Cara Kerja di Australia dan Pilihan Visanya

Lifestyle & LeisureTravel

Liburan sambil kerja di Australia? Tentu bisa. Gunakan visa yang tepat dan temukan pekerjaan yang sesuai minat dan bakat. Rasakan pengalaman berkeliling Australia dan bercengkrama dengan warga lokalnya.

Pernah terbayang berlibur ke Negeri Kanguru sembari menghasilan pundi uang? Itu bukan hanya khayalan semata karena Anda bisa mewujudkannya. Ya, Australia adalah salah satu negara benua yang membolehkan turis asingnya mengais rejeki disana. Tapi, biasanya lowongan yang dibuka hanya di sektor tertentu seperti pariwisata, peternakan dan pertanian.

Setiap tahunnya ada ribuan pekerja asing yang kerja di Australia dengan visa liburan. Anda pun bisa melakukan hal serupa. Tapi, ada sejumlah persyaratan yang mesti dipenuhi jika ingin berlibur dan bekerja di negeri kangguru.

Baca juga: Bermimpi Kerja di Jepang? Ini Kemampuan yang Wajib Dikuasai

Tips dan Cara Kerja di Australia

Gunakan Program Dukungan Liburan-Kerja

cara kerja di Australia

Jika tak ingin menjadi pekerja sepenuhnya, alias ingin menikmati lebih dulu panorama dan kekayaan alam Australia Anda bisa memanfaatkan program dukungan liburan-kerja. Penyedia program kerja, seperti The Global Work & Travel Co., Work N Holiday dan Alliance Abroad, memberikan peluang kerja yang terjamin bagi para turis yang bekerja selama masa tinggal mereka.

Program ini mungkin termasuk penjemputan di bandara, pendampingan hingga menguasai pekerjaan, dan kegiatan sosial. Mereka juga dapat membantu Anda mencari tempat tinggial, memberikan pelatihan dan bahkan membantu Anda mengatur rekening bank dan Nomor File Pajak (TFN) Anda.

Berkeliling Bar dan Restoran

Jika berniat mencari pekerjaan di Australia, sebaiknya Anda sudah membekali diri dengan beberapa keterampilan, khususnya yang berkaitan dengan industri pariwisata atau perhotelan. Berjalan-jalanya di sekitr bar dan restoran, biasanya mereka membutuhkan banyak bartender atau pelayan. Tapi ingat ya jika Anda ingin bekerja sebagai bartender, Anda wajib telah menyelesaikan pelatihan Layanan Alkohol yang Bertanggung Jawab (RSA) dan menerima Sertifikat RSA.

Mengunjungi hostel, hotel, toko, dan restoran mungkin menghabiskan banyak waktu, tetapi juga bermanfaat ketika Anda mengobrol dengan penduduk setempat, bertemu wisatawan lain, dan menyesuaikan diri dengan gaya hidup Australia.

Sebelum terbang ke Negeri Kanguru untuk libura sembari bekerja, tidak ada salahnya untuk mencari pekerjaan di Austalia selagi masih di Indonesia. Setelah betul-betul dapat upayakan untuk bertemu muka dengan mereka sesampainya Anda disana, sebagai penegasan bahwa pemberi kerja telah memberikan jaminan Anda mendapatkan pekerjaan.

Baca juga: Traveling ke Negara Bebas Visa Untuk WNI

Mencari Pekerjaan Secara Online

Ada beberapa alat canggih – daring dan lainnya – yang dapat membantu Anda mencari pekerjaan. Beberapa situs seperti Seek, Indeed, Jora dan Career One biasanya menyediakan informasi mengenai lowongan kerja yang bisa dilakukan sembari berlibur, atau cobalah buka the Backpacker Job Board yang mencantumkan pekerjaan khusus untuk backpacker.

Penggunaan aplikasi ini lebih memudahkan kita mencari kerja di negeri persemakmuran satu ini, karena biasanya job desk nya sangat spesifik. Sehingga pelamar tidak mesti menerka-nerka bagaimana sistem dan cara kerjanya nanti. Banyak perusahaan mencari pekerja dengan pelamar yang menggunakan visa libuar-kerja. Administasi dan perhotelan adalah dua bidang yang sering mencari pelamar bervisa liburan-kerja.

Cobalah asah kemampuan Anda di bidang administrasi, resepsionis, pelayan restoran, penyedia penitipan anak, kru kapal, pekerja pertanian, peternakan pekerja ritel atau pekerja hotel. Jangan lupa bahwa beberapa pekerjaan Australia, seperti yang ada di pertanian, mungkin bersifat musiman dan hanya tersedia untuk beberapa bulan saja. Kunjungi situs web Harvest Trail untuk perincian tentang jenis-jenis pekerjaan itu.

