Fakta di Balik Pesona Drama Korea yang Mendunia

Lifestyle & Leisure

Sedang digandrungi penggemarnya, drama Korea terus berkembang sebagai tontonan serial romansa apik dengan proses belakang layar yang inovatif.

Keberadaan drama korea belakangan menjadi populer di berbagai kalangan usia, mulai dari remaja, dewasa hingga orang tua. Kesuksesannya mendunia hingga ke berbagai Negara, termasuk Indonesia.  Cerita cintanya yang unik dan romantis menjadikan siapa saja yang menonton merasa berbunga-bunga.

Fakta Menarik Seputar Drama Korea

Selain cerita cintanya yang memesona, drama-drama baru biasanya rilis hampir setiap satu bulan sekali. Hal itu sebab, dalam satu judul episode yang ditayangkan tidak terlalu banyak. Alasan itulah mungkin yang menjadikan penggemar drama romantis Korea ini tidak pernah bosan saat menontonnya. Ingin tahu fakta menarik apa saja dibalik produksinya yang seolah secepat kilat, berikut informasinya untuk Anda.

Biaya Produksi Selangit

biaya produksi drama korea

Untuk menghasilkan drama yang menarik, para produser di Korea nggak segan-segan menggelontorkan uang dalam jumlah banyak. Selain biaya produksinya tinggi, mereka juga berani membayar tinggi kepada para pemain.

Salah satu drakor yang memiliki aktris dengan bayaran fantastis adalah drakor  dengan judul Yongpal, di mana dalam drama ini menghadirkan artis Kim Tae Hee. Sebagai pemeran utama wanita di drakor ini ia dibayar sekitar 400 juta rupiah per episode dengan total 16 episode. Tak hanya itu, Kim Soo Hyun dalam drama My Love From the Star disebut mendapat bayaran sebesar 84 juta won atau sekitar Rp1,12 miliar per-episode.

Baca Juga: Traveling ke-10 Lokasi Syuting Film Korea Favorit di Korea Selatan

Properti yang Dipakai Serba Mewah

Salah satu hal yang menarik dari drakor adalah fashion yang digunakan para pemainnya. Tak jarang, beberapa fashion pakaian yang dipakai oleh pemerannya di drakor menjadi trend fashion yang diikuti para penggemarnya. Hal itu biasanya menjadi salah satu cara rumah produksi untuk mendapatkan rating yang tinggi.

Pada proses produksinya, sering kali barang-barang yang dipakai sebagai properti bukan hanya sewa saja melainkan dibeli dengan ongkos produksinya. Tak jarang pula beberapa drakor mendapatkan barang-barang properti dari kerjasama sponsor. Sebut saja seperti Hyundai ataupun merk ponsel Samsung yang sering muncul dalam drakor.

Latar Tempat Wisata

latar tempat wisata drama korea

Syuting drama, selain dilakukan di studio, biasanya juga dilakuakn di luar studio. Menariknya, pada proses syuting drakor sering kali mengambil latar tempat-tempat wisata di Korea. Salah satunya Pulau Jeju atau Nami Island yang sering muncul di beberapa drakor, hal itu juga menjadi daya tarik bagi penonton.

Drakor yang menggunakan latar tempat wisata sebagai daya tariknya yaitu Secret Garden dan Princess Hours yang syuting di Pulau Jeju. Descendants of The Sun yang sedang digandrungi juga menjadikan  Samtan Art Mine sebagai salah satu tempat syutingnya. Tak khayal, semenjak dipakai sebagai latar drakor, Samtan Art Mine menjadi tempat terkenal dan banyak didatangi pengunjung.

Cinderella atau Princess Story

Sudah tak aneh apabila kita menyebut kebanyakan drakor mengusung tema semacam Cinderella atau Princess story. Biasanya, cerita bermula dari pemeran wanita yang miskin tetapi mempunyai cinta sejati seorang dengan pria kaya raya. Cerita akan dibuat seolah-olah pertemuan antara keduanya dimulai dengan saling membenci tetapi seiring berjalannya waktu keduanya mulai jatuh cinta.

