11 Fakta di Balik Film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody

Lifestyle & Leisure

Serial kisah percintaan yang dibalut dengan sinematografi apik, membuat film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody menjadi angin segar bagi penikmat film.

Bagi Anda pencinta film Indonesia, apalagi yang menyukai kisah pencintaan yang kompleks pasti sudah menonton film satu ini. Filkop 2 menjadi salah satu film dengan kisah cinta segi empat yang laris ditonton oleh hampir 300 ribu penonton. Berselang dua tahun dari film sebelumnya, Filkop akhirnya kembali hadir di bulan Juli 2017. Peran Ben dan Jody yang penuh dengan chemistry dibawakan oleh dua tokoh utamanya, yaitu Ben yang diperankan Chicco Jerikho dan Jody yang diperankan Rio Dewanto.

Film ini menghadirkan kisah cinta segi empat yang lebih kompleks dan emosional. Film yang masih disutradarai Angga Dwimas Sasongko ini pun akan menampilkan unsur drama yang lebih kental dibanding film pertamanya. Mengeksplor lima kota di Indonesia, yaitu Jakarta, Bali, Yogyakarta, Makassar, dan Toraja, Filosofi Kopi 2 juga turut menampilkan sinematografi yang dijamin lebih apik.

Baca juga: Film Keluarga Cemara: Tampil Lagi, Ambil Pelajarannya Yuk!

Naskah yang ditulis oleh Jenny Jusuf dan Irfan Ramli ini juga mampu membuat drama terasa lebih ringan, universal, dan emosional. Anda yang bukan pecinta kopi rasanya juga mampu menikmati film ini secara utuh.

Fakta Menarik Film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody

Apabila Anda salah satu penggemar sejati film sekuel ini, Anda wajib tahu mengenai fakta-fakta menarik film yang banyak membahas tentang serba serbi dunia kopi ini.

Munculnya Dua Karakter Baru

julie estelle

Souce: instagram julstelle

Jika dalam Filkop pertama terdapat Julie Estelle sebagai pemeran wanita utamanya, maka dalam Filkop 2: Ben & Jody terdapat dua karakter baru yang hadir. Mereka adalah aktris cantik Luna Maya dan Putri Indonesia 2010 Nadine Alexandra yang akan berperan sebagai Tarra, seorang enterpreneurship yang juga seorang investor, dan Brie, seorang barista handal yang sudah lama mendalami dunia kopi.

Alur Cerita Melibatkan Campur Tangan Penonton

Tak hanya para kru dan pemain yang terlibat dalam film Filkop 2: Ben & Jody. Para penonton pun diajak untuk mengirimkan ide ceritanya melalui situs resmi Filkop, dan ide yang terpilih inilah yang menjadi dasar ceritanya. Visinema Pictures telah menerima 1.015 cerita dari 925 orang dari program Ngeracik Cerita #BenJodyIdea.

Dua karakter wanita yakni Tarra dan Brie adalah karakter yang diciptakan penggemar Filkop. Hal ini dapat terealisasikan melalui sayembara yang dilakukan pertengahan 2016 kemarin. Kemudian cerita para pemenang meracik cerita dikembangkan lagi oleh tim penulis skenario.

Baca juga: Romantis, 6 Daftar Film Barat yang Wajib Ditonton Tahun Ini!

Chicco dan Rio Ikut Mengisi Soundtrack Film

Dua aktor pemeran utama Chicco Jerikho dan Rio Dewanto juga sempat menjajal kemampuan bermusiknya dalam film sekuel Filkop ini. Mereka berdua ikut mengisi soundtrack film dengan menyanyikan lagu Sahabat Sejati milik Sheila On 7 yang diaransemen ulang oleh musisi Glenn Fredly. Lagu ini dinilai cocok untuk dibawakan pemeran Ben dan Jody karena membicarakan tentang persahabatan.

