Bikin Teh Tarik di Rumah, Yuk!

Lifestyle & Leisure

Teh tarik merupakan olahan teh yang cukup populer dan digemari banyak orang. Biasanya, minuman ini ditemukan di restoran atau rumah makan dengan menu tradisional. Tapi, jika ingin membuatnya sendiri di rumah, cara dan bahannya sangatlah mudah.

Sebagian besar orang pasti sudah pernah merasakan nikmat dan segarnya teh tarik, termasuk Anda, kan? Teh yang sangat terkenal di Asia Tenggara khususnya Malaysia dan Singapura ini memang sesuai dengan lidah orang Indonesia yang masih satu rumpun dengan dua negara tersebut.

Sepintas, teh ini terlihat seperti teh susu biasa. Namun, yang membedakan teh tarik dengan teh susu dan teh dengan campuran susu lainnya adalah proses pembuatannya yang unik. Bila proses pencampuran teh dan susu pada olahan teh susu lainnya dengan cara diaduk dengan sendok, teh tarik justru mencampurnya dengan cara dituang dan ditarik dari gelas satu ke gelas lainnya. Hal inilah yang dipercaya membuat rasa teh tarik sangatlah nikmat dan berbeda dengan olahan teh susu lainnya.

Bagi Anda yang menyukai teh satu ini, daripada Anda harus beli ke restoran atau tempat makan, coba buat sendiri di rumah. Bahan yang dibutuhkan dan cara membuatnya murah dan mudah, kok! Catat selengkapnya di bawah ini ya!

Bahan yang dibutuhkan membuat teh tarik antara lain:

  1. Teh tubruk atau teh hitam,
  2. Air panas,
  3. Krimer kental manis,
  4. Susu cair full cream,
  5. Kayu manis bubuk (opsional),
  6. Dua buah gelas (satu gelas saji, satu gelas takar).

Jika semua bahan yang dibutuhkan sudah siap, saatnya membuat teh tarik ala Anda sendiri!

  1. Tuangkan teh tubruk atau teh hitam pada wadah seduh.
  2. Tuangkan air panas ke dalam wadah yang sama dengan teh. Untuk mendapatkan rasa dan aroma yang kuat, disarankan untuk membuat komposisi teh dan air panas dengan perbandingan 3:9. Jadi, semisal Anda gunakan tiga bungkus teh tubruk atau teh hitam, Anda perlu menuangkan kurang lebih sembilan gelas air panas dalam wadah seduh.
  3. Aduk hingga teh dan air panas tercampur secara merata dan teh terlihat mengambang di permukaan air.
  4. Saring dan tuangkan air teh sesuai selera ke dalam gelas takar. Agar teh menjadi lebih pekat, lakukan penyaringan sebanyak dua kali.
  5. Siapkan gelas saji, tuangkan krimer kental manis. Bagi Anda yang suka minuman dengan rasa manis yang dominan, tuangkan krimer sesuai selera Anda.
  6. Kemudian, tuangkan susu cair full cream di dalam gelas saji. Untuk takarannya, sesuaikan dengan keinginan Anda.
  7. Selanjutnya, tuangkan gula pasir ke dalam gelas yang sama. Bila sebelumnya Anda sudah menuangkan krimer kental manis dengan takaran cukup banyak, sebaiknya gunakan gula pasir sedikit saja agar teh tarik tidak terasa kemanisan.
  8. Tuangkan air teh ke dalam gelas saji yang sudah terisi krimer kental manis, susu cair full cream, dan gula.
  9. Barulah proses mencampur dilakukan. Teh dan segala campurannya di gelas saji dituang berulang kali ke gelas takar. Seperti namanya, proses ini tidak hanya menuang, tetapi juga menarik gelas agar proses pencampuran lebih merata.
  10. Tuang dan tarik teh hingga permukaan terlihat sedikit berbusa.
  11. Tuangkan kembali ke gelas saji. Sajikan panas atau tambahkan es batu jika Anda ingin menikmati teh tarik dingin.
  12. Berikan taburan bubuk kayu manis di bagian atas jika Anda mau.

Bagaimana, mudah sekali membuatnya, kan? Terlebih, Anda bisa menentukan sendiri rasa teh tarik yang Anda inginkan jika membuatnya di rumah. Jangan lupa, nikmati teh tarik bersama cookies atau roti agar terasa lebih nikmat. Selamat mencoba!

Comments are closed.