Coworking Space, Tempatnya Orang Sukses Dalam Dunia Kerja!

Lifestyle & Leisure

Coworking space merupakan salah satu jalan keluar yang tepat bagi Anda yang ingin mengembangkan bisnis dengan mudah dan cepat.

Coworking space mulai menjamur di tanah air. Keberadaannya memberikan manfaat sangat besar untuk pelaku bisnis atau karyawan. Terutama untuk meningkatkan mutu kinerja di dalam sebuah perusahaan.

Kinerja yang maksimal membuat harapan untuk sukses semakin besar. Ini bisa ditunjukkan dengan perkembangan bisnis yang terus meningkat di tiap tahunnya. Makanya, banyak perusahaan yang mulai meliriknya.

Anda yang merupakan seorang pebisnis bisa memaksimalkannya. Pengoptimalannya akan berdampak bagus untuk bisnis. Tentunya dengan memperhatikan tujuan yang ingin dicapai.

Apa yang Dimaksud dengan Coworking Space?

Pelaku bisnis lama tentunya tidak asing dengan istilah tersebut. Tetapi bagaimana dengan pebisnis baru? Tampaknya, istilah ini masih belum dimengerti secara utuh. Alasannya adalah istilah tersebut baru berkembang beberapa tahun belakangan.

Coworking space diambil dari kata berbahasa Inggris. Kata tersebut diartikan sebagai ruangan sebagai tempat bekerja. Bukankah sama saja dengan ruangan lain?

Sekilas memang sama. Tetapi makna sebenarnya berbeda. Istilah ini merujuk pada sebuah ruangan di mana banyak orang dengan latar belakang perusahaan berbeda melakukan pekerjaannya di ruangan yang sama.

Bisa dikatakan jika ruangan ini adalah ruangan sharing atau berbagi. Ruangan ini akan diisi oleh beberapa komunitas atau individu yang sedang melakukan pekerjaannya. Dan ruangan ini bisa digunakan dengan model sewa.

Baca juga: Payroll: Pentingkah Layanan Ini Bagi Perusahaan?

Mengapa Orang-orang Menggunakan Coworking Space?

Ruangan terbuka ini disediakan oleh perusahaan khusus untuk memfasilitasi perusahaan lain yang membutuhkan tempat bekerja. Ruangan ini bisa diisi oleh komunitas perusahaan tertentu. Dan para karyawan bisa menikmati suasana bekerja yang berbeda ketimbang di ruang lain.

Ada beberapa alasan yang membuat perusahaan rela mengeluarkan biaya besar untuk menyewa ruang sharing tersebut. Di antaranya adalah sebagai berikut:

Menciptakan Lingkungan Kerja yang Produktif

Dalam dunia kerja, seseorang dituntut untuk cerdas dalam bekerja. Seseorang diminta untuk mempertanggung jawabkan segala sesuatu yang dibebankan padanya. Makanya, para pekerja harus serius dalam menjalankannya.

Rasa malas akan membuat waktu bekerjanya sia-sia. Pekerjaan akan menumpuk dan kondisi ini bisa memaksa karyawan untuk lembur demi menyelesaikan pekerjaannya.

Situasi seperti ini biasanya terjadi di perkantoran pada umumnya. Tapi jika berada di coworking space, suasananya akan jauh berbeda. Pasalnya, satu komunitas karyawan perusahaan berada di tempat yang sama untuk menjalankan tanggung jawabnya.

Dari sini, timbul sebuah persaingan untuk menyelesaikan tugasnya dengan efisien. Rasa malas pun akan hilang lantaran termotivasi dengan rekan kerja lain yang bekerja dengan baik di sebelahnya. Ini berarti bahwa kinerja keseluruhan karyawan akan maksimal.

Baca juga: Melihat Pentingnya Manajemen Keuangan untuk Perusahaan

Membuka Peluang untuk Memperluas Relasi

Perlu digarisbawahi bahwa istilah ini mengacu pada ruangan terbuka untuk dimanfaatkan seluruh karyawan. Ini memungkinkan karyawan lain untuk terus bertemu. Bahkan bisa menjalin pertemanan dengan baik.

