Deretan Barista Kopi Terbaik dan Terkenal di Dunia

Lifestyle & Leisure

Barista kopi menjadi salah satu profesi yang digilai banyak orang. Meski jumlahnya banyak, nyatanya hanya segelintir yang berpredikat terbaik.

Kopi merupakan salah satu minuman yang digemari banyak orang di dunia saat ini. Mungkin, dulu orang-orang tak menaruh minat besar pada kopi. Mereka hanya berpikir bahwa semua kopi sama saja, minuman berwarna hitam yang memiliki aroma dan rasa yang khas. Tapi, predikat tersebut berubah.

Kini, sebagian orang sangat ingin mencicipi berbagai jenis kopi dari berbagai daerah karena memiliki cita rasa dan aroma yang berbeda. Hal ini pun berdampak pada banyaknya usaha yang berhubungan dengan kopi, seperti coffee shop. Usaha satu ini sangatlah menjamur, baik di Indonesia maupun luar negeri. Kita bisa melihat beragam coffee shop di hampir setiap sudut jalan.

Melihat besarnya pasar kopi di dunia, akhirnya berbagai pihak pun mengadakan kontes bagi para barista untuk unjuk gigi mengolah biji kopi menjadi minuman yang sangat nikmat. Seperti yang kita tahu bersama bahwa ada banyak sekali orang yang berprofesi sebagai barista saat ini. Tapi, hanya segelintir saja yang mendapat predikat barista kopi terbaik dan terkenal di dunia.

Jika Anda berpikir bahwa barista terbaik kebanyakan dari luar negeri, maka Anda salah besar. Setidaknya, ada lima nama asal tanah air yang berhasil meraih predikat barista kopi terbaik, tentunya mereka menjadi barista yang terkenal, baik di dalam maupun luar negeri. Siapa saja mereka? Ini dia!

Barista Kopi Terbaik dan Terkenal dari Indonesia

Mikael Jasin

Pernah menjadi model, kemampuan Mikael Jasin kerap dianggap remeh. Namun, ia membuktikan diri sebagai barista berkualitas dengan menjadi juara kedua di ajang Indonesian Barista Championship (IBC) dan dua kali keluar sebagai runner-up di Good Spirits Championship di Australia.

Ia pernah menempuh pendidikan serta berkarier di Melbourne sebelum kembali ke Indonesia pada 2017. Mikael bergabung dengan Common Grounds Coffee & Roastery dan St.Ali.

Joshua Tanu

Joshua Tanu adalah pemenang World Barista Championship (WBC) selama tiga tahun berturut-turut. Ia termasuk figur paling dihormati di dunia kopi Indonesia. Bersama dengan Mira Yudhawati dan Irvan Helmi dari Anomali Coffee, mereka jadi pelopor terbentuknya BGI dan Joshua saat ini menjabat sebagai ketua umum.

Pria yang menempuh pendidikan bisnis di Amerika Serikat ini sudah mempunyai beberapa usaha di bidang kopi. Joshua adalah salah satu pendiri kedai kopi terkemuka di Jakarta, Common Grounds, dan termasuk pemegang franchise kedai kopi dari Australia di Indonesia, St. Ali.

Doddy Samsura

Doddy Samsura diyakini termasuk dalam generasi barista pertama yang menjuarai kompetisi barista di Indonesia. Ia dua kali menjadi juara nasional barista dan mewakili Indonesia di WBC 2013.

Doddy pernah menjadi store manager di One Fifteenth Coffee di Jakarta Selatan yang sangat dikenal luas di kalangan pecinta kopi gelombang ketiga di Indonesia. Doddy yang punya jiwa sebagai pendidik pernah menulis buku tentang kopi yaitu Ngopi ala Barista pada 2012. Saat ini, Doddy lebih banyak melakukan perjalanan untuk berbagi ilmu dan mengajar tentang kopi dan bagaimana membangun bisnis kedai kopi.

Muhammad Aga

Muhammad Aga termasuk barista Indonesia yang sudah banyak menyabet gelar juara. Ia pernah menjuarai berbagai ajang seperti Indonesian Barista Competition, Indonesian Latte Art Competition, Indonesian Brewers Competition, Asian Barista Competition, dan Asian Food and Hotel.

