7 Aplikasi Belajar Online untuk Pelajar dan Pengajar

Lifestyle & Leisure

Kini menimba ilmu tak melulu harus berjumpa dengan guru. Dengan Aplikasi belajar online layanan kelas privat dengan harga murah bisa Anda dapat.

Belajar secara online mungkin masih awam bagi generasi yang lahir ditahun 90-an. Namun, tidak bagi mereka yang besar di era Millenials, di mana semua aktivitas sudah menggunakan sistem online, termasuk dalam perkara mencari ilmu. Kini tersedia beragam aplikasi online mulai dari yang gratis hingga berbayar.

Setiap aplikasi belajar online tersebut memiliki keunikan tersendiri yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Bukan hanya digunakan para pelajar nyatanya beberapa aplikasi tersebut masih jadi favorit para pekerja terutama mereka yang berada dibidang pendidikan untuk mendalami ilmunya.

Baca juga: Homeschooling, Opsi Belajar untuk Anak yang Dapat Dipilih Orangtua

7 Aplikasi Belajar Online yang Cocok untuk Pelajar dan Pengajar

Zenius

Sudah diunduh oleh hampir Rp12 juta orang, Zenius dikenal sebagai aplikasi belajar berbasis online yang menerapkan konsep belajar menyenangkan. Pengajarnya rata-rata lulusan universitas ternama di Indonesia. Co-Founder dan Chief Executive Officer Zenius Education Sabda Putra Subekti ingin mengurangi kesenjangan akses belajar yang tidak merata.

Harga berlangganan Zenius pun cukup terjangkau, yakni sekitar Rp 1.100 per hari. Video dan materi yang diunduh pun kurang dari 20 MB. Zenius App bisa dijangkau melalui jaringan internet 3G, 4G, dan EDGE sehingga proses belajar lebih nyaman karena tidak harus ada si spot 4G yang biasa berada di kota kota besar saja.

Ruang Guru

Sedang jadi primadona, aplikasi belajar secara online satu ini menawarkan harga berlangganan dengan sistem paket. Sebaiknya Anda mengunduh langsung untuk harga perpaketnya. Sementara layanan unggulan yang ditawarkan Ruang Guru adalah pengguna bisa melakukan kontak langsung dengan pengajar. Sehingga proses belajar lebih intens. Sudah diundur kurang lebih oleh 5juta pengguna, Ruang Guru berukuran kecil yakni 22 MB.

Quipper

Aplikasi yang satu ini bukanlah produk bikinan Indonesia. Didirikan di London pada 2010, Quipper baru masuk ke Indonesia pada 2015. Fitur dan fasilitasnya sendiri hampir sama dengan Ruang Guru dan Zenius yang segala materinya berbasis video. Setidaknya ada sekitar 7.000 video dengan 26.000 soal latihan yang bisa digunakan pengguna untuk menguji kemampuan memahami materi. Anda bisa mulai berlangganan dengan biaya Rp 90.000/bulan.

Rumah Belajar

Merupakan aplikasi belajar berbasis online milik Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Fitur yang ditawarkan adalah Sumber Belajar, Buku Sekolah Elektronik, Bank Soal, Laboratorium Maya, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, dan Kelas Maya.

Tidak hanya diperuntukkan bagi belajar, Rumah Belajar juga menyediakan konten bahan belajar yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan peserta didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK). Cocok bagi para pengajar pemula yang ingin mengembangkan diri namun keuangan terbatas.

Google Clasroom

Jika ingin mengenal para pelajar maupun pengajar dari seluruh dunia, Google Clasroom punya jawabannya. Google class room merupakan sebuah learning management system yang dapat digunakan untuk menyediakan bahan ajar, tes yang terintegrasi penilaian. google class room mengedepankan efektifitas dan efisiensi dalam pembelajaran.

