Cara Mudah Mendapatkan NIK KTP Elektronik Tanpa Surat Pengantar

Lifestyle & Leisure

Setiap wrga negara diwajibkan memiliki NIK KTP yang akan berlaku seumur hidup. Namun, rumornya kini untuk mendapatkan itu tidak sesulit dulu, lho. Kalau begitu, Apa saja syarat yang harus disiapkan untuk membuatnya? 

Sebagai warga negara Indonesia, tentu masing-masing kartu identitas. Salah satu kartu identitas yang utama adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP). Hingga saat ini, pemerintah telah memfasilitasi untuk pembuatan e-KTP. Apakah Anda sudah mengetahui dengan jelas apa itu e-KTP?

e-KTP atau KTP Elektronik adalah dokumen kependudukan yang memuat sistem keamanan atau pengendalian baik dari sisi administrasi ataupun teknologi informasi dengan berbasis pada database kependudukan nasional.

Berdasarkan Pasal 13 UU No. 23 Tahun 2006 tentang Adminduk, setiap penduduk hanya diperbolehkan memiliki 1 (satu) KTP yang tercantum Nomor Induk Kependudukan (NIK). NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup. Nomor induk kependudukan yang ada di e-KTP nantinya akan dijadikan dasar dalam penerbitan Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Polis Asuransi, Sertifikat atas Hak Tanah, dan penerbitan dokumen identitas lainnya.

Autentikasi Kartu Identitas (e-ID) biasanya menggunakan biometrik yaitu verifikasi dan validasi sistem melalui pengenalan karakteristik fisik atau tingkah laku manusia. Ada banyak jenis pengamanan dengan cara ini, antara lain sidik jari (fingerprint), retina mata, DNA, bentuk wajah, dan bentuk gigi. Pada e-KTP, yang digunakan adalah sidik jari.

Penggunaan sidik jari e-KTP lebih canggih dari yang selama ini telah diterapkan untuk SIM (Surat Izin Mengemudi). Sidik jari tidak sekedar dicetak dalam bentuk gambar (format jpeg) seperti di SIM, tetapi juga dapat dikenali melalui chip yang terpasang di kartu. Data yang disimpan di kartu tersebut telah dienkripsi dengan algoritma kriptografi tertentu.

Baca juga: Surat Keterangan Domisili, Surat Sakti Pengganti Sementara KTP

Infomasi NIK KTP 

Setiap penduduk, hanya boleh memiliki 1 KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang di dalamnya tercantum beberapa informasi. Salah satunya NIK KTP yang setiap orang pasti berbeda-beda dan berlaku seumur hidup. Semua masyarakat Indonesia sudah digiring untuk memiliki elektronik KTP meskipun belum semuanya menerima. Pasalnya, elektronik KTP ini memiliki banyak keunggulan, selain NIK KTP ada juga chip yang berisikan 10 sidik jari di mana chip tersebut dipasang di e-KTP tersebut sehingga kemungkinan untuk dipalsukan sangat sedikit.

Selain NIK, berikut ini informasi yang akan ada di dalam KTP Elektronik:

  1. Nama
  2. Tempat/Tgl Lahir
  3. Jenis Kelamin
  4. Alamat (RT/RW, Kel/Desa, Kecamatan)
  5. Agama
  6. Status Pekerjaan
  7. Kewarganegaraan
  8. Berlaku Hingga
  9. Foto
  10. Tanda Tangan
  11. NIK

Baca juga: NPWP Online: Pengertian, Fungsi, dan Cara Membuatnya!

Syarat Membuat KTP Elektronik 

Dulu, untuk memiliki eletronik KTP sangat sulit, tetapi setelah munculnya peraturan Presiden (Perpres) Nomor 96 Tahun 2018 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil bisa menjadi kabar baik bagi masyarakat. Kini, membuat Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) tidak perlu lagi menyertakan keterangan RT/RW dan Kepala Desa/Lurah. Anda bisa langsung mengurusnya dengan mendatangi kantor Disdukcapil Kabupaten/Kota. Kalau begitu, apa saja ya kira-kira persyaratan membuat eletronik KTP setelah keluarnya peraturan Presiden tersebut?