Baca Juga: 7 Makanan Halal di Korea Selatan yang Lezat

Tapi tentu saja, selain adanya tema tersebut drakor yang diproduksi biasanya memiliki cerita unik untuk menunjang cerita percintaannya. Itulah salah satu yang menjadikan drakor menjadi kecintaan penontonnya.

Makanan Khas Korea

makanan khas drama korea

Hampir di setiap drakor dimunculkan beberapa makanan khas Korea itu sendiri, seperti kimchi, kimbap, jjampong, jajamyeon dan yang paling sering muncul adalah ramyeon. Makanan khas yang dimunculkan menjadi ciri khas tersendiri sebuah drakor, tak khayal itu juga menjadi favorit bagi para pecinta kuliner.

Kuliner dalam drakor pun kerap ikut terkenal, karena selain mendukung cerita, hal tersebut bertujuan untuk mempromosikan kuliner khas Korea.

Soundtrack sebagai Image

Percaya atau tidak, sebuah soundtrack dari drakor adalah sebuah image bagi drakor itu sendiri. Setiap staf dari drama akan ambil bagian dalam pemilihan soundtrack. Bahkan tak jarang, pemain drakor juga ikut menyumbangkan suara untuk mengisi soundtrack. Ketika sebuah drama memiliki soundtrack yang pas didengar dengan alur cerita yang bagus, dapat dipastikan drama tersebut akan memiliki rating yang bagus juga.

Pemilihan soundtrack ini penting, sebab soundtrack akan menjadi sebuah ciri drakor itu sendiri. Penggemarnya akan langsung familiar dengan sebuah soundtrack dari sebuah judul drakor yang menjadi favoritnya. Soundtrack dari sebuah drakor juga acap kali menjadi ikut terkenal dan populer.

Penentuan Pemeran Drama Korea

Pemeran merupakan wajah utama dalam sebuah drama. Pemeran utama dalam drakor sering kali sudah ditentukan oleh penulis atau produser tanpa casting. Namun, ketika artis yang dipilih menolak peran tersebut, maka akan dilakukan open casting. Biasanya untuk pemeran utama dipilih artis yang sudah terkenal dan juga memiliki actingyang mumpuni.

Selain pemeran utama, tak jarang drakor juga menghadirkan cameo seorang artis yang tak kalah terkenalnya dari pemeran utama. Hal ini sebenarnya berfungsi sebagai penyegar cerita agar tidak monoton.

Episode Sedikit

Inilah faktor penting yang menunjang larisnya drakor di pasaran, jumlah episode yang hanya sedikit menjadikan penontonnya terhindar dari rasa bosan. Biasanya, dengan jumalah episode yang sedikit, penonton akan terus penasaran dengan alur cerita sampai habis dan jarang meninggalkan satu drakor karena bosan. Drakor sendiri biasanya hanya memiliki episode berkisar 8 sampai dengan 27 episode.

Baca Juga: Pesona Sungai Han di Korea Selatan yang Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Walaupun sebenarnya juga ada yang memuat 100 episode lebih kebanyakan genre ceritanya adalah drama keluarga atau drama tentang sejarah. Tapi jumlahnya hanya sedikit dari sekian banyak drakor yang ada.

Drama Korea Berani Mengritik Pemerintah

Banyak rumah produksi yang membuat drakor yang memiliki cerita dengan memunculkan sikap kritis terhadap pemerintah. Di mana dalam alur cerita sering diselipkan dan dikaitkan beberapa hal tentang apa yang terjadi di pemerintahan seperti pejabat yang korupsi, polisi korupsi hingga pemimpin yang menghalalkan segala cara untuk mencapai tahta tertinggi.

Contoh Drakor yang banyak mengaitkan alur cerita tentang pemerintahan yaitu drakor berjudul 3 Days atau juga The K2 yang dibintangi oleh Ji Chang Wook dan si cantik Yoona SNSD. Dengan isu-isu pemerintahan yang diangkat, biasanya membuat beberapa drakor meraih sukses dan juga mendapat rating yang  bagus.

Jika Anda penggemar drakor sejati, informasi di atas tentu membuat Anda jadi lebih mencintai drama-drama keren yang dibuat dengan proses yang apik. Jadi, drakor apa yang menurut Anda mengandung fakta-fakta menarik seperti di atas?

Comments are closed.