesuaikan bentuk dada dan pinggang, sedangkan tali pada ransel pria cenderung lurus.

Ketersediaan Slot untuk Cover Bag

Cover bag sangat berguna ketika terkena hujan secara tiba-tiba. Ketersediaan slot ini sangat berguna untuk menyimpan dan menjaga cover bag Anda agar tetap selalu berada di dalam slot tersebut. Lihatlah pada bagian bawah tas ransel yang nanti Anda pilih, adakah tempat untuk menyimpan cover bag atau tidak.

Ritsleting yang Berkualitas

Satu hal untuk memastikan kualitas ritsleting adalah pilihlah tas dengan kepala ritsleting yang bisa disisipkan gembok agar lebih aman ketika Anda titipkan di penitipan barang. Cobalah untuk membuka dan menutup dengan menggunakan tarikan saat Anda ingin membeli. Cara ini bisa memudahkan Anda mengetahui mana ritsleting yang berkualitas dan yang bukan.

Keamanan Tas Punggung

Untuk melengkapi keamanan dan kenyamanan, Anda bisa memilih menggunakan tas dengan tambahan gembok atau alat pelindung tas lainnya sehingga tidak bisa dibuka orang lain ketika tas Anda diwajibkan untuk masuk ke dalam bagasi.

Harga yang Sesuai

Bagaimanapun juga, semua pertimbangan di atas akan kembali kepada harga beli dalam pemilihan tas punggung. Ada istilah bahwa ada harga ada kualitas, tinggal bagaimana kita menempatkan nominal rupiah untuk mendapatkan ransel yang seimbang antara kualitas, kebutuhan, dan harganya.

Ransel yang tepat untuk Anda tidak mesti ransel mahal. Ada beberapa ransel yang terbilang cukup bagus dari merek mahal karena rancangan dan bahan ransel memang sangat dipikirkan.

Itu beberapa rekomendasi yang bisa Anda pertimbangkan untuk memilih tas punggung sesuai kebutuhan Anda. Hal terpenting dapat memberikan rasa nyaman dan aman ketika Anda gunakan.

Comments are closed.