Fresh Graduate, Begini Cara Mudah Mencari Pekerjaan!

Lifestyle & Leisure

Jangan takut untuk bersaing di dunia kerja, berikut ini cara-cara yang bisa para fresh graduate lakukan untuk mencari pekerjaan. Disimak ya artikel ini!

Tidak bisa dihindari jika setiap tahunnya, para fresh graduate bermunculan dan siap untuk terjun ke dunia kerja. Mereka yang telah dinyatakan lulus dari sekolah tingginya, sudah dipastikan langkah berikut yang akan dicapainya adalah mencari pekerjaan.

Jika diartikan berdasarkan penerjemahan, arti dari fresh graduate adalah baru lulus. Diambil dari kata fresh yang berarti baru dan kata graduate yang berarti lulus. Namun, pengertian dri istiah itu bulan hanya sekedar ‘baru lulus saja, tetapi jika mengacu pada pengertian graduate dari Wikipedia, maka secara istilah arti fresh graduate adalah seseorang yang baru saja mendapatkan gelar akademik (lulus dari perguruan tinggi), baik itu diploma ataupun sarjana.

Bagi Anda yang baru lulus, tentu mencari pekerjaan adalah salah satu pengalaman baru yang belum pernah dirasakan. Ada kiat-kiat khusus yang harus dilakukan dalam mencari pekerjaan, terutama bagi Anda para fresh graduate. Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan dan dilakukan itu?

Mencari Pekerjaan Sesuai Jurusan Kuliah

Pertama kali harus Anda sadari ketika mencari pekerjaan adalah tidak semua pekerjaan bisa Anda lamar. Terlebih lagi, Anda belum memiliki pengalaman apapun. Oleh karena itu, carilah pekerjaan yang cocok dengan disesuaikan jurusan Anda ketika kuliah dahulu.

Mengapa? Memiliki modal dasar teori dan praktek yang sama dengan pekerjaan yang akan Anda lamar, tentu dapat memudahkan Anda untuk beradaptasi dengan pekerjaan yang akan Anda jalani nantinya.

Selain itu, melamar pekerjaan yang sesuai dengan jurusan juga akan memudahkan Anda dalam mendapatkan pekerjaan. Selain karena sesuai dengan persyaratan yang dibutuhkan perusahaan, proses wawancara kerja juga akan Anda lewati dengan mudah. Perlu Anda ketahui, bahwa proses wawancara memiliki peranan sangat besar dalam menentukan Anda diterima kerja atau tidak.

Sesuai dengan Kemampuan Anda

Terkadang beberapa orang merasa salah jurusan ketika mereka kuliah dan mungkin Anda termasuk salah satunya. Sialnya, Anda tidak bisa berbuat apa-apa untuk mengubah itu karena terkendala biaya atau tekanan dari orang tua. Jika itu yang Anda alami, maka pekerjaan yang cocok  bisa disesuaikan dengan passion Anda.

Mengapa hal ini bisa dilakukan? Karena Anda sudah mendalami dan memiliki kemampuan terhadap apa yang menjadi kemampuan Anda. Misalnya, Anda kuliah di jurusan teknik mesin sedangkan kemampuan dan minat Anda adalah di bidang desain grafis. Maka Anda bisa melamar kerja sebagai desainer grafis, tetapi dengan syarat Anda telah memiliki kemampuan minimal di bidang tersebut.

Pekerjaan yang Bisa Dilakukan Oleh Semua Jurusan

Pekerjaan yang tidak menyaratkan pengalaman kerja atau bisa dilakukan oleh smeua jurusan, tentunya sangat cocok untuk Anda sebagai fresh graduate yang pastinya minim pengalaman kerja. Meskipun Anda pernah mengikuti magang kerja, hal itu belum cukup untuk dikatakan sebagai pengalaman kerja yang mumpuni yang dibutuhkan perusahaan.

Ada beberapa perusahaan yang memang mencari karyawan baru lulus didasari berbagai faktor, seperti lulusan baru lebih murah gajinya, mudah diatur dan dibentuk sesuai visi misi perusahaan atau juga karena alasan persiapan regenerasi karyawan yang mulai memasuki usia pensiun.

Oleh karena itu, jika ada lowongan kerja yang tidak menyaratkan pengalaman kerja, Anda harus memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

Nego Gaji Fresh Graduate

Mungkin masih banyak yang bertanya-tanya, berapa sih gaji untuk seorang fresh graduate? Pertanyaaan ini tentunya banyak dicari oleh orang-orang yang baru lulus seperti Anda. Perlu Anda ketahui bahwa setiap perusahaan dan juga bidang pekerjaan memiliki standar gaji yang berbeda-beda. Jadi, untuk poin yang ini Anda bisa langsung tanyakan kepada perusahaan masing-masing.

Namun, jika Anda tidak ingin terjebak dalam gaji yang nyatanya dibawah standar, Anda bisa mencari tahu kisaran gaji seorang lulusan baru untuk bidang yang Anda lamar. Jadi, jika perusahaan tersebut memberikan gaji di bawah standar, Anda bisa langsung nego gaji tersebut dan memberitahu kisaran gaji diluar sana agar tidak ada yang merasa dirugikan.

Namun, untuk lebih jelas lagi, berikut ini trik-trik untuk menegosiasi gaji seorang fresh graduate.

Cari Tahu Kisaran Gaji Fresh Graduate untuk Posisi yang Dilamar

Mengetahui kisaran gaji tertinggi untuk posisi yang Anda lamar adalah hal yang sangat penting. Anda bisa mencari informasinya melalui browsing atau bertanya kepada rekan-rekan Anda. Dengan mengetahui kisaran gaji untuk posisi yang Anda lamar, maka Anda bisa bernegosiasi secara logis dengan perusahaan. Sehingga gaji yang Anda minta tidak melampaui bujet yang dianggarkan perusahaan, karena jika itu yang terjadi maka jangan harap Anda bisa diterima di perusahaan tersebut.

Jangan Terpaku Hanya Pada Gaji Pokok

Selain gaji pokok yang berupa uang, ada beberapa hal lain yang bisa Anda negosiasikan kepada perusahaan yang Anda lamar, yaitu uang makan, uang transport, tunjangan kesehatan dan lain sebagainya. Namun, jika tidak bisa dilakukan negosiasi juga, Anda harus memutuskan apakah tetap lanjut atau tidak.

Temukan Asuransi Mobil Terbaik Anda

Rp

Gunakan Trik dengan Menyebut Angka Lebih Besar

Menyebut angka lebih besar dari gaji yang Anda butuhkan adalah salah satu trik agar ketika perusahaan menawar dengan angka yang lebih rendah dari yang Anda sebutkan, maka angka tersebut masih masuk dalam kriteria Anda. Namanya juga negosiasi, tentu ada yang namanya tawar-menawar bukan? Oleh karena itu, trik ini sangat efektif untuk Anda gunakan saat nego gaji.

Pastikan Anda Sebagai Fresh Graduate Memiliki Nilai Jual Lebih

Ketika Anda menyebutkan berapa gaji yang Anda inginkan, maka alangkah baiknya jika Anda juga menyiapkan jawaban logis mengapa Anda harus dibayar dengan angka yang Anda inginkan tersebut.

Pastikan Anda memiliki nilai jual lebih ke perusahaan berupa skill yang sesuai dengan bidang pekerjaan yang Anda lamar. Dengan begitu, perusahaan bisa mempertimbangkan gaji yang Anda minta tersebut.

Comments are closed.