Daftar Bioskop Indonesia yang Memiliki Jaringan Terluas

Lifestyle & Leisure

Sering nonton di Bioskop? Sudah tahu belum apa saja daftar bioskop Indonesia yang terbesar hingga saat ini?

Meskipun telah ada televisi, nyatanya bioskop di Indonesia tetap menjadi pilihan sebagian besar masyarakat. Kepopulerannya tidak kalah dengan media lain dalam menyuguhkan tontonan. Menariknya, sejumlah bioskop dipercaya terus mengalami kemajuan.

Kemajuan ini bisa dilihat oleh banyaknya masyarakat yang hadir untuk menikmati suguhan film yang disajikan. Hari libur menjadi hari paling padat, karena hari itu dinilai masyarakat sebagai waktu yang tepat untuk mengisi waktu.

Selain itu, kemajuannya bisa diperhatikan dari semakin luasnya jaringan bioskop di tanah air. Ini dibuktikan dengan tersedianya bioskop di hampir setiap kota. Malahan bioskop ini dibuat dengan perubahan-perubahan baru untuk memberikan kenyamanan bagi penonton.

Pertanyannya sekarang adalah apa saja bioskop Indonesia yang memiliki jaringan terluas? Sebelum mengetahuinya, ada baiknya mencari tahu apa saja alasan masyarakat lebih memilih bioskop ketimbang media lainnya. Yuk, lihat berbagai Informasinya di bawah ini!

Baca juga: Romantis, 6 Daftar Film Barat yang Wajib Ditonton Tahun Ini!

Kenapa Suka Nonton Film di Bioskop?

Kemajuan zaman nyatanya tidak membuat bioskop tergeser. Popularitasnya kian naik seiring dengan majunya perfilman. Masyarakat pun berbondong-bondong untuk mengunjunginya dengan alasan seperti berikut.

  1. Banyak Pilihan Film Baru Sesuai Genre

Sebagai pecinta film, tentu saja kehadiran film-film baru sangat ditunggu. Entah itu film nasional maupun international. Bahkan film dari berbagai genre.

Menariknya lagi, masyarakat biasanya akan menunggu garapan film baru yang merupakan visualisasi dari karya tulis seperti novel. Biasanya, novel akan diterbitkan terlebih dahulu sebelum diangkat dalam sebuah film. Pecinta novel tersebut pastinya penasaran seperti apa ceritanya bila dikisahkan dalam sebuah film.

Bioskop adalah tempat pertama yang akan menayangkan film tersebut. Sementara di layar kaca TV, butuh beberapa bulan ataupun tahun. Makanya, masyarakat lebih memilih untuk segera melihat film itu di bioskop.

nonton film bioskop

  1. Kualitas Film Lebih Baik

Film-film yang ditayangkan di bioskop memiliki kualitas lebih baik. Ini bisa dilihat dari alur ceritanya, sampai pemerannya. Bahkan keseluruhan isi film akan dituntaskan dalam sekali putar.

Sebelum diputar di TV, film-film berkualitas ini akan diputar di bioskop. TV hanya mengambil beberapa film saja yang dianggap laik tayang. Bahkan ada beberapa bagian yang dihilangkan demi mematuhi aturan penayangan.

  1. Tempat Asyik Berkumpulnya Pecinta Film

Alasan lain kenapa masyarakat suka nonton di bioskop tak lain untuk berkumpul dengan banyak pecinta film yang sama. Kesenangan tersendiri bila menonton dengan banyak orang. Setidaknya, orang-orang bisa berbagi pengalaman dan komentar mengenai film yang ditayangkan.

Baca juga: Hiburan Malam di Luar Negeri, Ini 5 Kota Favorit!

Deretan Bioskop Indonesia yang Paling Besar

Antusias masyarakat membuat perusahaan besar turut andil dalam menyediakan pelayanan bioskop. Dibuatlah sebuah bioskop yang penempatannya di hampir seluruh kota di Indonesia. Dan dari sekian banyaknya perusahaan, berikut adalah daftar nama bioskop yang kepopulerannya terus meningkat.

