Resep Ayam Geprek yang Bisa Dicoba di Rumah

Lifestyle & Leisure

Pecinta ayam geprek? Menu satu ini memang selalu mampu menggugah selera makan. Yuk, coba bikin sendiri di rumah!

Salah satu panganan kekinian yang sedang marak di Indonesia adalah ayam geprek. Sebetulnya, menu ini sudah lama ada. Namun, semakin ke sini, kehadirannya semakin memperkaya khasanah kuliner nusantara.

Salah satu menu ayam geprek yang paling digandrungi adalah ayam geprek sambal bawang. Bagi sebagian orang, sambel bawang merupakan sambel ala rumahan, yang banyak ditemui di perkampungan. Hampir semua ibu-ibu rumah tangga mahir mengolahnya. Dengan bumbu dapur sederhana, secobek sambal bawang mampu membuat tandas sebakul nasi. Apalagi, jika dipadu padankan dengan lauk yang tak kalah sedapnya. Seperti ayam, tempe, tahu, dan ikan goreng, beserta lalapannya. Sungguh sedap!

Baca juga: Perjalanan Chef Marinka di Dunia Kuliner Nusantara

Ayam Geprek Berawal Dari Menu Pinggiran, Berkembang Menjadi Menu Restoran

Tahukah Anda, jika sebetulnya sajian lezat berbahan dasar ayam yang digeprek dan dilumuri sambal ini, sudah ada sejak zaman belanda dahulu. Di Yogyakarta, menu ini banyak disajikan sebagai sajian kuliner malam. Bersamaan dengan banyak angkringan di setiap sudut kota, ayam geprek pun dijajakan di warung kaki lima, dengan sambal korek (sambal bawang) khas kampung. Salah satu ciri khasnya adalah ayam yang digeprek memiliki sisi luar yang garing, namun dengan bagian dalam yang masih lembut. Sedangkan sambalnya memiliki sensasi pedas gurih.

resep ayam geprek

Saat ini, kehadiran ayam geprek tak lagi sekadar di deretan warung tenda kaki lima saja. Melainkan, sudah banyak gerai makanan atau bahkan restoran yang secara khusus menyajikan menu ayam ini. Bahkan untuk menggaet minat para kawula muda, ada banyak modifikasi yang dilakukan. Mulai dari menambahkan aneka topping. Seperti keju mozzarella hingga kremesan.

Tak heran, jika saat ini penikmatnya pun mulai beragam. Tak hanya orang tua saja, bahkan anak muda usia sekolah. Dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp15.000 per porsi, Anda sudah dapat menikmati sepiring ayam geprek dengan sambal ektra pedas, lengkap dengan lalapannya.

Ayam Geprek, Penyet, dan Ayam Gepuk, Apa Bedanya?

Masih banyak yang belum tahu, apakah ayam gepuk dan geprek itu dua menu yang sama? Jawabannya adalah tidak. Keduanya merupakan menu yang serupa namun tak sama. Dengan bahan utama sama-sama terbuat dari ayam, dan disajikan dengan sambal super pedas, namun memiliki proses pengolahan yang berbeda.

Ayam gepuk merupakan ayam yang melalui proses pengungkepan terlebih dahulu sebelum digoreng, dan kemudian digepuk bersama dengan sambal. Sedangkan geprek, adalah ayam berselimutkan tepung bumbu gurih, lalu digoreng garing, sebelum digeprek dan dilumuri sambal.

Bagaimana dengan ayam penyet? Nah, menu yang satu ini lebih umum lagi ya. Ayam penyet memiliki proses pengolahan yang hampir sama dengan ayam gepuk. Yaitu, diungkep dengan bumbu sebelum digoreng. Namun, cara penyajiannya yang sedikit berbeda. Di mana, ayam penyet disajikan secara utuh dengan sambal, tanpa digepuk atau digeprek.

Ada dua jenis yang beredar di pasaran. Pertama, adalah ayam goreng tanpa tulang, yang digeprek dengan sambal. Namun, ada pula gerai yang memilih untuk mempertahankan tulang pada ayam, dengan alasan untuk memberikan rasa gurih pada ayam. Terutama di bagian-bagian tertentu, seperti paha dan sayap.

Baca juga: Daftar Restoran Berlabel Michelin Star Indonesia

Resep dengan Aneka Sambal Nusantara

Menu yang terbuat dari ayam memang memiliki banyak penggemar. Baik orang tua, muda, bahkan anak-anak, pasti suka dengan ayam goreng. Meskipun banyak penjual aneka menu ayam di luar sana, namun membuatnya sendiri di rumah ternyata tak sulit, lho. Selain bisa disesuaikan dengan selera, juga lebih terjamin kebersihannya. Dan yang pasti, lebih hemat.

resep ayam geprek

Begitu pula dengan santapan satu ini. Dengan resep sederhana, Anda sudah dapat menyajikan menu ala resto dengan rasa yang tak kalah istimewanya. Bahan-bahannya pun mudah didapat. Untuk lebih menggugah selera, Anda bisa memodifikasi berbagai jenis sambal khas nusantara. Seperti sambal bawang, sambal ijo, sambal matah, sambal terasi, hingga sambal dabu-dabu yang segar.

Persiapan Memasak

Pertama, hal yang perlu disiapkan adalah ayam gorengnya. Kebanyakan menu di luar sana, menggunakan ayam goreng krispi sebagai bahan dasarnya. Nah, untuk jenis ini, Anda bisa menggunakan campuran antara tepung terigu dan maizena, dengan perbandingan 2:1 (tepung terigu: tepung maizena). Sebelum dilumuri tepung, maka Anda perlu merendam daging ayam dengan bumbu sederhana, seperti bawang putih halus, garam, dan merica.

Baca juga: 14 Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Langkah Mudah Memasa

Ayam yang telah melalui proses perendaman bumbu (marinasi) selama kurang lebih 30 menit, dapat Anda lumuri dengan campuran tepung. Lalu, goreng dengan minyak panas. Pastikan ayam digoreng dalam rendaman minyak, agar matang sempurna dan renyah. Goreng dengan api sedang.

Menu ayam satu ini paling umum disajikan dengan sambal bawang. Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menyiapkan bawang putih, cabai rawit merah, dan garam. Semua bahan diulek dalam keadaan mentah. Setelah itu, siramkan dengan minyak panas. Lalu, masukkan ayam ke dalam cobek, dan geprek bersama dengan sambal bawang.

resep ayam geprek

Resep geprek sambal ijo, juga bisa dicoba lho. Cara membuat sambal ijo sederhana adalah dengan merebus cabai hijau, bawang putih, dan sedikit tomat hijau. Setelah itu, ulek ketiga bahan tersebut dengan tambahan garam. Setelah dirasa cukup halus, tumis dengan sedikit minyak hingga harum. Terakhir, geprek ayam dengan sambal hijau yang telah dibuat.

Kelezatan ayam berlapis tepung bumbu garing, yang disandingkan dengan sambal super pedas, memang membuat para penikmatnya tergila-gila. Tak heran, jika banyak gerai makanan yang menjajakan menu ini selalu ramai oleh pengunjung. Terutama pada jam-jam tertentu, seperti saat makan siang dan makan makam. Padahal, tak sulit untuk membuatnya sendiri di rumah. Berani mencoba?

Comments are closed.