Ban Mobil Kempes di Tengah Jalan? Begini Cara Ganti Ban Mobil Dadakan

Asuransi MobilLifestyle & Leisure

Tidak sulit ternyata cara ganti ban mobil dengan benar. Semua orang bisa melakukannya bahkan untuk Anda para wanita sekali pun.

Musibah ban kempes atau bocor ketika Anda sedang berkendara memang tidak menyenangkan. Apalagi jika kondisi Anda sedang di dalam tol yang memang tidak ada bengkel. Momen seperti ini tentu sangat mengesalkan dan Anda pastinya mau tidak mau harus menggantinya sendiri. Sebagai pengendara yang baik, Anda jangan hanya bisa menggendarai mobil saja, tetapi harus juga tahu seluk beluk lainnya, seperti mesin, accu, ­dan cara ganti ban mobil yang benar. Untuk poin terakhir, ada kemampuan khusus yang memang harus Anda miliki. Bagaimana pun juga, setiap pengendara harus memiliki kemampuan cara ganti ban mobil jika dalam keadaan darurat seperti ini.

SEMUA DAPAT SUBSIDI! Berkendara ke mana pun dan di mana pun, rasakan keamanan maksimal dengan asuransi mobil terbaik di Futuready.com Gunakan kode subsidi MOBIL25P dan langsung dapat SUBSIDI 25%!

asuransi mobil

Siapkan Peralatan yang Dibutuhkan

Ada beberapa peralatan penting yang harus Anda miliki untuk mengganti ban mobil. Biasanya, setiap mobil baru sudah mendapatkan alat-alat untuk ganti ban mobil di dalam bagasi. Jika ban mobil Anda kempes atau bocor, hal utama yang harus dilakukan adalah menepi di pinggir jalan yang aman dan jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard. Lampu hazard dinyalakan untuk memberikan tanda kepada mobil lain bahwa mobil tersebut sedang berhenti darurat. Setelah itu, Anda mempersiapkan alat-alat khusus untuk ganti ban mobil, seperti dongkrak, kunci roda, hingga ban cadangan.

Kendurkan Baut Ban

Setelah alat-alat tersebut sudah sedia, cara berikutnya untuk ganti ban mobil adalah dengan mengendurkan baut ban. Buka penutup lubang baut jika memang ada. Kemudian cungkil penutup tersebut dengan obeng dan putar baut dengan berlawanan arah jarum jam. Trik supaya mengendurkan baut dengan mudah yaitu pilih baut secara berseberangan. Ingat ya, baut tersebut hanya dikendurkan bukan terlapas.

Pasang Dongkrak

Jika baut-baut tersebut sudah kendur, langkah selanjutnya yang harus dilakukan, yaitu pasang dongkrak. Untuk memasang dongkrak ini ada teknik dan triknya sendiri. Pertama pasanglah dongkrak dekat dengan ban yang ingin diganti. Pastikan pemasangan dongkrak tersebut pada strukur yang kokoh. Titik terbaik untuk memasang dongkrak adalah pada titik dongkrak yang ditandai dengan cekungan di dekat roda daan pastikan posisi dongkrak tersebut tegak lurus.

Buka Baut yang Dikendurkan Tadi

Setelah ban terangkat oleh dongkrak. Cara berikutnya untuk ganti ban mobil, yaitu dengan membuka baut-baut yang sudah dikendurkan tadi. Untuk kali ini baut-baut tersebut dibuka hingga terlepas secara keseluruhan. Jangan lupa ya, simpan baut-baut tersebut di dekat Anda sehingga dalam proses ganti ban mobil Anda tidak perlu lagi mencari-cari baut tersebut.

Pasang Ban Candangan

Setiap mobil pasti memiliki ban cadangan. Letakkan ban cadangan tersebut sebagai penganti ban yang kempes atau bocor. Pastikan ban tersebut dipasang dengan benar. Untuk memudahkan Anda mencari posisi ban yang benar. Anda bisa pasang ban mobil dengan cara sedikit menggoyang-goyangkan hingga menemukan posisi yang tepat. Setelah itu, Anda pasang baut tersebut diposisinya semula.

Turunkan Dongkrak dan Kencangkan Baut

Jika ban dan baut sudah terpasang dengan benar, kemudian turunkan dongkrak secara perlahan dan hati-hati. Jangan lupa untuk kencangkan bautnya seperti teknik sebelumnya, yaitu menyilang. Anda harus memastikan bahwa semua baut terpasangan dengan benar dan kencang.

Futuready.com menyediakan berbagai pilihan asuransi mobil terbaik, yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Tinggal cari, bandingkan, pilih, dan beli di www.futuready.com cara belinya mudah dan aman karena Futuready.com sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Futuready.com juga telah memegang lisensi resmi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan nomor izin No.KEP-518/NB-1/2015 sejak 18 Juni 2015.

Futuready.com Cara Cerdas Berasuransi

Leave a Reply