Kalau Ingin Cepat Kaya Lakukan 11 Hal Ini!

Lifestyle & Leisure

Banyak yang bisa Anda lakukan jika ingin cepat kaya. Selain berusaha dan berdoa, ada beberapa hal yang nyatanya tidak boleh dilakukan.

Memiliki uang yang banyak atau dalam kata lain menjadi kaya adalah impian semua orang. Tentunya semua hal yang ingin Anda lakukan bisa tercapai dengan finansial yang memang sangat memadai. Namun, untuk mencapai hal itu, tidak semudah yang Anda bayangkan. Kecuali jika Anda mendapatkan warisan atau memang sudah keturunan dari konglomerat. Pasti tanpa adanya perjuangan apa pun, Anda bisa mendapatkannya. Lain hal jika Anda dari keluarga yang sederhana dan memang berniat ingin memperbaiki keadaan. Butuh perjuangan dan hal-hal posiitf yang harus Anda lakukan. Pasalnya, jika semua itu didapatkan dengan instan, tentunya semua itu akan cepat hilang juga. Oleh karena itu, berikut ini beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan jika ingin kaya:

Lakukan Ini Agar Cepat Kaya

1. Jangan Berutang

Seburuk apa pun finansial Anda, usahakan untuk menjauhi yang namanya berutang. Apalagi berutang kepada renternir dengan bunga utang yang fantastis. Jika finansial Anda memang hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan primer saja, jangan pernah mengharapkan untuk membeli atau menginginkan sesuatu yang lebih. Harusnya Anda bersyukur karena semua kebutuhan primer seperti makanan, trasnportasi, dan lainnya masih bisa terpenuhi.

2. Jangan Memaksakan untuk Menabung

Menabung memang merupakan kegiatan yang positif, tetapi jika Anda memiliki pemasukan yang terbilang cukup, sebaiknya jangan terlalu memaksakan untuk menabung. Biasanya orang yang menabung itu ketika finansialnya di atas rata-rata. Sebagian besar uangnya untuk ditabung dan sisanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Pada dasarnya menabung tidak memiliki minimal nominal. Anda bisa berapa pun menyisihkan uang untuk ditabung jika memang ingin sekali memiliki tabungan. Tetapi ingat, jangan terlalu memaksakan jika tidak ada karena bisa saja menjadi bumerang untuk hidup Anda.

3. Memiliki Rencana Keuangan

Seberapa pun pemasukan yang didapatkan, harusnya Anda memiliki rencana keuangan yang matang setiap bulannya. Catat apa saja yang Anda butuhkan dan memang harus dibeli pada bulan ini. Ingat ya, memiliki rencana keuangan yang matang, tentunya membuat hidup Anda jauh lebih tentram dan aman. Usahakan jangan memasukkan hal-hal lain yang memang tidak terlalu penting.

4. Jangan Foya-Foya

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah berfoya-foya seakan-akan Anda tidak memilikirkan kehidupan yang lain. Apalagi jika baru gajian, keinginan untuk membeli berbagai macam barang spontan meningkat. Tentunya ini yang sangat membahayakan diri Anda. Misalnya, sering makan di restoran mewah atau berbelanja barang-barang bermerek. Duh, jika Anda ingin kaya, usahakan hal ini jangan pernah dilakukan.

5. Catat Pengeluaran

Selain membuat perencanaan keuangan, Anda juga perlu mencatat pengeluaran. Dari situ Anda bisa melihat apa saja yang sudah Anda beli. Jika terlihat ada barang-barang seharusnya tidak perlu dibeli, tentunya itu menjadi pembelajaran supaya bulan depan tidak perlu lagi terulang. Selain itu, dengan memiliki catatan pengeluaran, Anda bisa mengetahui pegeluaran apa saja yang sudah Anda lakukan.

6. Bangun Hubungan dengan Orang Sukses

Membangun hubungan dengan orang sukses adalah hal yang harus dilakukan jika Anda ingin kaya. Maksudnya, jika Anda sukses sudah pasti cepat kaya. Sebab, cara ini Anda bisa mendapatkan pencerahan apa yang harus dilakukan untuk menjadi cepat kaya. Selain itu, Anda pun bisa ikut termotivasi untuk meraih kesuksesan jika berada di sekeliling orang-orang sukses.

7. Simpan Penghasilan Anda untuk Investasi

Pakar keuangan pribadi Ramit Sethi menulis dalam “Aku Akan Mengajarimu Menjadi Kaya” bahwa, rata-rata, jutawan berinvestasi 20 persen dari pendapatan rumah tangga mereka setiap tahun. Kekayaan mereka tidak diukur dengan jumlah yang mereka hasilkan setiap tahun, tetapi dengan seberapa mereka telah menabung dan berinvestasi dari waktu ke waktu.

8. Keluar dari Zona Nyaman

Sudah waktunya Anda keluar dari zona nyaman, termasuk menegosiasikan gaji Anda. Ini adalah salah satu cara paling sederhana untuk meningkatkan potensi penghasilan Anda. Tentu saja ini tidak mudah, namun Anda tetap harus mencoba.

9. Buka Peluang Baru

Uang bukan tiba-tiba datang tanpa adanya usaha. Oleh karena itu, sebagai manusia tentu harus menjemput rezeki tersebut dengan melakukan sebuah usaha dan kerja keras.

Bagi Anda yang ingin cepat kaya, mulailah bekerja atau membuka peluang usaha kecil-kecilan. Dengan usaha ini Anda bisa cepat mendapatkan keuntungan sehingga uang bisa segera terkumpul. Hindari rasa malas atau buang jauh-jauh karena bisa saja akan menghambat rezeki. Lakukan dengan giat dan tetap fokus pada pekerjaan dan usaha yang sedang dijalani.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

10. Berani Ambil Risiko

Seorang yang muda harus berani mengambil risiko. Katakanlah Anda berinvestasi, Anda harus memiliki keberanian yang tinggi. Atau berani ambil risiko berhenti bekerja untuk bisnis. Atau kesempatan lainnya, perlu Anda pikirkan dengan matang dan berani mengambil risiko.

11. Bersedekah

Beberapa masih meragukan kalau dengan bersedekah dapat bikin seorang jadi kaya. Mereka tambah berpikir bila bersedekah cuma bakal mengurangi harta mereka. Walau sebenarnya sebaliknya, untuk orang yang betul-betul menyadarinya, mereka bakal tahu kalau bersedekah bakal jadikan kaya. Kaya di sini tidak hanya mengacu pada kekayaan secara materi, tetapi juga kekayaan secara batin.

Itulah beberapa tip yang bisa Anda lakukan untuk mengubah hidup menjadi lebih kaya. Ingat ya, kekayaan itu bukan datang secara tiba-tiba. Mungkin ada yang datang secara tiba-tiba tetapi akan cepat juga hilangnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk Anda berusaha semaksimal mungkin agar hasil yang ingin dicapai juga menjadi sangat maksimal.

Comments are closed.