7 Ide Bisnis Sampingan yang Menghasilkan, Ini Dia!

Lifestyle & Leisure

Selain mengandalkan gaji sebagai karyawan, mengembangkan bisnis sampingan bisa menjadi ranah aktualisasi diri supaya lebih produktif dan menghasilkan, sudah pernah mencobanya?

Walau banyak pekerja kantoran yang merasa mendapatkan gaji yang cukup, tak khayal banyak pula dari mereka yang merasa kurang memiliki gaji cukup untuk memenuhi kebutuhannya. Hal tersebut terkadang membuat sebagian orang harus susah payah membagi-bagi gaji pada berbagai aspek kebutuhan kehidupannya.

Apabila masih memiliki waktu luang dan tenaga yang mumpuni, Anda bisa saja memutar otak untuk menemukan bisnis sampingan selain bekerja sebagai karyawan. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat sebab selain diri menjadi lebih produktif, Anda akan mendapatkan pemasukan lain selain gaji.

Baca juga: Solusi Bisnis Masa Kini, Bisnis Dropship Online

Ide Bisnis Sampingan dengan Modal Kecil

Bisnis sampingan memang biasanya hanya sebatas usaha dengan skala kecil, namun dari yang kecil itu lah apabila Anda telaten dapat menghasilkan sesuatu yang besar. Berikut beberapa usaha yang bisa Anda coba kembangkan sebagai bisnis sampingan:

Laundry Kiloan

ide bisnis sampingan

Di zaman yang sudah serba praktis seperti sekarang ini, masih banyak orang berpikir pragmatis”. Oleh karena itu, ide untuk membuka usaha laundry kiloan menjadi sangat populer. Pemain bisnis di bidang ini juga sudah mulai menjamur, khususnya di daerah yang dekat dengan kampus maupun perkantoran. Banyaknya pemain yang terjun membuat persaingan menjadi ketat sehingga harganya pun ikut bersaing.

Anda bisa memulai menjalankan bisnis ini cukup dengan modal Rp7,5 juta saja. Uang tersebut setengahnya untuk membeli sebuah mesin cuci satu tabung otomatis, dan sebuah mesin pengering. Setengahnya lagi untuk membeli perangkat pendukung, misalnya timbangan, plastik, dan setrika, serta gaji seorang pegawai.

Les Privat

Jasa mengajar privat untuk mata pelajaran sekolah sejauh ini banyak ditawarkan oleh mahasiswa yang ingin menambah tabungan mereka atau untuk biaya kuliah. Selain pelajaran sekolah, bahasa asing atau bermusik juga merupakan bidang yang banyak dicari tenaga pengajarnya.

Modal yang dibutuhkan untuk les privat ini relatif kecil. Jika Anda yang keliling mendatangi murid berarti modal yang diperlukan hanyalah biaya transportasi. Jika Anda membuka les di rumah, berarti modal untuk peralatan tulis dan ruang belajar, yang bila dihitung secara kasar, paling tidak membutuhkan modal sekitar Rp1 juta saja, dan Anda sudah bisa menjalankan usaha ini di rumah. Tarif les bisa Anda tentukan berdasarkan pasaran biaya les di lokasi Anda.

Penerjemah

Manfaatkan keahlian bahasa asing Anda dengan menawarkan jasa penerjemahan. Memang penerjemah terbagi menjadi dua golongan, yaitu penerjemah profesional dan penerjemah pemula. Penerjemah profesional biasanya bekerja di bawah sumpah dan relatif mahal tarifnya. Bagi pemula, sebaiknya anda mulai saja dengan menerjemahkan dokumen-dokumen seperti artikel, skripsi, makalah, dan lain sebagainya.

Modalnya juga relatif mudah dan murah, antara lain adalah laptop dan koneksi internet. Jika hasil fisik memang dibutuhkan, maka mesin cetak atau printer termasuk ke dalam modal yang diperlukan. Internet adalah modal pokok yang perlu ada dan bisa digunakan untuk melakukan riset yang diperlukan dalam proses penerjemahan, seperti mencari definisi suatu kata dan lain sebagainya. Lokasi kerjanya pun fleksibel. Bisa di kantor, di kafe, di rumah, atau di manapun.

Jasa Titip Beli

Bisnis jasa titip beli sedang naik daun belakang ini mengiringi kemajuan teknologi yang pesat. Hal ini karena usaha tersebut berbasis online. Secara garis besar, Anda hanya perlu membelikan barang-barang pesanan pelanggan yang kemudian akan dikirimkan lagi ke mereka dengan tambahan ongkos kirim. Modal yang dibutuhkan pun relatif kecil dengan omzet besar hingga jutaan rupiah.

