Fakta Menarik Terbaru Harbolnas 2018 di Indonesia

Lifestyle & Leisure

Harbolnas merupakan event tahunan terbesar di dunia belanja online. Berbagai penawaran dan promo menarik ditawarkan pada momen ini. Tak heran jika setiap tahunnya semakin banyak orang berbelanja online khususnya pada momen Harbolnas ini.

Berbelanja merupakan salah satu kegiatan yang sudah mendarah daging bagi seluruh masyarakat di dunia, khususnya di negara-negera berkembang dan maju. Pada era terdahulu, berbelanja dilakukan dengan cara pembeli mengunjungi toko di mana produk-produk yang mereka inginkan dan butuhkan lalu melakukan negosiasi harga barang (jika penjual memberikan opsi tawar-menawar) hingga mendapatkan harga yang sesuai.

Namun, seiring berkembangnya teknologi, berbelanja tak lagi mempertemukan pembeli dan penjual secara langsung, melainkan melalui sebuah wadah digital. Jadi, budaya berbelanja ke toko sudah mulai luntur dan digantikan dengan belanja online. Tak ayal, banyak perusahaan yang menyediakan wadah untuk berbelanja online atau biasa disebut e-commerce, seperti Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan Shopee.

Tingginya minat masyarakat untuk berbelanja online membuat banyak e-commerce memberikan berbagai penawaran menarik. Ternyata, penawaran-penawaran tersebut disambut positif oleh para pembeli sehingga kegiatan belanja online pun semakin membudaya di masyarakat Indonesia.

Melihat semakin besarnya minat berbelanja online, perusahaan-perusahaan e-commerce pun sepakat untuk meresmikan hari besar di dunia belanja online, hari tersebut dikenal dengan nama Hari Belanja Online Nasional atau disingkat Harbolnas. Harbolnas disepakati dan dirayakan setiap tanggal 12 Desember. Pada hari tersebut, seluruh e-commerce memberikan promo luar biasa yang tentunya menguntungkan para pembeli, mulai dari gratis biaya kirim hingga promo cashback besar-besaran. (Baca juga: Mengenal Lengkap Payment Gateway di Indonesia)

Bicara soal Harbolnas, tak lengkap rasanya jika kita hanya menikmati berbelanja online dengan promo yang luar biasa menggiurkan. Maka dari itu, yuk kita lihat sejarah terbentuknya Harbolnas di Indonesia!

Sejarah Harbolnas di Indonesia

Harbolnas bukanlah hal baru di Indonesia. Nyatanya, hari besar belanja online di tanah air ini sudah ada sejak 2012. Hal ini pun tidak terbentuk secara tiba-tiba, ada proses panjang yang harus dilalui hingga akhirnya Harbolnas dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Awalnya, berbagai perusahaan e-commerce di tanah air melihat budaya belanja online di berbagai negara yang semakin hari menunjukkan kemajuan yang signifikan. Bahkan, negara-negara lain khususnya di Eropa sudah meresmikan Hari Belanja Online Nasional yang bertujuan untuk mengedukasi masyarakat untuk dapat dengan tenang dan nyaman berbelanja online.

Nah, agar budaya belanja online di Indonesia memiliki standar yang sama dengan negara lain, perusahaan e-commerce di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi E-commerce Indonesia (IdeA) yang terdiri dari Lazada, Zalora, Blanja, PinkEmma, BerryBenka, dan Bukalapak berkolaborasi untuk meresmikan Harbolnas di Indonesia.

Desember 2012 adalah awal perbincangan anggota IdeA untuk menentukan tanggal peresmian Harbolnas di tanah air. Setelah melewati perdebatan yang cukup panjang, dipilihlah tanggal 12 Desember menjadi Harbolnas di Indonesia. Bahkan, sekarang Harbolnas ini lebih dikenal dengan istilah 12.12.

Tak hanya anggota IdeA, seluruh e-commerce di Indonesia pun ikut merayakan Harbolnas dengan memberikan berbagai penawaran menarik dan menggiurkan.

Menariknya lagi, di Indonesia sendiri Harbolnas tidak hanya berlangsung pada 12 Desember saja. Tahun ini saja contohnya, Harbolnas berlangsung sejak bulan Oktober, yakni pada 10 Oktober dan dilanjutkan di bulan November pada 11 Novermber.

Bisa dibilang, Harbolnas di Indonesia merupakan Harbolnas dengan antusiasme tertinggi di dunia dengan total transaksi mencapai Rp4,7 triliun!

 

Sejak diresmikan pada 2012, kini Harbolnas memasuki tahun ke-6 di Indonesia. Setiap tahunnya, tentu promo yang ditawarkan akan semakin menarik. Nah, di tahun 2018 ini, seluruh e-commerce di tanah air bersiap untuk menyambut Harbolnas yang akan diselenggarakan dalam beberapa hari lagi. Apa sih yang membuat Harbolnas tahun ini sangat istimewa dan menarik?

Inilah fakta menarik Harbolnas 2018 yang perlu Anda ketahui!

Digelar Selama Dua Hari

Seperti yang disebutkan di atas, Harbolnas di Indonesia pasti diselenggarakan pada 12 Desember selama 24 jam penuh. Tapi, untuk tahun ini berbeda. Harbolnas kali ini akan diselenggarakan selama dua hari, yakni pada 11 dan 12 Desember 2018.

Untuk tanggal 11, produk yang ditawarkan adalah produk-produk buatan dalam negeri, sedangkan pada tanggal 12 adalah puncak perayaan di mana semua produk akan diberikan diskon besar-besaran.

Diikuti Lebih dari 300 E-commerce

Sejak menjamurnya budaya belanja online, banyak sekali perusahaan e-commerce yang bermunculan di Indonesia. Hal ini tak lain karena penggunanya yang jumlahnya besar serta keuntungannya yang bisa dibilang menggiurkan bagi perusahaan.

Hal ini tentu berimbas pada Harbolnas 2018. Jika di tahun-tahun sebelumnya e-commerce yang mengikuti perayaan Harbolnas tidaklah ramai, maka Harbolnas tahun ini menjadi perayaan Harbolnas dengan jumlah e-commerce yang terbanyak, yaitu mencapai 300 e-commerce dari berbagai kategori. Dengan begitu, semakin banyak juga pilihan untuk berbelanja, kan?

Didukung 3 Kementerian

Jika sebelumnya Harbolnas diselenggarakan secara mandiri oleh IdeA, maka tahun ini berbeda. Pasalnya, 3 kementerian akan ikut berpartisipasi untuk menyukseskan Harbolnas 2018 ini, yaitu Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian, dan Kementerian Komunikasi dan Informasi.

Tentu, dengan bantuan ketiga kementerian ini, diharapkan Harbolnas 2018 ini dapat berjalan lebih baik dan aman, tak ada lagi masalah dan gangguan yang dampaknya akan terasa pada pembeli.

Diskon Hingga 95 Persen

Diskon merupakan salah satu alasan mengapa orang tertarik untuk berbelanja online di Harbolnas. Nah, untuk tahun ini, sebagian besar e-commerce tak segan memberikan diskon besar hingga 95 persen! Tentu hal ini akan membuat Harbolnas 2018 ini menjadi lebih meriah dan diikuti oleh banyak pengguna.

 

Belanja banyak barang dengan mengeluarkan uang seminimal mungkin pasti menjadi harapan setiap orang, termasuk Anda, kan? Maka dari itu, persiapkan diri Anda untuk menyambut Harbolnas 2018 ini untuk dapatkan berbagai produk yang Anda inginkan dan butuhkan!

Comments are closed.