Mengenal Lebih Dalam Seputar Busana Muslim Wanita

Lifestyle & Leisure

Busana muslim wanita identik dengan kerudung atau hijab. Padahal, ada banyak sekali jenis busana yang belum banyak diketahui khalayak.

Setiap orang tentu memiliki selera berbusananya masing-masing, termasuk Anda, bukan? Ada yang suka menggunakan pakaian yang simpel dan kasual, namun ada juga yang suka berbusana formal. Tapi, tak sedikit orang yang berbusana mengikuti syariat agama, khususnya Islam.

Tentu kita semua tahu bahwa busana muslim cenderung menutup banyak bagian tubuh, mulai dari kaki hingga rambut, terlebih untuk kaum hawa. Sejatinya, memilih busana muslim untuk wanita tidaklah sulit, cukup perhatikan hal-hal yang ada di bawah ini!

Hal yang Harus Diperhatikan saat Memilih Busana Muslim Wanita

Pilih yang Tidak Terlalu Ketat

Busana muslim sejatinya dibuat dengan tujuan untuk melindungi tubuh dan menutup aurat. Oleh karena itu, saat memilih busana muslim terbaru, pastikan busana tersebut tidak terlalu memamerkan bentuk tubuh, apalagi yang terlalu ketat hingga terlihat sesak. Selain tidak sesuai ajaran Islam, busana yang terlalu ketat bisa membuat tak nyaman bergerak.

Model gamis, blouse yang sedikit longgar ataupun tunik bisa dijadikan pilihan. Walaupun tak ketat, masih bisa terlihat modis, bukan?

Pilih yang Tidak Tembus Pandang

Sekarang ini banyak busana muslim yang dibuat dengan bahan yang tipis dan menerawang. Sebagai muslim, memakai busana yang menerawang tentu tidak dianjurkan, walaupun hanya sebatas lengannya saja. Jika memang sangat tertarik dengan model yang menerawang, karena modelnya bagus misalnya, jangan lupa untuk memakai manset kaos di dalamnya.

Pilih Model atau Motif yang Simpel

Busana yang simpel itu adalah busana yang lebih menarik dibandingkan dengan busana yang terlampau ramai. Terlebih, busana muslim dengan bentuk yang simpel terkesan elegan dan bisa dipakai di segala acara.

Begitupun untuk motif, sebaiknya pilih motif yang simpel dan tidak terlalu ramai. Apalagi jika ukuran tubuhnya agak besar, lebih baik pakai yang polos atau motifnya tidak terlalu ramai. Motif yang ramai bisa membuat tubuh terlihat lebih besar.

Pilih Warna yang Tidak Terlalu Mencolok

Inti dari busana muslim adalah fungsinya untuk menutup aurat, bukan untuk pamer. Oleh karena itu, jangan mengenakan busana muslim dengan warna yang terlalu mencolok atau terang, seperti warna kuning neon dan hijau stabilo. Pilih warna-warna yang lebih lembut dan kalem.

Lagipula nih,  2019 ini warna-warna yang akan jadi tren adalah warna-warna yang kalem, mulai dari merah muda, kuning muda, lavender, atau mustard.

Warna netral juga diperkirakan akan menjadi tren 2018. Nah, kalau ingin beli busana muslim terbaru, jangan lupa pilih juga warna-warna netral karena selain gampang dipadupadankan, busana netral sifatnya long lasting alias tidak terpengaruh oleh tren.

Pilih Bahan yang Nyaman

Indonesia punya iklim tropis dengan kelembapan yang tinggi. Itu sebabnya, kita gampang mengeluarkan keringat. Karena itu, sudah pasti, agar lebih enak dipakai, pilih bahan yang nyaman digunakan.  Tentu Anda tak mau bercucuran keringat dan kegerahan karena salah memilih bahan busana, bukan?

Mengenal Berbagai Jenis Busana Muslim Wanita

Sebagian besar orang mungkin tahu bahwa busana muslim bagi wanita adalah kerudung. Tapi, faktanya, ada banyak sekali jenis busana wanita yang dipakai oleh umat muslim di berbagai negara di dunia. Penasaran? Mari kita lihat satu per satu berikut ini!

Abaya

Abaya Umum dipakai wanita di seluruh Semenanjung Arab dan juga sebagian Afrika Utara. Biasanya abaya berwarna hitam, berbentuk jubah yang longgar atau kaftan dan juga menutup seluruh tubuh kecuali wajah, tangan, serta kaki.

Burqa

Burqa Umumnya digunakan oleh kaum wanita di Afghanistan terutama pada saat Taliban berkuasa. Burqa adalah pakaian yang menutup seluruh badan termasuk juga wajah dan hanya bisa menyisakan lubang kecil di bagian mata.

Pada awal booming-nya, banyak orang beranggapan bahwa pakaian ini menyerupai tenda. Di Kabul, kebanyakan burqa berwarna biru, tetapi di bagian lain di Afghanistan serta Pakistan warnanya coklat, hijau, atau putih.

Chador

Chador Selama berabad-abad, perempuan di Iran selalu mengenakan penutup kepala setengah lingkaran yang menutupi kepala seperti sedang mengenakan selendang. Chador tidak mempunyai pengencang; ulung kain diselipkan begitu saja di bagian bawah leher atau tangan. Hitam merupakan warna yang disukai untuk tampil di depan umum, tapi mereka juga sering memakai chador warna-warni pada saat berada di rumah atau masjid.

Hijab

Hijab Istilah yang kebanyakan digunakan oleh media Barat untuk menyebut kain penutup kepala wanita muslimah. Berbeda dengan burqa atau lainnya, hijab lebih bervariasi, dan kadang justru mengikuti tren fashion yang berkembang.

Jilbab

Jilbab merupakan istilah yang disebut di dalam Al-Qur’an, umumnya mengacu pada pakaian pelindung, yang bukan pakaian tertentu. Di Indonesia, jilbab mengacu kepada kerudung serta gaya berpakaian head-to-toe. Beda dengan Afrika Utara serta Semenanjung Arab, jilbab di Indonesia sangat fashionable.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Khimar

Khimar adalah istilah ketiga setelah hijab serta jilbab untuk menyebut penutup kepala Muslimah. Secara historis, khimar mengacu pada setiap gaya berpakaian yang telah mempromosikan kesopanan, menutup aurat wanita, dan juga melindunginya dari tatapan pria yang bukan muhrim. Di beberapa negara, istilah ini dipakai untuk menyebut semua jenis penutup kepala yang panjang dan juga longgar.

Niqab

Niqab merupakan cadar yang menutupi wajah wanita kecuali mata. Di Arab Saudi, niqab dipakai bersama abaya. Di banyak negara, termasuk juga di Asia Selatan dan Afrika Utara, Muslimah memakai kain persegi menutupi sebagian wajah kecuali mata dan diikat dengan tali di belakang kepala. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang ingin lebih memahami berbagai varian dalam berhijab.

Jelas terlihat bahwa busana muslim wanita tidak hanya itu-itu saja. Jadi, bagi Anda yang saat ini sudah menggunakan busana muslim, mana dari jenis di atas yang sering Anda gunakan?

Comments are closed.