Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Lifestyle & Leisure

Durasi puasa di Indonesia kurang lebih 13-14 jam. Tapi, di negara lain, ada orang yang harus berpuasa dengan waktu yang lebih lama, bahkan hampir 24 jam.

Saat bulan Ramadan, seluruh umat muslim di seluruh dunia diwajibkan menjalankan satu ibadah yang hanya dilaksanakan setahun sekali, yakni puasa Ramadan. Ya, selama bulan tersebut, kita diwajibkan berpuasa dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Mungkin hal terdengar sederhana. Tapi, nyatanya, waktu tersebut tidaklah sama di setiap negara. Tak heran jika banyak negara yang memiliki durasi puasa terlama di dunia yang mayoritas berada di wilayah Eropa.

Lalu, negara mana saja yang memiliki durasi puasa terlama di dunia? Ini dia!

Negara dengan Durasi Puasa Terlama di Dunia

Finlandia

Finlandia merupakan salah satu negara dengan puasa terlama di dunia. Di Finlandia, puasa dimulai dari pukul 1 pagi dengan waktu berbuka puasa pukul 12 pagi lagi. Kalau dihitung-hitung, puasa di Finlandia bisa sekitar 23 jam 5 menit.

Hal ini nyata adanya. Pasalnya, pada 2016, matahari tenggelam di Finlandia hanya selama 55 menit. Jadi, orang yang berpuasa di Finlandia hanya memiliki jeda kurang dari satu jam untuk berbuka puasa dan kembali sahur. Terbayang betapa beratnya berpuasa di negara tersebut, bukan?

Durasi Puasa di Islandia

Islandia memang terkenal dengan auroranya yang indah dan juga negara dinginnya. Tapi, di luar itu, tahukah Anda kalau ternyata Islandia itu adalah salah negara dengan waktu puasa terlama? Kalau di Finlandia puasa bisa sampai 23 jam, di Islandia hanya beda 1 jam saja, yakni 22 jam. Tentu durasi tersebut sangatlah lama bagi orang yang berpuasa.

Meski terkenal dengan udara sejuk, tapi nyatanya berpuasa di negara ini terbilang ekstrem, sebab durasinya yang sudah lebih dari durasi normal yakni sekitar 13-14 jam dalam satu hari.

Durasi Puasa di Swedia

Banyak orang mengeluh bahwa berpuasa di Indonesia tidaklah mudah karena cuaca yang panas. Padahal, masih banyak warga muslim yang harus berpuasa dengan tantangan yang lebih besar, salah satunya adalah warga muslim di Swedia.

Swedia merupakan salah satu negara dengan waktu puasa terlama, yaitu hampir 20 jam. Jadi, warga muslim di Swedia harus hampir seharian penuh. Terlebih, umat Muslim di Swedia hanya berjumlah lima persen dari total populasi. Bayangkan betapa beratnya puasa hampir seharian penuh di daerah yang minoritas muslim. Tentu berpuasa bukanlah perkara mudah bagi mereka.

Alaska

Alaska merupakan negara yang unik bagi orang muslim yang menjalankan ibadah puasa. Negara ini bisa menjadi salah satu negara yang memiliki durasi puasa terlama sekaligus tercepat di dunia. Mungkin sebagian dari Anda bertanya bagaimana bisa dalam satu negara memiliki dua durasi puasa yang berbeda.

Pada saat musim panas, umat Muslim harus menjalani puasa dalam waktu 20 jam sehari, sedangkan kabarnya, pada musim dingin, puasa di sana hanya perlu dijalankan lima jam sehari. Berhubung bulan Ramadan selalu bergeser setiap tahunnya, maka harus dipastikan dulu pada musim apakah bulan puasa dijalankan.

Kalau di musim panas, warga muslim di negara tersebut harus bersiap menjalankan puasa dengan durasi yang sangat lama. Namun, begitu pula sebaliknya, bila bulan puasa jatuh di musim dingin, mereka sangat diuntungkan dalam berpuasa.

Jerman

Negara-negara di Eropa memang merupakan negara dengan puasa terlama di dunia, salah satunya Jerman. Sama seperti di Indonesia, puasa dimulai sekitar pukul empat pagi. Tapi bedanya, waktu berbuka di Indonesia sekitar pukul enam sore, sedangkan waktu berbuka di Jerman adalah pukul 10 malam.

Jadi, ada perbedaan durasi yang cukup lama jika Anda menjalankan ibadah puasa di negara tersebut, yakni sekitar empat jam. Kedengarannya mungkin tidak begitu parah, tapi kita harus sadar bahwa Jerman merupakan negara yang sangat sedikit populasi umat islamnya. Jadi, bagi orang yang berpuasa di sana, haruslah terbiasa menghadapi orang-orang yang makan dan minum di mana saja.

Durasi Puasa di Inggris

Selain Jerman, Inggris juga merupakan negara dengan puasa paling lama. Meskipun jauh lebih cepat dibandingkan Islandia dan Finlandia, namun waktu puasa di Inggris dalam satu hari pun hampir 19 jam.

Jika dibandingkan dengan Indonesia yang durasi puasanya kurang lebih 13 jam, jelas Inggris memiliki durasi yang lebih lama, yakni sekitar enam jam. Hal tersebut dipersulit dengan minimnya mayoritas masyarakat Inggris dengan ibadah puasa sehingga mereka sama sekali tak memahami orang yang sedang berpuasa.

Kanada

Sahur di Kanada dimulai pukul tiga pagi, tak jauh berbeda dari Indonesia. Namun bedanya, di negara ini, puasa berakhir 18 jam kemudian. Mungkin Anda berpikir bahwa sangatlah minim orang yang berpuasa di Kanada, jadi tak masalah.

Faktanya, ada cukup banyak orang Indonesia dan negara lain yang melancong ke negara tersebut untuk melanjutkan pendidikan. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang beragama islam dan perlu menjalankan ibadah puasa saat Ramadan. Nah, mereka inilah yang harus siap menghadapi tantangan berpuasa selama 18 jam lebih di Kanada.

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Turki

Turki juga menjadi negara terlama puasa selanjutnya. Sama halnya dengan Kanada yang sahur pada pukul tiga pagi dan berbuka pada pukul sembilan malam, Turki pun juga begitu. Namun bedanya, mayoritas masyarakat Turki beragama Islam, jadi mereka pun menjalankan ibadah puasa seperti muslim pada umumnya.

Hal yang menarik dari berpuasa di Turki adalah banyaknya sajian makanan menjelang berbuka puasa yang patut dicoba karena rasanya yang nikmat dan harganya yang tidak menguras dompet. Jadi, budaya di Indonesia pun bisa Anda lakukan, apa lagi kalau bukan ngabuburit.

Bayangkan, betapa beratnya jika kita harus berpuasa lebih dari 13 atau 14 jam sebagaimana durasi puasa di Indonesia. Tapi, pernahkan Anda berpuasa di salah satu negara di atas?

Comments are closed.