Pada Juni 2018, Aga yang mewakili Indonesia berhasil menjuarai WBC 2018 yang berlangsung di Amsterdam, Belanda. Bersama seorang rekannya, Aga mendirikan kedai kopi S.M.I.T.H di Jakarta. Wajah rupawannya pernah muncul sekilas di film Filosofi Kopi (2015). Ia sangat selektif memilih biji kopi dan bekerja sama dengan para petani kopi di Malang dan Simalungun.

Yessylia Violin

Indonesia punya cukup banyak barista wanita. Salah satu yang terdepan adalah Yessylia Violin. Ia sudah beberapa kali menjadi finalis di ajang IBC. Di IBC tahun ini, Yessylia menempati urutan ketiga di bawah Muhammad Aga dan Mikael Jasin.

Ryan Wibawa

Ryan Wibawa dikenal menggunakan metode manual dalam mengolah kopi. Ia adalah orang Indonesia pertama yang ikut ambil bagian di World Brewers Cup pada 2016 dan jadi pegawai Starbucks pertama yang mengikuti event bergengsi tersebut.

Ryan adalah juara pertama Indonesia Brewers Cup 2018 yang membuatnya kembali mewakili Indonesia di World Brewers Cup 2018 di Dubai.

Barista Kopi Latte Art Terbaik di Dunia

Barista kopi tidak hanya menyajikan olahan kopi menjadi sebuah minuman yang nikmat. Ada pula titel barista yang tidak berfokus pada rasa sebuah kopi, melainkan keindahan sajian kopi, mereka umum disebut barista latte art.

Hampir setiap coffee shop memiliki kopi latte art dengan gayanya masing-masing. Tapi, nyatanya terdapat beberapa nama yang masuk dalam daftar barista kopi latte art terbaik di dunia. Sayangnya, kali ini tidak ada dari tanah air. Mari kita lihat bersama siapa saja mereka!

Kangbin Lee

Seniman kopi ganteng asal Korea Kangbin Lee membuat latte art yang sangat rinci, menggunakan teknik yang dia sebut “cremart,”. Inspirasinya lahir dari film klasik, Animasi Disney dan karya seni rupa lainnya. Lee, yang telah menjadi barista selama sepuluh tahun itu berharap orang-orang yang melihat karyanya menyadari bahwa secangkir kopi bisa menjadi sebuah karya seni yang berkesan dan menjadi media komunikasi bagi orang banyak.

Mattsun

Seniman latte dari Jepang ini pertama kali mencoba keberuntungannya di bidang latte art pada 2009 saat bekerja di sebuah restoran Italia. Pada 2011 ia merasa cukup mumpuni untuk mengadakan pameran tunggal, yang berjudul Blue Sky Latte Art, di Dōtonbori, Osaka, Jepang.

Melannie Aquino

Melannie Aquino dari Elite Audio Coffee Bar di San Francisco menggambar sketsa yang sangat rinci dari segala sesuatu mulai karakter kartun berwajah manis sampai Big Ben London di atas latte berbusa. Dia pertama kali bereksperimen dengan seni kopi empat tahun yang lalu saat dia bekerja di kafe. Baru-baru ini, Mashable menobatkan dirinya menjadi seniman kopi terbaik di dunia.

Emily Coumbis

Barista bernama Emily Coumbis bekerja di Piggy Back Cafe di pinggiran Brisbane. Dialah yang membuat kafe tersebut menjadi sorotan dan viral di internet karena keterampilannya membuat caffe latte yang begitu indah.

Nowtoo Sugi

Awalnya, Nowtoo Sugi mulai menggunakan sirup bartender berwarna untuk “melukis” pada secangkir kopi, meskipun telah banyak barista menciptakan latte yang berwarna-warni, pastilah dia termasuk salah satu yang terbaik. Karyanya yang paling menonjol terinspirasi dari tokoh-tokoh anime. Baginya ini hanyalah sebuah hobi, karena dia melakukannya di rumah dan hanya teman dan keluarga yang bisa mencicipi kopinya yang cantik.

Itulah nama-nama barista kopi terbaik dan tersohor di dunia saat ini. Pernahkah Anda menikmati kopi atau latte art buatan barista kopi di atas?

Comments are closed.