Mendapatkan kenaikan gaji merupakan harapan dari semua karyawan, terlebih lagi jika sudah banyak kontribusi yang dilakukan.

Jika Anda merasa sudah bekerja keras selama bertahun-tahun dan memberikan banyak kontribusi pada perusahaan, tidak ada salahnya jika Anda meminta kenaikan gaji. Ya, Anda mungkin merasa telah memberikan segala sesuatu yang Anda punya untuk perusahaan. Baik waktu, tenaga, dan pikiran sudah dikorbankan untuk kepentingan pekerjaan. Namun, seringkali perusahaan seperti melupakan dan tidak begitu menganggap pengorbanan yang sudah Anda lakukan.

Pasalnya, perusahaan juga seringkali kurang memperhatikan kesejahteraan atau gaji karyawanya. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk bertemu dan bicara pada atasan untuk meminta kenaikan gaji. Sekalipun tidak mudah, hal ini sangat penting bagi kesejahteraan Anda sehingga sangat pantas untuk diperjuangkan.

Akan tetapi, Anda mungkin akan merasa ragu-ragu ketika harus bicara pada atasan soal kenaikan gaji. Anda merasa khawatir jika usaha tersebut akan sia-sia dan justru mendapatkan jawaban yang tidak menyenangkan. Bisa juga karena Anda merasa tidak punya kemampuan negosiasi yang cukup sehingga merasa tidak percaya diri. Solusinya, simaklah uraian di bawah ini tentang beberapa hal penting yang harus diperhatikan dan cara meminta kenaikan gaji, di antaranya sebagai berikut.

SEMUA DAPAT DISKON! Saat sakit, keuangan Anda akan tetap stabil tanpa pusing mikirin biaya rumah sakit. Beli asuransi kesehatan terbaik di Futuready.com Gunakan kode promo SEHAT010 dan langsung dapat DISKON 10%!

kenaikan gaji

Percaya Diri

Jika Anda merasa berhak untuk mendapat kenaikan gaji dan ingin meminta kenaikan gaji, maka fokuslah pada keinginan tersebut. Usahakan untuk tetap percaya diri, yakin, dan optimis dengan apa yang Anda lakukan. Pasalnya, rasa percaya diri merupakan modal awal untuk menjalankan negosiasi dengan atasan.

Persiapkan Data

Selain rasa percaya diri yang harus Anda milki, data-data tentang pencapaian Anda juga perlu dipersiapkan. Hal ini dikarenakan data inilah yang akan menjadi bukti konkret ketika Anda meminta kenaikan gaji. Buatlah daftar tentang pencapaian apa saja yang sudah Anda lakukan untuk perusahaan dan tunjukkan bahwa Anda memang pantas untuk mendapatkan reward.

Riset

Sebelum meminta kenaikan gaji, Anda perlu melakukan riset perihal standar gaji di perusahaan tempat Anda bekerja. Pada dasarnya, beberapa perusahaan besar akan menerapkan gaji berdasar pada beberapa faktor misalnya latar belakang pendidikan, lama bekerja, dan prestasi atau pencapaian. Anda pun dapat melakukan riset dengan bertanya pada teman yang punya posisi yang sama.

Kenali Atasan

Penting bagi Anda untuk mengetahui dan mengenali karakter serta sifat atasan. Hal ini akan sangat menguntungkan ketika Anda ingin meminta kenaikan gaji. Usahakan untuk menemukan waktu yang tepat saat Anda ingin meminta kenaikan gaji pada atasan dan perusahaan.

Pastikan yang Anda Ingin

Pastikan Anda benar-benar mengetahui apa saja yang Anda inginkan. Seperti berapa persen kenaikan gaji yang Anda inginkan. Lalu, lakukan negosiasi dengan dasar nilai yang sudah Anda tetapkan tersebut. Lakukan pula langkah antisipasi ketika ternyata perusahaan tidak menyetujui keinginan Anda. Buatlah antisipasi seperti kemungkinan tunjangan, bonus, atau kenaikan jabatan.

Apa yang Tidak Boleh Dilakukan

Ketika meminta kenaikan gaji, ingatlah bahwa ada hal-hal penting yang tidak boleh Anda lakukan. Misalnya, Anda tetap harus menjaga emosi saat melakukan negosiasi. Jangan sampai Anda terlihat marah atau menampakkan emosi negatif ketika berbicara dengan atasan. Pasalnya, hal tersebut akan memberikan kesan bahwa Anda tidak dewasa.

Selain itu, jangan sekali-kali membandingkan gaji dengan rekan kerja Anda. Apalagi jika hal tersebut menjadi alasan atau latar belakang dari langkah yang Anda ambil. Satu hal yang terpenting, jangan pernah mengancam untuk berhenti atau mengundurkan diri jika permintaan gaji Anda tidak disetujui.

Baca Juga: 5 Tanda Anda Menginginkan Resign dari Kantor

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *