Buka Bersama Seru tapi Tetap Irit? Bisa Kok!

Lifestyle & Leisure

Buka bersama merupakan ajang tahunan yang hanya terjadi selama bulan puasa. Agar lebih seru dan hemat, ada hal yang harus Anda terapkan.

Ketika berpuasa, kita semua pasti sepakat bahwa hal yang paling ditunggu tak lain adalah momen saat berbuka puasa saat azan magrib dikumandangkan. Itu artinya, puasa yang telah kita lakukan setelah azan subuh sudah selesai.

Tapi, tentu ada yang menarik daripada Anda berbuka sendiri di perjalanan pulang kerja. Selain berbuka bersama keluarga tercinta, ada satu kegiatan lagi yang sangat lazim dilakukan, apalagi kalau bukan buka bersama.

Umumnya, buka puasa bersama dilakukan oleh teman-teman lama yang sudah jarang bertemu, seperti teman kuliah atau teman sekolah. Selain berbuka puasa, kita dapat bercerita pada teman lama atau sedikit bernostalgia.

Tapi, sayangnya acara buka puasa bersama sering dianggap monoton. Nah, agar acara tersebut jadi lebih seru, simak cara mengadakan acara buka puasa bersama yang menarik di bawah ini!

Baca juga: Daftar Menu Buka Puasa yang Menyehatkan!

Tip Mengadakan Buka Bersama yang Seru

Memilih Tempat yang Tepat

Salah satu faktor yang paling penting saat menentukan acara buka puasa bersama adalah memilih tempat yang tepat. Jika Anda ingin berbuka puasa bersama dengan jumlah tamu yang tidak terlalu banyak dan tidak ingin repot, Anda bisa memilih tempat di restoran.

Namun, tentunya waktu akan dibatasi sehingga tidak bisa mengobrol lebih lama. Jika Anda ingin mengobrol lebih lama, pilihlah tempat di rumah.

Tentukan Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat juga merupakan salah satu tips mempersiapkan acara buka puasa bersama. Pada saat puasa, kita tentunya tidak hanya akan menghadiri satu acara buka puasa bersama saja. Untuk itu cobalah untuk memilih waktu yang sekiranya banyak orang akan hadir seperti pada awal minggu kedua puasa.

Pada minggu pertama puasa biasanya orang akan banyak menghabiskan waktu berbuka bersama keluarga. Sedangkan pada minggu akhir lebaran, banyak orang yang sudah mulai mudik.

Mempersiapkan Acara Inti dengan Baik

Ketahuilah inti dari acara buka puasa bersama adalah untuk silaturahmi. Jika hanya makan bersama tentunya akan membosankan dan tidak seru. Tips mempersiapkan acara buka puasa bersama selanjutnya adalah dengan mempersiapkan acara inti dengan baik. Buatlah flow acara agar acara buka puasa bersama lebih seru dan tertata.

Mempersiapkan Games Seru

Salah satu cara agar acara buka puasa bersama lebih seru adalah dengan mengadakan games. Dengan adanya games, kita bisa lebih terasa keseruan serta silaturahminya. Namun, tentunya Anda harus mempersiapkan games sesuai dengan tamunya.

Jika tamunya adalah keluarga, maka buatlah permainan untuk segala umur. Sedangkan jika tamunya teman atau kerabat, maka buat games yang kiranya seumur.

Tukar Kado

Acara tukar kado tidak hanya bisa dilakukan saat Hari Raya Natal saja, Anda pun bisa memasukan acara tukar kado pada acara buka puasa bersama. Lagi pula, salah satu keutamaan bulan Ramadhan adalah saling memberi. Dengan adanya acara tukar kado pastinya acara buka puasa bersama akan lebih seru.

Baca juga: 5 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan

Tip Buka Bersama agar Lebih Hemat

Selain memikirkan untuk membuat acara yang seru, sejatinya soal pengeluarannya juga harus dipikirkan. Sebab, tak jarang acara buka puasa bersama justru membuat kita mengeluarkan banyak uang. Agar lebih irit, simak tipnya berikut ini.

Belanja dan Masak Bersama

Cara yang pertama ini sangat tepat untuk Anda lakukan di akhir pekan. Bukan hanya bersama kerabat saja, namun langkah ini juga bisa Anda lakukan bersama para sahabat dan teman kerja. Rencanakan bersama acara ini sehari sebelumnya dan pilihlah menu-menu buka puasa yang akan disiapkan bersama.

Kumpulkan dananya dan belilah semua bahan yang dibutuhkan, lalu Anda dan teman / keluarga bisa mulai menyiapkan berbagai menu buka puasa bersama sejak siang atau sore harinya. Acara buka bersama ini akan jauh lebih menyenangkan, sebab semua menu disiapkan bersama di rumah Anda atau teman lainnya.

Pilih Menu yang Bisa Dibayar Patungan

Jika berbuka di luar menjadi pilihan bersama dengan teman atau sahabat, maka pilihlah restoran atau rumah makan yang menyediakan berbagai menu satuan yang bisa dimakan bersama dan porsinya cukup besar.

Anda dan teman bisa memilih beberapa menu yang dianggap tepat dan sesuai dengan selera bersama, sehingga bisa dimakan bersama dan dibayar secara patungan. Bukan hanya hemat, namun cara ini juga akan memungkinkan Anda dan teman-teman bisa mencicipi beberapa menu yang berbeda sekaligus.

Baca juga: Tak Hanya Lapar dan Haus, Inilah Hikmah Puasa Sebenarnya!

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Berbuka dengan Sistem Potluck

Potluck merupakan cara makan bersama dengan teman atau keluarga, di mana masing-masing orang membawa makanan tertentu untuk dinikmati bersama-sama. Cara yang satu ini cocok untuk dilakukan bersama dengan teman atau bahkan keluarga besar sekalipun.

Acara berbuka bisa dilakukan di salah satu rumah yang dianggap paling tepat, dengan cara membawa masing-masing satu atau dua menu untuk berbuka. Tentukan terlebih dahulu menu-menu apa saja yang akan disiapkan masing-masing orang, agar semua menu yang dibutuhkan bisa tersedia dengan baik nantinya. Cara ini juga akan menghemat banyak uang Anda.

Pilih Menu Hemat

Bagi yang sibuk dan hanya memiliki waktu terbatas untuk berbuka puasa, maka bisa memilih restoran atau rumah makan yang memiliki menu set lengkap dan hemat. Hal ini akan jauh lebih hemat, daripada Anda dan teman-teman memilih menu terpisah (satuan) yang harganya justru bisa saja lebih mahal.

Jangan lupa untuk memesan tempat terlebih dahulu, terutama jika Anda dan teman-teman bekerja dan hanya memiliki waktu jeda yang sempit untuk berbuka setelah pulang kantor.

Manfaatkan Momen Promo

Anda juga bisa memanfaatkan momen promo untuk menghemat budget buka puasa bersama. Ada banyak restoran dan rumah makan yang memiliki program penawaran khusus selama bulan puasa, bahkan untuk buka puasa bersama sekalipun. Bukan hanya itu saja, Anda juga bisa berhemat dengan memanfaatkan program penawaran khusus yang diberikan oleh kartu kredit.

Dengan menerapkan tip di atas, bukan tak mungkin acara buka bersama Anda bersama teman-teman akan menjadi lebih seru dan tentunya hemat. Sudah punya jadwal untuk buka puasa bersama?

Comments are closed.