Crazy Rich Indonesia: Total Kekayaannya Fantastik

Lifestyle & Leisure

Kemegahan dan kemewahan yang ditampilkan seorang crazy rich Indonesia selalu menarik perhatian. Lalu, siapa saja yang termasuk ke dalam kelompok crazy rich?

Anda sudah tidak asing lagi dengan istilah crazy rich Indonesia bukan? Belakangan ini istilah tersebut sering sekali muncul dan disangkut pautkan dengan suatu hal yang megah dan mewah. Contohnya saja, pernikahan mewah anak dari seorang pengusaha asal Surabaya dan berbagai contoh lainnya.

Crazy rich merupakan seperkumpulan orang-orang yang memiliki kekayaan berlimpah bahkan masuk ke dalam orang terkaya di Indonesia dan hampir semuanya adalah deretan pengusaha sukses. Baik itu perusahaan turunan atau jerih payahnya sendiri. Nah, agar Anda tidak penasaran lagi dengan sosok crazy rich Indonesia, berikut ini daftar selengkapnya.

Baca juga: Ingin Cepat Kaya? Ini Caranya Versi Bob Sadino

Daftar Crazy Rich Indonesia

Crazy Rich Indonesia Ciliandra Fangiono

Ciliandra masuk jajaran crazy rich yang termuda di antara lainnya. Ia baru berumur 42 tahun. CEO First Resources Ltd ini memiliki harta USD1,2 miliar. Jika dirupiahkan, kekayaan Ciliandra mencapai Rp17,4 triliun (USD1 = Rp14.500). Ciliandra masuk ke bisnis perkebunan di Indonesia melalui First Resources yang listing di Singapura. Sebelumnya, Ciliandra bekerja di Merrill Lynch’s yang merupakan investment banking. Ciliandra berada pada peringkat 28 orang terkaya se-Indonesia.

Crazy Rich Indonesia Danny Nugroho

Danny Nugroho masuk menjadi salah satu orang terkaya di Indonesia setelah harga sahamnya pada perusahaan keuangan dan asuransi Capital Finance Indonesia melonjak hampir dua kali lipat. Ia baru berusia 43 tahun. Danny Nugroho memiliki kekayaan mencapai USD790 miliar atau Rp11,4 triliun.

Danny Nugroho merupakan pemegang saham pengendali di PT Bank Capital Indonesia. Sekaligus juga pemegang saham utama di PT Capital Finance Indonesia Tbk.

Crazy Rich Indonesia Arini Subianto

Melanjutkan bisnis keluarga di sektor perkebunan sawit dan pertambangan batu bara, Arini Subianto menduduki kursi tertinggi perusahaan sejak 2017 lalu. Pasca kepergian sang ayah, Benny Subianto, yang tercatat sebagai komisaris Adaro Energy dan mantan Presiden Direktur Astra Agro dan United Tractors.

Ia sangat mencintai buku, dan mendirikan toko buku Aksara yang bisa dijumpai di mal-mal Jakarta. Saat ini, Arini menjadi bos di beberapa perusahaan sekaligus yakni Persada Capital Investama, PT Tri Nur Cakrawala, dan PT Pandu Alam Persada. Arini baru berusia 47 tahun dengan total kekayaan USD665 miliar.

Crazy Rich Indonesia Benny Tjokrosaputro

Pengembang properti Benny Tjokrosaputro masuk jajaran orang terkaya se-Indonesia. Ia juga masih muda yakni baru berusia 49 tahun.

Ia memiliki kekayaan USD670 juta. Benny Tjokro berhasil masuk dalam daftar orang terkaya berkat IPO dari perusahaan travel Sinergi Megah Internusa pada Juli lalu di Bursa Efek Indonesia. Benny memiliki hampir 84 persen saham di perusahaan yang juga mengelola Lafayette Boutique Hotel di Yogyakarta, yang bernilai sekitar USD225 juta per akhir November.

Baca juga: Mengenal Mansa Musa Orang Terkaya Sepanjang Sejarah

Crazy Rich Indonesia Budi dan Michael Hartono

Robert Budi Hartono atau yang memiliki nama asli Oei Hwie Tjhong, (lahir di Semarang, 28 April 1940; umur 79 tahun) adalah seorang pengusaha Indonesia. Ia merupakan anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum yaitu Oei Wie Gwan. Robert merupakan keturunan Tionghoa-Indonesia. Kakaknya bernama Michael Bambang Hartono alias Oei Hwie Siang.