Sebagian besar pekerjaan menerima aplikasi online, tetapi sebelum Anda melamar, penting untuk memiliki Curriculum Vitae (CV) . CV (juga dikenal sebagai resume) adalah dokumen yang menunjukkan kualifikasi Anda, pengalaman kerja sebelumnya dan pendidikan sebelumnya.

Mendaftar ke Agen Perekrutan Kerja

Jika Anda bingung ingin bekerja apa nanti selepas sampai di Australian, atau merasa sulit mencari pekerjaan, ada baiknya mendaftar saja ke agen perekrutan kerja. Mereka akan membantu Anda mencari pekerjaan yang berhubungan dengan keahlian Anda. Membantu membuat CV dan mengajukan lamaran.

Agen perekrutan kemungkinan akan membutuhkan CV Anda, jadi tuliskan CV Anda sebelumnya atau minta saran agen untuk menulis CV Anda. Meskipun agen perekrutan yang Anda pilih mungkin melamar pekerjaan untuk Anda, wawancara biasanya dilakukan sebelum pekerjaan ditawarkan, jadi pastikan untuk belajar skill interview yang baik ya.

Baca juga: Cara Mudah Mencari Lowongan Pekerjaan, Pernah Coba?

Jadilah yang terbaik di setiap wawancara dengan berpakaian profesional, mencetak CV Anda, memberikan jawaban terperinci untuk setiap pertanyaan dan tiba lebih awal atau tepat waktu. Tentunya gasak dulu kemampuan bahasa Inggris agar dapat berkomunikasi dengan baik.

Pantau Harvest Trail

cara kerja di Australia

Biasanya sektor pariwisata dan perhotelan sudah banyak jadi target para pengguna visa liburan-kerja. Karena itu bagi Anda yang merasa lemah dalam beberapa keterampilan, namun masih bisa menggunakan kekuatan fisiknya disarankan untuk memantau lowongan dibidang pertanian dan pertenakan saja. Meski biasanya pekerjaan dibidang ini datangnya musiman, tapi setidaknya Anda tetap punya pengalaman bekerja di sana

Pemerintah Australia juga telah menyusun Panduan Panen bagi para pelancong yang ingin membantu memetik, memanen, dan mengumpulkan hasil bumi di kota-kota pertanian pedesaan Australia. Karena musim panen berbeda di seluruh negeri, Anda akan memiliki kesempatan untuk bepergian ke berbagai wilayah saat Anda berpindah dari kota ke kota. Apakah Anda ingin membantu memetik anggur di Adelaide Hills?  memotong bunga di Sydney atau mengumpulkan nanas di Sunshine Coast? ada pekerjaan sepanjang tahun di Australia di Harvest Trail.

Ragam Pilihan Visa untuk Kerja di Australia

cara kerja di Australia

Seperti negara lain pada umumnya, Australia juga punya aturan ketat tentang bagaimana warga negara asing dapat bekerja disana. Salah satu syarat utama adalah visa. Ada beberapa jenis visa yang di negeri Kanguru tersebut, berikut diantaranya:

  • Temporary Work (Skilled) Visa (482)

Visa ini memungkinkan Anda mendapatkan sponsor dari perusahaan di Australia sesuai dengan keterampilan yang Anda kuasai dan mereka butuhkan. Pemegang visa ini tak memberlakukan batas waktu, namun perusahaan diperbolehkan memperkerjakan Anda hingga 4 tahun.

  • Employer Nomination Scheme Visa 186

Visa ini dapat digunakan bagi Anda yang ingin bekerja permanen di Australia. Jika Anda berada di Australia, Anda harus memegang visa substantive atau visa bridging A,B, atau C. Dan ada 3 macam jenis visa di dalam visa ini, diantaranya: Temporary Resident, Direct Entry Stream, dan Agreement Stream.

  • Regional Sponsored Migration Scheme (subclass 187)

Visa ini memungkinkan Anda bekerja full time di berbagai industri. Namun visa ini bisa Anda dapatkan hanya apabila, pengusaha yang mempekerjakan terbukti tidak mendapatkan pekerja lokal untuk mengisi posisi di perusahaan tersebut. Adapun beberapa jenis visa yang meliputi visa ini,  diantaranya Temporary Residence Transition Stream dan Direct Entry Stream.

Comments are closed.