Biasanya, karyawan yang bekerja di ruangan tersebut adalah orang-orang kreatif. Timbulnya pertemanan antara karyawan memungkinkan seseorang untuk menjalin kerja sama yang baik. Bila dimanfaatkan dengan baik, relasi antara keduanya bisa berujung pada perkembangan bisnis di masa depan.

Membantu Upaya Pengembangan Bisnis

Bicara mengenai ruangan sharing ini, tentunya ini menjadi keputusan tepat bagi perusahaan. Menyewa tempat khusus ini bisa membantu dalam pengembangan bisnisnya. Terutama untuk menjaga keseimbangan keuangan.

Betapa tidak, perusahaan yang memiliki karyawan sampai ribuan tentu membutuhkan tempat untuk bekerja. Membuatnya akan memakan biaya sangat besar. Itu pun membutuhkan waktu yang cukup lama.

Begitupun kalau menyewa gedung. Perusahaan butuh biaya tak sedikit. Salah perhitungan akan menyebabkan keuangan perusahaan tidak stabil.

Beruntungnya, coworking space ini mulai banyak disediakan. Kemunculannya menjadi solusi untuk melakukan penghematan biaya. Perusahaan bisa mengatur keuangan perusahaan dengan lebih baik sehingga pengembangan bisnisnya berjalan lancar.

Orang-orang yang Memanfaatkan Coworking Space

Tidak diragukan lagi jika keberadaan tempat tersebut menjadi solusi bagi sebuah perusahaan dalam menempatkan karyawannya. Karyawan ditempatkan di ruangan tersebut untuk menciptakan persaingan kerja yang sehat. Dan perusahaan bisa melakukan penghematan biaya yang nantinya biaya bisa digunakan untuk memperluas bisnis.

Orang-orang yang memanfaatkan ruangan ini masih terbatas. Di antaranya adalah orang-orang yang menjalankan bisnis UMKM serta freelancer professional. Orang-orang ini menganggap ruangan ini sebagai ruangan terbaik untuk membangun awal bisnisnya.

Jika dijelaskan secara singkat, keberadaan ruangan ini membuka peluang bagi pelaku bisnis yang belum memiliki tempat sendiri untuk bekerja. Pelaku bisnis biasanya baru merintis. Dan pemilik bisnis biasanya belum punya gedung sendiri untuk dijadikan sebagai tempat bekerja.

Dengan adanya coworking space, pebisnis setidaknya memiliki gedung sementara sebagai tempat bekerja. Ruangan ini menjadi kantor sementara untuk karyawannya. Ketika bisnisnya terus berkembang, pebisnis bisa dengan mudah untuk membangun gedung sendiri dari hasil keuntungan bekerja.

Baca juga: Yuk Kupas Tuntas Keseruan Unicorn Startup

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Walaupun dikatakan seperti itu, perusahaan besar juga memaksimalkan keberadaannya. Perusahaan besar juga memperhatikan keseimbangan keuangannya. Perusahaan tidak mau salah langkah dengan menginvestasikan uangnya dalam bentuk gedung secepatnya.

Sambil menunggu pembangunan gedung baru, karyawan yang diterima dalam jumlah banyak akan ditempatkan di ruangan tersebut. Ini menjadi pilihan terbaik untuk saat itu. Dan biasanya perusahaan berharap supaya karyawannya bekerja maksimal di tempat tersebut.

Selain sebagai tempat bekerja, perusahaan konvensional juga memanfaatkannya untuk keperluan lain. Perusahaan maju biasanya memaksimalkannya sebagai tempat untuk diskusi. Malahan ada juga yang memanfaatkannya sebagai tempat untuk menjalin kerja sama bisnis dengan perusahaan lainnya.

Baik perusahaan maupun karyawan, ruangan sharing untuk bekerja ini sangatlah bermanfaat. Selain menghadirkan suasana kerja yang produktif, ruangan ini juga menjadi tempat bertemunya karyawan-karyawan berprestasi. Makanya, tidak salah jika pelaku bisnis membutuhkan coworking space.

Comments are closed.