Faktanya, Intrinsic Reward Lebih dari Bonus Biasa!

Lifestyle & Leisure

Mengapa Intrinsic Reward disebut sebagai penghargaan yang sangat luar biasa dan bisa mengalahkan bonus lainnya?

Perusahaan pasti ingin terus berkembang. Dalam hal ini, peran tim atau karyawan sangatlah penting. Makanya, mereka membuat sistem yang bisa memotivasi para karyawan, misalnya saja memberikan bonus. Namun, selain bonus yang tak kalah penting lagi adalah Intrinsic Reward.

Tak banyak yang mengerti jika reward yang satu ini lebih dari sekedar bonus yang bisa berupa materi, uang, atau tambahan pendapatan. Oleh karena itu, serius dalam karir yang sedang ditekuni saat ini, seharusnya Anda mengejar Intrinsic Reward.

Baca juga: Bonus Karyawan: Ini Jenis-Jenis yang Wajib Anda Ketahui!

Mengapa demikian? Sebab, jika Anda bisa mendapakan reward ini, semua bisa dimiliki, rumah, mobil, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga bisa membeli asuransi kesehatan untuk diri sendiri dan seluruh keluarga serta asuransi jiwa untuk tabungan masa depan.

Apa yang Dimaksud dengan Intrinsic Reward?

Banyak diantara Anda yang menganggap bonus menjadi penghargaan tertinggi dari suatu perusahaan. Namun, jika tahu Intrinsic Reward, mungkin Anda akan mati-matian untuk mendapatkan reward tersebut. Apalagi jika Anda punya mindset bahwa ingin serius pada karir yang  dijalani sekarang ini. Anda akan melupakan bonus sesaat dan mengejar reward intrinsik ini.

Lalu, apa itu Intrinsic Reward? Ini adalah reward atau penghargaan yang sifatnya tidak materiel. Bukan bersifat benda. Anda tidak mendapatkan uang. Anda tidak mendapatkan barang, seperti mobil karena achievement yang Anda peroleh selama di perusahaan.

Apa yang Dimaksud dengan Intrinsic Reward

Anda akan dapatkan sebuah penghargaan yang sifatnya bukan benda. Sekilas, ini tidak ada gunanya. Namun, Anda akan mendapatkan keuntungan di masa-masa yang akan datang. Selama Anda berkarir, Intrinsic Reward ini yang sangat menentukan seberapa berkembang karir Anda nanti.

Perusahaan memberikan jenis reward seperti ini bukan tanpa alasan. Perusahaan ingin sekali memberikan dukungan agar karyawan semakin semangat bekerja. Makanya, mereka menyiapkan bonus seperti tambahan uang, memberikan mobil, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, perusahaan juga menyeleksi mana karyawan yang benar-benar passionate dan integrated. Biasanya, karyawan yang memiliki karakter seperti itu tidak hanya mengejar bonus sementara melainkan Intrinsic Reward.

Dari sinilah sebenarnya Anda bisa tahu satu hal. Perusahaan dan juga atasan Anda akan melihat seorang karyawan dari sikap semangat bekerja untuk perusahaan. Mereka yang benar-benar fokus pada karirnya selalu memiliki visi ke depan untuk jangka panjang.

Bentuk Penghargaan Intrinsik dari Perusahaan

Dari penjelasan singkat tentang Intrinsic Reward tersebut, Anda harus ingat satu hal. Ini bukan bonus yang sifatnya benda. Makanya, reward ini biasanya intangible dan justru terkadang lebih keren daripada yang bersifat benda.

Lalu, apa bentuk penghargaan yang diberikan oleh perusahaan dalam hal reward intrinsik?

Baca juga: Ingin Menjadi Karyawan Sukses? Ini yang Harus Anda Lakukan!

Pujian

Tidak banyak orang yang menganggap pujian itu sebagai reward penting. Terutama bagi karyawan yang hanya mengejar materi dalam mengerjakan pekerjaan. Lain hal bagi mereka yang memang passionate di karir yang mereka pilih. Pujian menjadi penyemangat sehingga mereka bisa terus mengembangkan diri.