Versi Forbes pada akhir tahun 2018 lalu, R Budi dan Michael Hartono memiliki kekayaan USD35 miliar masuk ke dalam kategori konglomerat.

Crazy Rich Indonesia Susilo Wonowidjojo

Susilo Wonowidjojo (Cai Daoping) adalah seorang pengusaha Indonesia. Ia adalah anak ketiga dari Surya Wonowidjojo, pendiri Gudang Garam, perusahan rokok kretek di Kediri, Jawa Timur. Pada 2000, ia menggantikan kakaknya Rahman Halim atau Tjoa To Hing (anak pertama Surya Wonowidjojo) sebagai pimpinan Gudang Garam yang meninggal pada 27 Juli 2008 di Singapura. Akhir 2018, ia kembali masuk ke dalam crazy rich Indonesia versi Forbes dengan kekayaan USD9,2 miliar.

Crazy Rich Indonesia Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja adalah pendiri Sinar Mas Group yang merupakan salah satu konglomerat terbesar pada masa Orde Baru. Bank andalannya, BII atau Bank Internasional Indonesia, mendanai banyak usahanya yang lain yang menjadikannya sebagai raja kopra pada waktu itu. Sebelum membeli Bank Internasional Indonesia, ketika berusia 37 tahun, ia pindah ke Surabaya, Jawa Timur. Di Jawa Timur, ia memiliki kebun kopi dan kebun karet di Jember yang merupakan hasil dari kerja kerasnya. Usahanya semakin berkembang pada 1969, ia mendirikan pabrik minyak kelapa, CV Bitung Manado Oil Limited (Bimoli).

Pada tahun 1976, ia mendirikan Tjiwi Kimia, perusahaan yang bergerak di bidang bahan kimia. Kemudian pada 1980-1981, ia membeli sebidang perkebunan kelapa sawit seluas 10.000 hektare, mesin serta pabrik berkapasitas 60.000 ton di Riau serta perkebunan dan pabrik teh seluas 1.000 hektare berkapasitas 20.000 ton.

Crazy Rich Indonesia Sri Prakash Lohia

Jika diperhatikan, hampir seluruh orang terkaya di Indonesia adalah keturunan China. Namun, tren ini dipatahkan oleh pria bernama Sri Prakash Lohia. Ya, dari namanya sendiri sudah jelas jika sosok satu ini berasal dari India. Prakash Lohia mungkin sudah fasih sekali berbahasa Indonesia. Namun sejatinya ia orang India dan lahir sebagai anak Mohan Lal Lohia yang Hindustan tulen. Prakash sendiri meneruskan usaha sang ayah yang bergerak di bidang tekstil dan garment dengan mendirikan Indorama Synthetics.

Baca juga: Ini Deretan Raja-raja Terkaya di Dunia

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Crazy Rich Indonesia Tahir

Nama lengkapnya adalah Dato’ Sri Tahir lahir pada 25 Maret 1952 di kota Surabaya. Tahir berasal dari keluarga yang sederhana dan ia dibesarkan oleh sepasang ayah dan ibu yang menghidupi keluarga dengan membuat becak. Namun, pada 1971 setelah menyelesaikan pendidikan menengah atas (SMA) di SMA Kristen Petra Kalianyar Surabaya, sosok Tahir tumbuh berkembang menjadi seorang pengusaha, investor, sekaligus pendiri Mayapada Group yang sukses.

Mayapada Group adalah sebuah holding company yang memiliki beberapa unit bidang usaha di Indonesia. Beberapa dari bidang yang digeluti adalah perbankan, TV berbayar dan media cetak, properti dan rumah sakit. Dengan aset kekayaan USD4,5 miliar, kini ia menjadi salah seorang konglomerat di Indonesia.

Itulah sembilan nama crazy rich Indonesia yang memiliki kekayaan sangat fantastik. Apakah dari kesembilan nama tersebut, ada yang Anda kenal?

Comments are closed.