Usaha yang dikenal juga dengan istilah personal shopper atau pebelanja pribadi ini banyak dijumpai di media sosial populer seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Namun tak jarang juga dijumpai pada aplikasi berbasis chat seperti Line, Whatsapp dan lainnya. Oleh karena itu, sistem pemasarannya pun dilakukan melalui media sosial dengan cara mengunggah foto produk yang akan dipasarkan ke media sosial guna menarik perhatian para calon pembeli.

Menjual Produk Berdasarkan Hobi

potensi bisnis sampingan

Banyak bisnis sukses berawal dari hobi. Sebagai contohnya adalah hobi memancing. Hobi ini termasuk irasional, atau dengan kata lain tidak setimpal. Pasalnya, harga alat pancing dan perlengkapannya bisa sampai jutaan. Sedangkan yang didapat hanyalah kepuasan. Anda sebenarnya bisa mengolahnya menjadi sebuah keuntungan dari pengetahuan seputar hobi memancing yang Anda miliki.

Bagi Anda pecinta musik bisa menjual beragam alat musik seperti gitar, harmonika, biola, dan segala macam aksesorisnya. Terlebih lagi, pengrajin alat-alat pendukung hobi pun sudah banyak pabriknya di Indonesia, sehingga Anda bisa menjual produk-produk lokal dan meningkatkan kualitas produk dalam negeri.

Membuka Warung Kopi di Malam Hari

Warung kopi adalah sebuah perwujudan ide paling sederhana dari sebuah kafe. Mengapa malam hari? Jika memang anggaran dan tenaganya terbatas, maka paling baik buka di malam hari saja, mengingat kebanyakan orang memiliki jam kerja dari pagi hingga sore.

Dengan begitu, malam hari adalah waktu yang tepat karena Anda dapat memantau bisnis tersebut. Selain itu, waktu yang tepat untuk ‘ngopi’ biasanya pada malam hari. Usaha ini sangat cocok bila lokasi usaha terletak di sekitar kampus atau kawasan industri.

Baca juga: Jangan Ragu, Manfaatkan Peluang Bisnis Jasa Titip Online ini!

Untuk usaha ini Anda bisa memulainya dengan modal Rp10 juta sudah termasuk untuk membeli sejumlah peralatan seperti gelas, sendok, kursi, meja, dan lain-lain. Angka tersebut juga sudah termasuk untuk menyewa tempat apabila rumah tidak bisa dijadikan sebagai tempat berjualan. Penghasilan dari usaha ini juga bisa ditambah dengan menjual gorengan, rokok, mie instan atau minuman lainnya.

Membuat Blog

Menjadi seorang blogger merupakan sebuah kombinasi menyenangkan antara hobi dan pekerjaan. Kunci sukses dari sebuah website adalah traffic atau jumlah pengunjung yang banyak. Memang untuk mendatangkan pengunjung dalam jumlah besar bukanlah pekerjaan yang mudah.

Untuk memulai bisnis blog ini, pilihlah tema yang sesuai dengan passion atau hal-hal yang sangat Anda sukai seperti misalnya barang-barang eletronik, makanan, musik, dan lain sebagainya. Kemudian isi blog anda dengan konten tersebut yang bisa berupa artikel, ulasan, komentar, atau apapun. Jika konten blog Anda berkualitas, maka pelan tapi pasti akan banyak pembaca yang berkunjung. Traffic blog akan naik dengan sendirinya, backlink dari situs web lain juga mudah didapatkan.

bisnis sampingan blog

Apabila traffic blog Anda bagus, maka blog kemudian bisa di-monetize untuk mendapatkan uang. Caranya pun beragam, mulai dari buka space iklan untuk pengiklan lokal sampai dengan tergabung dalam jaringan periklanan profesional layaknya Google Adsense. Menariknya, hanya butuh modal maksimal Rp1 juta untuk membuka usaha ini.

Jangan ragu untuk memulai sebuah bisnis paruh waktu, karena Anda bisa memilih sendiri ranah bisnis apa yang bisa Anda kembangkan. Bahkan memulainya dari sebuah hobi bisa juga jadi pilihan. Jadi, sudah mantap menentukan bisnis apa yangs sesuai dengan Anda?

Baca juga:9 Jenis Usaha yang Menjanjikan Sebagai Ide Memulai Bisnis

Comments are closed.