Bahkan, ada juga pekerjaan yang menjadi visi besar dari diri seseorang, misalnya saja ada orang yang bekerja di bidang teknologi. Karena memang ingin mengembangkan teknologi yang ramah untuk masyarakat, maka bonus berupa uang bukan yang ingin didapatkan. Intrinsic Reward berupa pujian itu lebih dari segalanya.

Setiap pemilik atau manajer perusahaan pasti memberikan pujian bagi karyawan yang hebat dan itu menjadi salah satu motivasi karyawan untuk bekerja lebih giat lagi.

Tip Agar Bisa Mendapatkan Intrinsic Reward

Kepercayaan untuk Menangani Proyek

Pujian menjadi penghargaan intrinsik yang paling awal. Selanjutnya adalah penghargaan berupa kepercayaan untuk menangani proyek yang lebih besar. Jadi, mau pilih bonus atau mendapatkan kesempatan untuk menghandle proyek baru yang jauh lebih besar?

Kesempatan Naik Jabatan

Salah satu Intrinsic Reward yang paling diincar karyawan adalah naik jabatan dan ini menjadi bonus tertinggi di sebuah perusahaan. Ini lebih tinggi dan lebih besar dari sekedar bonus yang sifatnya sementara.

Keleluasaan

Jika atasan Anda memberikan pujian dan juga Intrinsic Reward lainnya, ada kemungkinan Anda mendapatkan keleluasaan. Anda bebas bekerja di mana saja. Anda bisa masuk ke kantor kapan pun karena atasan percaya kinerja Anda sangat baik. Selain itu, Anda juga memiliki keleluasaan untuk membangun tim sendiri.

Dari keterangan tersebut, Anda semakin paham bukan mengapa Intrinsic Reward ini sangat penting?

Tip Agar Bisa Mendapatkan Intrinsic Reward

Tip Agar Bisa Mendapatkan Intrinsic Reward

Sekarang, apa yang harus Anda lakukan agar bisa mendapatkan penghargaan intrinsik? Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Tentukan Tujuan yang Jelas

Satu pertanyaan yang harus Anda jawab, yaitu tujuan Anda bekerja? Apakah hanya sekedar untuk menghidupi Anda hari ini atau setahun, sepuluh tahun, dan bahkan tiga puluh tahun yang akan datang? Jika Anda ingin berkarir sampai Anda tua nanti, maka kuatkan mimpi itu. Maka Anda tidak akan hanya berpikir untuk bisa mendapatkan bonus dari perusahaan yang sifatnya sementara, tetapi juga mengejar Intrinsic Reward.

Memahami Visi Besar Perusahaan

Samakan visi Anda dengan visi perusahaan di mana Anda bekerja. Karena dengan cara inilah Anda bisa melakukan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Dengan sangat mudah Anda akan mendapatkan Intrinsic Reward.

Baca juga: Sumber Daya Manusia, Tonggak Pengembangan Karyawan

Fokus

Tujuan sudah ada. Visi perusahaan sudah dipahami. Selanjutnya Anda hanya perlu fokus untuk bekerja.

Dedikasi Tinggi

Selanjutnya, pastikan Anda memiliki dedikasi yang tinggi untuk kemajuan perusahaan. Ini hanya bisa Anda miliki jika Anda percaya bahwa kemajuan perusahaan itu selaras dengan kemajuan pribadi dan karir Anda.

Siap Berkolaborasi

Untuk mendapatkan hal yang besar, Anda tidak bisa bekerja sendiri. Anda harus mau berkolaborasi. Hilangkan sisi egoisme. Jadikan penghargaan yang akan didapatkan itu karena adanya kerja tim yang solid.

Jadi, sudah siap untuk mendapatkan Intrinsic Reward dari perusahaan di mana Anda bekerja sekarang?

Comments are closed.