Doa dalam Perjalanan untuk Setiap Pemeluk Agama

Lifestyle & Leisure

Setiap agama mengajarkan hal baik dan menginginkan yang terbaik bagi umatnya, salah satunya adalah keselamatan. Hal inilah yang membuat kita sebagai ciptaan Tuhan harus memanjatkan doa dalam perjalanan agar terhindar dari hal yang tak diinginkan.

Setiap orang pasti menginginkan perjalanan yang mereka lakukan, baik dekat maupun jauh, berjalan baik dan aman tanpa kendala dan terhindar dari bahaya. Itulah pentingnya untuk selalu sigap kapan pun dan di mana pun kita berada. Namun, selain itu, sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sudah seharusnya kita berserah diri pada-Nya dan meminta perlindungan dari segala bahaya yang bisa kapan saja menghampiri kita.

Kita pun tahu, setiap agama pasti memiliki doa yang berbeda. Tapi, satu yang pasti, setiap agama tentu mengajarkan hal yang baik dan menginginkan segala yang terbaik bagi umatnya, termasuk dalam hal keselamatan saat melakukan perjalanan. Mengapa doa itu penting? Sebab, segala yang terbaik yang telah kita lakukan terkadang tak cukup untuk menghindarkan kita dari berbagai bahaya, sedangkan bahaya datang tanpa bisa diprediksi sedikit pun.

Contohnya ketika naik pesawat terbang, tentu setiap orang, mulai dari penumpang hingga pilot pesawat terbang, sudah melakukan segala hal untuk memastikan keselamatan selama perjalanan. Namun, kita tahu bahwa ada hal di luar teknis yang tak dapat diantisipasi oleh manusia. Satu-satunya yang dapat menghindarkan kita dari hal tersebut hanyalah mukjizat, dan mukjizat tersebut hanya datang dari Tuhan.

Seperti yang disebutkan di atas, setiap agama tentu memiliki doa dalam perjalanan yang berbeda. Namun, inti dari doa tersebut adalah meminta keselamatan.

Nah, mari kita rangkum doa dalam perjalanan dari berbagai agama di bawah ini!

Doa Dalam Perjalanan yang Anda Lakukan Sebelum Bepergian

Doa dalam perjalanan tidak hanya dibaca saat perjalanan berlangsung, melainkan sebelumnya. Oleh karena itu, sudah seharusnya kita memanjatkan doa terlebih dulu sebelum bepergian.

Bagi Anda yang beragama Islam, doa dalam perjalanan yang dapat Anda baca adalah:

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil ahli.

Arti: “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang menemani dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga.”

Kemudian, bagi Anda yang beragama Katolik, doa dalam perjalanan yang dapat Anda baca sebelum bepergian adalah berikut ini:

Dalam (demi) nama Bapa, Putera, dan roh Kudus, Amin. Ya Tuhan. Dahulu kala Engkau pernah menyelamatkan anak-anak Israel yang menyeberang laut dengan kaki kering. Dan tiga raja budiman dan sebelah timur telah Engkau tunjukkan jalan kepada-Mu dengan bimbingan bintang ajaib. Kami mohon kepadaMu: Karuniakanlah kami suatu perjalanan yang selamat dengan cuaca yang bagus dan menyenangkan. Berilah supaya dengan bimbingan malaikat-malaikatMu yang kudus, awak kendaraan ini mengantarkan kami mencapai tujuan perjalanan kami dengan selamat. Kami mohon juga agar keluarga yang kami tinggalkan Engkau hibur dalam rasa damai, sampai akhirnya boleh sampai dengan aman di tempat tujuan. Terpujilah nama Mu, sekarang dan selamanya. Amin. Demi nama Bapa, Putera dan roh Kudus.

Lain Katolik, lain pula dengan Protestan. Inilah doa dalam perjalanan yang dapat Anda baca sebelum bepergian bagi Anda yang beragama Protestan:

Bapa sorgawi, kami mengucap terima kasih atas Rahmat dan Kasih SayangMu yang tidak berkeputusan di dalam hidup kami. Saat ini kami panggil namaMu yang Kudus untuk menyertai perjalanan kami, kiranya Tuhan melindungi dengan kuasa Roh KudusMu kendaraan yang kami tumpangi ini agar terhindar dari gangguan dan marabahaya. Demikian juga para awak kiranya Tuhan yang memimpin serta memberi kemampuan bagi mereka untuk melaksanakan tugas mereka masing-masing dengan baik sehingga kami di tujuan tepat waktu dan selamat dan dalam suka cita. Terimakasih atas pertolongan serta kasihMu yang tidak berubah dari dahulu, sekarang sampai selama-lamanya. Dan dalam nama Tuhan Yesus kami naikkan do’a dan permohonan kami ini.

Selanjutnya doa dalam perjalanan yang dapat Anda baca sebelum bepergian bagi Anda yang beragama Buddha:

Namo Tassa Bhagavato Arahato Samma Sambuddhassa. Sabbe Sata BhavantuSukhitatta. Sadhu! Sadhu! Sadhu!

Arti: “Terpujilah Sang Bhagava, Yang Maha Suci, yang telah mencapai penerangan sempurna. Semoga semua makhluk berbahagia. Demikianlah hendaknya.”

Bagi Anda yang beragama Hindu, doa dalam perjalanan yang dapat Anda ucapkan sebelum bepergian adalah berikut ini:

Om om jaya jiwat sarira raksan dadasi me. Om mjum sah waosat mrityun aya namah swaha. Om ayu widhi labhate dhanam widhi guna suci yadnya sudha sila sudhadyanam bhukti mukti phalam swargam.

Arti: “Om Sanghyang Widhi Wasa yang maha jaya, yang maha mengatasi segala kematian. Kami memujamu. Lindungilah kami dari marabahaya. Om Sanghyang Widi Wasa, semua keuntungan kekayaan, dan kepandaian adalah atas yadnya suciMu. Semoga tingkah laku dan pikiran kami menjadi bersih dan mencapai kebahagiaan lahir dan batin.”

Terakhir, bagi Anda yang memiliki kepercayaan Konghucu, inilah doa dalam perjalanan yang patut Anda ucapkan sebelum bepergian:

Xian You Yi De (3x). Wei De Dong Tian Fei Tian Se Wo  Xian You Yi De.. Haung Yi Shang Di, Wei Tian You De. Shanza

Arti: “Kehadirat Tian, Tuhan Yang Maha Esa di tempat Yang Maha Tinggi. Dengan bimbingan Nabi Kong Zi. Dipermuliakanlah. SHANG DI, Tuhan Yang Maha Kuasa, berikanlah bimbingan kepada seluruh awak kendaraan ini, agar mereka dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berikanlah karunia yang terbaik, agar kami semua dapat selamat sampai tujuan dan berkumpul kembali dengan keluarga tercinta. Shanzai.”

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Itulah doa dalam perjalanan yang dapat diucapkan oleh Anda, sesuai dengan agama dan keyakinan yang Anda pegang teguh. Selalu rendah diri dan merasa kecil di hadapan Tuhan karena hidup dan mati kita ada di tangan-Nya. Semoga kita selalu sehat dan selamat ketika bepergian ke mana pun dan kapan pun ya!

Comments are closed.