Bukan Sekadar Angka, Inilah Arti dari Nomor Kartu Kredit

Lifestyle & Leisure

Nomor kartu kredit sering kali dianggap sepele. Padahal, banyak hal penting yang terkandung dalam susunan angka yang tercetak di kartu kredit tersebut.

Kartu kredit merupakan alat pembayaran modern pengganti uang tunai dalam bentuk kartu yang diterbitkan oleh bank untuk memudahkan nasabahnya dalam melakukan transaksi. Kartu kredit berbeda dengan kartu debit yang biasa kita gunakan saat mengambil uang di mesin ATM. Sebab, kartu kredit tidaklah berisi uang yang kita setor atau tabung seperti yang kita lakukan di kartu debit.

Kartu kredit memiliki limit yang harus kita bayarkan sesuai dengan angka yang kita gunakan dari kartu tersebut. Jadi, secara tidak langsung, kartu kredit meminjamkan uang kepada kita untuk melakukan transaksi. Kita sebagai nasabah berkewajiban untuk membayar uang yang kita gunakan dari kartu kredit tersebut.

Jika Anda memiliki kartu kredit, tentu Anda menyadari bahwa terdapat hal yang serupa dengan kartu debit yang terdapat pada kartu kredit, yaitu nomor kartu kredit. Mungkin sebagian dari Anda berpikir bahwa nomor yang tercetak pada kartu kredit merupakan nomor biasa yang tak memiliki fungsi penting. Padahal, hal tersebut jelas tidak benar.

Bank pasti memiliki tujuan dalam mencetak nomor kartu kredit. Jadi, nomor tersebut bukan hanya nomor acak yang tercetak di muka kartu kredit, melainkan memiliki beberapa fungsi yang krusial. Penasaran? Yuk, kita simak fungsi dari nomor kartu kredit di bawah ini!

Angka Awal Nomor Kartu Kredit

Kita tahu bahwa nomor kartu kredit di bagian depan berjumlah 16 angka. Angka tersebut terlihat acak tanpa memiliki arti khusus. Tapi, sejatinya nomor kartu kredit punya arti yang berbeda-beda. Jika di Indonesia penerbit kartu kredit adalah pihak bank, lain halnya dengan negara-negara lain di dunia.

Nyatanya, di negara lain, kartu kredit tak hanya diterbitkan oleh bank. Hal ini dapat dilihat dari angka depan dari susunan nomor kartu kredit tersebut. Ada pun nomornya adalah sebagai berikut:

  1. Angka depan 0 diterbitkan oleh ISO/TC 68 dan industri terkait.
  2. Angka depan 1 diterbitkan oleh Perusahaan penerbangan.
  3. Angka depan 2 diterbitkan oleh Perusahaan penerbangan dan industri terkait.
  4. Angka depan 3 diterbitkan oleh Perusahaan travel dan hiburan.
  5. Angka depan 4 diterbitkan oleh Bank dan lembaga keuangan.
  6. Angka depan 5 diterbitkan oleh Bank dan lembaga keuangan.
  7. Angka depan 6 diterbitkan oleh Perusahaan perdagangan dan bank.
  8. Angka depan 7 diterbitkan oleh Perusahaan perminyakan.
  9. Angka depan 8 diterbitkan oleh Perusahaan telekomunikasi dan industri terkait.
  10. Angka depan 9 diterbitkan oleh Lembaga nasional terkait.

Jadi, jika Anda pernah melihat kartu kredit dengan angka depan 3, berarti kartu kredit tersebut diterbitkan oleh perusahaan travel dan hiburan di negara tersebut. Berhubung penerbit kartu kredit di tanah air hanyalah bank, jangan heran jika nomor kartu kredit dimulai dari angka 4 dan 5.

Angka Kedua dan Ketiga Pada Nomor Kartu Kredit

Setelah mengetahui arti angka awal pada urutan nomor kartu kredit, selanjutnya kita cari tahu arti angka kedua dan ketiga pada urutan tersebut. Angka ini menunjukkan bank penerbit kartu kredit tersebut. Jadi, jika Anda bandingkan nomor kartu kredit pada kartu keluaran BCA dan BNI, pasti angka kedua dan ketiga pada urutan nomor kartu kredit tersebut berbeda.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

CVV dan CSC Pada Nomor Kartu Kredit

Selain 16 angka di bagian depan kartu kredit, nyatanya ada angka lainnya yang terletak pada kartu kredit, yaitu Card Verivicatiion Value atau CVV dan Card Security Code atau CSC. Kedua angka inilah yang biasa digunakan saat Anda ingin bertransaksi menggunakan kartu kredit.

Anda diharuskan mengisi angka CVV dan CSC agar transaksi tersebut dapat berjalan. Sebab, jika tidak, saldo yang terdapat dalam kartu kredit tidaklah bergerak. Hal ini pula yang mengharuskan kita sebagai pemilik kartu kredit untuk menjaga nomor angka CVV dan CSC pada kartu kredit agar tidak diketahui oleh orang lain. Kalau tidak, kartu kredit tersebut dapat digunakan secara tidak bertanggung jawab oleh orang jahat.

 

Sekarang, Anda sudah tahu arti dari nomor kartu kredit, kan? Jangan lagi sepelekan angka-angka tersebut dan jaga kerahasiaannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak Anda inginkan.

Comments are closed.