Materi yang diberikan aplikasi belajar ini, tidak melulu berupa video, tapi juga txt, pdf, power point bahkan excel. Di sini Anda bisa masuk ke beberapa kelas atau untuk pengajar juga bisa membuat kelas sendiri dan mengundang beberapa siswa. Sangat pas untuk pengajar pemula sebagai refleksi untuk membuktikan efektifitas sistem belajar yang diterapkan.

Brainly

Lebih condong ke situs tanya jawab, Brainly sudah jadi favorit para pelajar didunia dan telah diunduh lebih dari 10juta pengguna di 35 negera berbeda. Sudah pasti bahasa yang digunakan selama diskusi adalah bahasa Inggris. Di aplikasi belajar satu ini Anda bisa menanyakan berbagai soal sulit. Ada banyak guru, pengajar, dan murid-murid lain yang akan menjawab pertanyaan Anda.

Jangan khawatir dengan banyaknya jawaban yang muncul. Brainly punya sistem verifikasi canggih sehingga mereka tidak akan menerima jawaban ngawur. Intinya, disini Anda bisa belajar bersama dengan orang diberbagai penjuru dunia. Selain belajar Anda akan dapat teman baru bukan?

Edx

Inilah satu-satunya situs yang bisa memberikan Anda pengalaman belajar di kampus luar negeri. Oleh karena itu, materi yang diberikan tidak hanya berkisar pelajaran sekolah, tapi juga materi-materi yang berasal dari berbagai Universitas didunia. Di sini Anda bisa belajar soal Programming, Bisnis, Sejarah, Komunikasi, mesin dll.

Jadi jangan sedih ketika Anda gagal menembus kampus besar, seperti Harvard, Oxford atau MIT karena dengan aplikasi ini semua ilmu pengetahuan yang ingin Anda pelajari mudah dicari.

Saat ini jumlah pengunduh aplikasi online ini selalu bertambah setiap tahun, lantaran sudah banyak kisah suskes yang dialami para penggunanya. Apa sih yang membuat sistem belajar dengan cara online ini berhasil?

Keuntungan Memilih Aplikasi Belajar Online

Baca juga: Cara Jitu Dapatkan Beasiswa Kuliah Unggulan

Video Pembelajaran yang Dapat Diulang

Inilah salah satu kelebihan yang tidak akan Anda temukan ketika belajar langsung dengan guru secara tatap muka, kecuali Anda memang selalu merekam setiap pertemuan. Di dalam situs belajar online ribuan video diunduh dan dapat Anda ulang berapapun banyaknya, sehingga pengguna bisa mendalami satu materi secara sempurna.

Pengajar yang Bragam

Kini sudah banyak pengajar bersertifikat dan berprestasi bergabung menjadi tutor karena guru yang Anda dapat bukan abal-abal. Setiap pengajar biasanya punya metode mengajar yang berbeda dan mungkin cocok untuk Anda, sehingga proses belajar jadi lebih efektif.

Biaya yang Lebih Murah

Jika memanggil guru private langsung ke rumah setidaknya Anda perlu mengeluarkan jutaan setiap bulannya. Namun dengan aplikasi belajar budget 1juta saja bisa digunakan untuk satu tahun, tergantung pada paket yang diambil. Karena banyak paket yang ditawarkan Anda jua memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial.

Tak Terikat Eaktu

Belajar secara online tidak mengharuskan Anda membuka laptop dalam satu waktu, karena video bisa diunduh jadi Anda bebas belajar kapan saja dan selama apapun. Sangat pas bagi Anda yang tidak suka dengan rutinitas yang itu-itu saja setiap harinya. Waktu belajar dapat disesuaikan dengan kegiatan sehari-hari.

Itulah beberapa Aplikasi belajar berbasis online yang bisa jadi pilihan beserta manfaatnya. Jangan beralasan belajar mahal karena kini semua pengetahuan bisa Anda genggam dengan bermodal internet saja.

Pilihlah aplikasi belajar yang paling cocok dengan kebutuhan, jangan malas untuk aktif dalam setiap pembahasan materi. Selamat mencoba semoga lekas berprestasi!

Comments are closed.