  1. Cinepleex 21 Group

Cineplex bisa dikatakan sebagai pelopor bioskop nasional. Perusahaan ini dahulunya malah menjadi pelaku tunggal. Tentunya jaringannya sangat luas sampai ke beberapa kabupaten di Indonesia.

Jaringannya termasuk yang paling luas di antara perusahaan lainnya. Apalagi perusahaan ini terus berinovasi untuk mencari target pasar yang berbeda. Yakni dengan menghadirkan konsep Cinema XXI, Cinema 21, dan The Premiere IMAX.

  1. CGV

CGV baru muncul pada 2006. Perusahaan ini berganti nama berkali-kali. Mulai dari Blitzmegaplex, CGV Blitz, dan terakhir adalah CGV.

Bioskop yang satu ini pertama kali ada di Paris van Java Bandung. Kepopulerannya cukup cepat. Bahkan CGV ini juga pernah memperoleh penghargaan MURI dengan penanyangan film di layar terbesar se-Indonesia.

Konsep yang ditawarkan dalam bioskop ini cukup menyita perhatian. Salah satu contohnya adalah adanya auditorium dengan teknologi terkini layaknya 4DX. Tujuannya jelas untuk memberikan pelayanan maksimal bagi para pecinta film.

nonton bioskop indonesia

  1. CINEMAXX

Meskipun terbilang baru, perkembangannya cukup pesat. Perusahaan ini dimiliki oleh Lippo Group. Ini merupakan perusahaan besar yang membawahi sejumlah mal besar di tanah air.

Kabarnya, Cinemaxx ini akan disebar di 85 kota di Indonesia. Ada sekitar 300 titik yang akan digunakan. Dan perusahaan ini merencanakan sekitar 2.000 layar untuk memberikan fasilitas bagi para pemburu film.

Selain nama-nama bioskop di atas, masih banyak perusahaan besar yang memiliki perkembangan pesat. Jaringannya juga sangat luas dan telah tersebar di beberapa kota. Di antaranya adalah Platinum Cineplex dan New Star Cineplex.

Baca juga: 5 Aplikasi Streaming Film Indonesia Gratis Tanpa Unduh

Kota dengan Tiket Bioskop Termahal Maupun Termurah Se-Indonesia

Sebenarnya harga tiket bukanlah masalah bagi penikmat film di bioskop. Hal yang paling penting adalah pelayanannya, serta banyaknya film berkualitas yang disediakan. Tapi untuk melengkapinya, tidak ada salahnya mengetahui kota-kota mana yang menyediakan tiket murah untuk menonton bioskop.

Perlu diingat bahwa data ini merujuk pada riset yang dilakukan Cinema 21. Kalau didapatkan dari perusahaan lain, bisa saja hasilnya berbeda. Tapi sejauh ini, perkiraannya lebih tepat.

Beberapa kota yang masuk dalam jaringan bioskop di Indonesia, Jember Jawa Timur menjadi kota yang memberikan tarif murah bagi pecinta film. Pada hari biasa, tiket dijual dengan harga Rp25.000. Sedangkan di hari libur, tiket dijual seharga Rp30.000.

Untuk Jakarta sendiri, tiket masuknya di kisaran Rp30.000-Rp35.000. Dan biaya masuknya akan mencapai Rp40.000 jika memasuki hari libur atau akhir pekan. Bisa dikatakan masih sangat masuk akal.

Sedangkan untuk kota yang menawarkan tiket termahal ada di Banjarmasin dan Papua. Harga tiketnya di kisaran Rp50.000, Rp60.000, sampai Rp75.000.

Terlepas dari biayanya, bioskop tetap memperoleh tempat tersendiri di hati pecinta film. Keberadaannya sangat membantu masyarakat untuk menikmati hiburan. Dan ini adalah misi dari perusahaan yang menekuni bisnis bioskop di Indonesia.

Comments are closed.