Cara Jitu Merawat Rambut Agar Tetap Berkilau di Rumah

Lifestyle & Leisure

Mendapatkan rambut sehat, lembut, dan berkilau itu tidak mahal. Anda masih bisa mendapatkan perawatan rambut yang maksimal tanpa harus ke salon dengan biaya yang jauh lebih murah tentunya.

Rambut adalah mahkota wanita yang seharusnya mendapatkan perawatan terbaik. Seiring perkembangan zaman, tentu sudah banyak teknik penataan rambut hingga produk perawatan yang bermunculan dan tidak sedikit yang menyebabkan kerusakan. Sebut saja misalnya pewarnaan rambut yang jika tidak dilakukan perawatan secara rutin, akan menghasilkan rambut yang rusak, kaku, dan bercabang.

Memiliki rambut sehat, hitam, dan berkilau tentu impian semua wanita di dunia. Pasalnya, selain wajah, rambut juga menjadi salah satu bagian tubuh yang membutuhkan perawatan khusus agar tetap maksimal. Jangan heran jika hampir semua wanita rela mengeluarkan banyak biaya demi mendapatkan perawatan rambut yang terbaik. Padahal, merawat rambut itu tidak harus di salon. Di rumah pun Anda masih bisa melakukan parawatan rambut dengan hasil yang maksimal. Lalu, apa saja cara untuk merawat rambut agar tetap sehat, lembut, dan berkilau tanpa harus ke luar rumah?

Cara Merawat Rambut

Sesuaikan Sampo dengan Jenis Rambut

Untuk perawatan rambut yang satu ini harusnya sangat mudah untuk dilakukan. Sebagai seorang wanita, pastinya Anda sudah mengetahui bahwa penggunaan sampo yang benar itu, harus disesuaikan dengan jenis rambut yang Anda miliki. Contohnya, jika rambut Anda tergolong jenis yang kering atau berminyak, tentu sampo yang dipilih harus bisa merawat rambut kering, dan begitu pun selanjutnya. Memakai sampo yang sesuai dengan rambut Anda akan membantu memperbaiki kerusakan pada rambut seperti rambut rontok, patah, juga bercabang.

Baca juga: Manfaat dan Efek Samping Facial Wajah

Keramas dengan Air Dingin

Perawatan rambut berikutnya yang dengan mudah dilakukan adalah keramas menggunakan air dingin. Mengapa air dingin? Ternyata keramas dengan air dingin bisa mencegah rambut rontok, lho. Air dingin mampu membuat peredaran darah menjadi lancar dan juga bermanfaat menjaga rambut agar tetap berkilau dan lembut.

Menggunakan Masker Rambut

Siapa bilang perawatan masker rambut hanya bisa dilakukan di salon saja? Hingga saat ini sudah banyak obat-obat masker yang dijual sehingga Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Namun, jika Anda ingin yang lebih alami, bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan alami, seperti avokad, telur, santan, buah-buahan, atau lidah buaya.

Menggunakan Baking Soda

Baking soda bukan hanya bisa digunakan untuk membuat kue saja, tetapi juga mampu merawat rambut menjadi lebih indah, sehat, halus, dan berkilau, lho. Kandungan baking soda mampu mengurangi zar-zat kimia dari produk styling yang ada di rambut Anda. Cara membuatnya tidak sulit sama sekali, Anda hanya menuangkan tiga sendok makan baking soda ke dalam air yang akan digunakan untuk membilas rambut. Setelah itu, bilas rambut dengan campuran tersebut secara merata.

Baca juga: Hidup Sehat Hingga Usia Senja dengan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Menyisir Rambut dengan Benar

Menyisir rambut memang terkesan sepele, tetapi mampu memberikan dampak yang besar bagi rambu Anda. Mungkin selama ini Anda merasa bahwa cara menyisir rambut yang selama ini dilakukan sudah benar, tetapi tidak demikian karena cara menyisir yang benar adalah dengan menyisir bagian ujung rambut terlebih dahulu baru bagian atasnya. Menyisir rambut langsung dari atas akan membuat rambut rontok dan patah karena rambut kusut. Selain itu, jangan menggunakan sisir dari bahan plastik ya karena bisa membuat rambut rusak.

Mengonsumsi Vitamin D

Vitamin D memang sumber kalsium. Namun, kalsium bukan hanya baik untuk tulang, tetapi rambut Anda juga membutuhkan kalsium agar tetap indah, sehat, dan halus. Pasalnya, kalsium dipercaya bisa memberikan kekuatan rambut sehingga membuat rambut tidak mudah rontok.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Mengonsumsi Oatmeal

Selain baik untuk tubuh, oats juga menjadi salah satu makanan terbaik untuk mencegah rambut rontok. Kandungan biotin yang ada dalam oats sangat baik untuk menjaga kekuatan dan kelembapan rambut.

Tidak Menyisir Rambut Ketika Masih Basah

Siapa yang di sini selalu menyisir rambut dalam keadaan basah? Rupanya cara itu sama sekali tidak dibenarkan karena menyisir rambut dalam keadaan rambut basah hanya akan membuat rambut Anda rontok dan patah karena kusut.

Baca juga: Menjadi Pribadi yang Cantik Luar Dalam

Ciri-Ciri Rambut Rusak Agar Tepat Pilihan Merawat Rambut

Dalam artikel ini, tidak hanya dijelaskan cara-cara merawat rambut agar tetap sehat, halus, dan berkilau saja, tetapi akan membahas juga ciri-ciri rambut yang dinyatakan rusak. Apakah rambut Anda termasuk yang rusak?

Rambut Bercabang

Salah satu ciri rambut rusak, yaitu memiliki cabang di setiap ujung rambutnya. Rambut bercabang merupakan folikel rambut mati yang tidak bisa tumbuh lagi sehingga akan ada rambut baru yang akan tumbuh menggantikannya. Ada beberapa penyebab sehingga rambut bisa bercabang, seperti menggunakan alat pemanas rambut, pelurus rambut tanpa ada pelindungnya terlebih dahulu, atau penggunaan sampo yang tidak cocok.

Rambut Kering

Rambut kering juga menjadi salah satu petanda bahwa rambut Anda dalam tahap kerusakan. Penyebab dari rambut kering dikarenakan hormon produksi minyak pada rambut sedang tidak bekerja secara optimal sehingga rambut kekurangan kadar minyak. Jika rambut Anda dalam kondisi seperti ini, itu tandanya rambut membutuhkan nutrisi yang cukup. Salah satu cara mudah untuk menghilangkan rambut kering, yaitu dengan cara memberikan minyak rambut dan memijit-mijitkan ke kulit kepala secara perlahan.

Rambut Kusam dan Memerah

Rambut kusam dan memerah sering kali memberikan dampak yang tidak baik untuk para wanita. Pasalnya, kondisi rambut seperti ini bisa menurunkan rasa percaya diri untuk bertemu dengan orang lain. Penyebab dari rambut kusam ini hanya satu, yaitu seringnya terpapar sinar terik matahari tanpa ada perlindungan yang optimal. Oleh karena itu, jika Anda sering berpergian dan hampir setiap hari terpapar sinar matahari, sebaiknya rutin juga masker rambut atau gunakan minyak rambut untuk melindunginya.

Comments are closed.