Mengeksplor Lima Kota di Indonesia

toraja filosofi kopi

Film yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ini juga akan mengambil beberapa kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bali, Yogyakarta, Makassar, dan Toraja. Lokasi-lokasi itu dipilih bukan tanpa pertimbangan, misalnya saja Toraja yang dipilih karena merupakan daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia bahkan di dunia. Sementara kota lainnya dipilih karena permintaan terhadap kopinya yang ternyata besar.

Chicco Sempat Diserbu Warga Makassar

Dalam Filkop 2: Ben & Jody, Chicco Jerikho sempat menjadi clapper saat syuting di Makassar dan Toraja. Dalam sebuah produksi film, tugas clapper atau asisten operator kamera adalah membantu memudahkan video editing dan penyelarasan suara dengan video dalam setiap rekaman, video, atau TV. Saat menjadi clapper inilah, Chicco sempat terlibat masalah karena dianggap kurang sopan kepada masyarakat Makassar dalam melakukan proses syuting. Untungnya, para kru segera bertindak untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Ditulis Oleh Tiga Penulis Naskah

Selain Jenny Jusuf, penulis skenario dalam film Filkop dan Angga Dwimas Sasongko selaku sutradara, hadir pula M. Irfan Ramli yang ikut meracik film sekuel ini. Ramli sendiri diketahui telah menulis skenario untuk film Cahaya dari Timur: Beta Maluku dan Surat Dari Praha. Mereka akan dibantu oleh Dewi “Dee” Lestari yang menjadi konsultan kreatif cerita untuk film ini.

Menghadirkan Cerita yang Lebih Kompleks

Kalau di film Filosofi Kopi terdapat sedikit bumbu kisah cinta antara Ben (Chicco Jerikho), Jody (Rio Dewanto), dan El (Julie Estelle). Kali ini, alur cerita akan mengangkat kisah cinta segi empat antara para pemainnya, yaitu Ben, Jody, Tarra (Luna Maya), dan Brie (Nadine Alexandra). Kisah ini disajikan dengan lebih kompleks dan mengaduk emosi.

Kali Pertama Luna Maya ke Toraja

luna maya

Source: instagram @lunamaya

Salah satu lokasi syuting film Filkop 2: Ben & Jody terdapat di tanah Toraja, di mana tumbuh kopi terbaik yang ada di Indonesia. Toraja dianggap sebagai salah satu tempat yang berkesan bagi salah satu aktris cantik Luna Maya yang juga pemeran utama wanita dalam film ini. Luna mengaku ini adalah pengalaman pertamanya menginjakkan kaki di Toraja berkat film ini dan terpukau karena keindahannya.

Jadi Saksi Berdirinya Filosofi Kopi Jogja

Jika di film pertama penonton merasakan perjuangan untuk mendirikan kedai di Melawai, di sekuel ini Anda akan kembali merasakan perjuangan yang sama untuk kedai di Jogja. Desain interior yang menarik pasti membuat Anda ingin berkunjung ke kedai Filkop di Jogja.

Beberapa Scene Dibuat Secara Spontan

Proses menulis cerita ini tetap berlanjut saat pelaksanaan syuting. Ada beberapa scene yang diciptakan on the spot saat pelaksanaan syuting. Contohnya saat di kota Toraja dan di Lampung, terdapat adegan yang ditambahkan karena waktu syuting saat itu lebih cepat dari target seharusnya.

Baca juga: 5 Aplikasi Streaming Film Indonesia Gratis Tanpa Unduh

Nadine Alexander Bukan Penggemar Kopi

Nadine berperan sebagai Brie, barista baru yang pernah kuliah di Australia. Brie bisa dibilang paham sekali soal kopi, mulai dari menanam biji kopi sampai membuat kopi itu sendiri. Tapi ternyata dalam kehidupan aslinya Nadine adalah orang yang tidak kuat minum kopi.

Demam film sekuel seakan sedang mewabahi dunia perfilman Indonesia. Tak khayal, Sutradara film ini, Angga Dwimas Sasongko telah mengisyaratkan tentang rencana pembuatan filkop 3. Kejutan apa yang kira-kira akan dihadirkan di Filosofi Kopi 3 nantinya?

Comments are closed.