  1. Syarat membuat e-KTP baru bagi Warga Negara Indonesia (WNI):
  • Telah berusia 17 tahun, sudah kawin atau pernah kawin.
  • Fotokopi Kartu Keluarga. Jadi pada dasarnya cukup membawa fotokopi Kartu Keluarga saja untuk membuat e-KTP baru.

Kini peryaratan untuk mendapatkan NIK KTP elektronik hanya dua poin di atas. Padahal peraturan sebelumnya, yakni (1) Telah berusia 17 tahun, sudah kawin atau pernah kawin; (2) Surat pengantar RT/RW dan Kepala desa atau Lurah; (3) Fotokopi Kartu Keluarga, Kutipan akta nikah/akta kawin bagi penduduk yang belum berusia 17 tahun, kutipan akta lahir; (4) Surat keterangan datang dari luar negeri yang diterbitkan instansi pelaksana bagi WNI yang datang dari luar negeri karena pindah.

  1. Syarat penerbitan e-KTP baru bagi orang asing yang punya izin tetap:
  • Telah berusia 17 tahun, sudah kawin atau pernah kawin.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Dokumen perjalanan.
  • Kartu izin tinggal tetap.
  1. Syarat penerbitan e-KTP bagi WNI yang pindah dari satu daerah ke daerah lain:
  • Surat keterangan pindah dari Disdukcapil atau UPT (Unit Pelaksana Teknis) Disdukcapil Kabupaten/Kota daerah asal.
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  1. Syarat penerbitan e-KTP bagi WNI yang datang dari luar negeri:
  • Surat keterangan pindah dari perwakilan Indonesia.
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  1. Syarat penerbitan e-KTP bagi orang asing yang punya izin tinggal tetap di Indonesia harus mencantumkan surat keterangan pindah
  2. Syarat penerbitan e-KTP akibat perubahan data, baik untuk WNI maupun Warga Negara Asing (WNA) yang punya izin tinggal tetap:
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • e-KTP lama.
  • Kartu izin tinggal tetap.
  • Surat keterangan/bukti perubahan data.
  1. Syarat penerbitan e-KTP karena perpanjangan bagi orang asing yang punya izin tinggal tetap:
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • e-KTP lama.
  • Dokumen perjalanan.
  • Kartu izin tinggal tetap.
  1. Syarat penerbitan e-KTP karena hilang atau rusak bagi WNI maupun WNA:
  • Surat keterangan hilang dari kepolisian.
  • e-KTP yang rusak.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.
  • Dokumen perjalanan RI atau dokumen perjalanan.
  • Kartu izin tinggal tetap.
  1. Proses perekaman dan penerbitan e-KTP baru oleh Disdukcapil Kabupaten/Kota di luar domisili dapat dilakukan dengan syarat:
  • Tidak melakukan perubahan data penduduk.
  • Fotokopi Kartu Keluarga.

Jika dilihat dari peryaratan tersebut, tentu sudah semakin mudah sekali untuk Anda bisa mendapatkan NIK KTP elektronik. Namun, jangan hanya membuatnya saja, tetapi Anda juga harus mengatahui manfaat, dan juga pentingnya dari KTP elektronik. Berikut ini ulasannya.

Manfaat KTP Elektronik

KTP Elektronik memiliki manfaat yang jauh lebih banyak dibandingkan konvensional. Berikut ini penjabarannya manfaat e-KTP:

  1. Identitas jati diri tunggal.
  2. Tidak dapat dipalsukan.
  3. Tidak dapat digandakan.
  4. Dapat dipakai sebagai kartu suara dalam pemilu atau pilkada.
  5. Menghindari pajak.
  6. Memudahkan pembuatan paspor yang tidak dapat dibuat di seluruh kota.
  7. Mengamankan korupsi.
  8. Menyembunyikan identitas (misalnya oleh para teroris).

Baca juga: Berikut Proses dan Cara Membuat SKCK

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Pentinya Memiliki KTP Elektronik

Memiliki KTP elektronik adalah hal yang sangat penting agar anak Anda terdaftar kependudukannya di Indonesia. Selain itu, dengan adanya KTP elektronik, Anda dapat dengan lebih mudah mengurus dokumen lainnya seperti kartu SIM (Surat Izin Mengemudi) dan paspor. KTP juga merupakan salah satu dari persyaratan beberapa fasilitas keuangan, pemilu dan lainnya.

Comments are closed.