Hidangan Idul Adha yang Sangat Lezat, Mana Favorit Anda?

Lifestyle & Leisure

Hidangan Idul adha umumnya satai, karena proses pembuatannya yang mudah. Padahal, ada banyak hidangan lain yang tak kalah mudah dan nikmat.

Seluruh umat Islam di dunia sebentar lagi akan merayakan hari besarnya dengan penuh suka cita, apalagi kalau bukan Idul adha. Hari raya yang identik dengan kurban sapi, kambing, dan domba ini memang memiliki daya tarik tersendiri.

Di hari tersebut, semua orang akan mendapatkan daging hasil kurban yang dibagikan melalui masjid terdekat. Nah, biasanya daging tersebut akan diolah di hari yang sama bersama keluarga atau kerabat dekat. Daging tersebut diolah menjadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Hidangan Idul adha yang umum dibuat tak lain adalah satai.

Padahal, ada banyak sekali hidangan Idul adha yang dapat dibuat dengan rasa yang tak kalah nikmat. Apa sajakah hidangan yang dimaksud? Ini dia!

Hidangan Idul Adha yang Menggugah Selera

Gule atau Gulai

Nama mirip tapi berbeda racikan bumbunya. Gule merupakan nama yang familiar di Jawa, sedangkan gulai berasal dari Sumatera. Gulai yang mempunyai unsur masakan India dimasak dalam kuah berempah dengan citarasa gurih.

Baca juga: Resep Ayam Geprek yang Bisa Dicoba di Rumah

Tidak segurih gulai, kuah gule lebih cair dan tidak terlalu kental. Gule lebih cenderung menggunakan santan encer dan kaldu daging kambing. Anda lebih suka mana? Kedua makanan tersebut tetap enak dengan ciri khas daerah masing-masing.

Rendang

Tak hanya saat Idul adha saja, daging rendang memang favorit dan terkenal kelezatannya. Bahkan rendang dinobatkan sebagai makanan paling enak di dunia. Rendang bisa menggunakan daging sapi atau kambing. Saat Anda menggunakan daging kambing pastikan mengolahnya dengan baik, supaya tidak meninggalkan aroma dan rasa amis.

Bakso

Makanan ini tak kalah menggodanya untuk dimasak saat Idul adha. Variasinya pun banyak, Anda bisa menyesuaikan sesuai selera. Cara membuat bakso yang lezat dengan kuahnya yang segar dan gurih tidaklah sulit. Disajikan selagi hangat, terutama dicampur mi atau bihun, sayuran, tahu, siomay dan lain-lain. Sungguh makanan yang nikmat sekali, bukan?

Kambing Oven Jamuan Hidangan Idul adha

Sangatlah beruntung kalau Anda yang punya oven di rumah. Masakan khas Mesir ini membuat hidangan khas Idul adha sungguh nikmat. Masakan ini biasanya menggunakan bagian paha kambing yang cepat empuk bila dimasak.

Cara masaknya mudah. Oleskan bumbu pada permukaan kambing sampai rata. Panggang dalam oven bersuhu 200 derajat celsius selama 45 menit atau sampai matang. Tanda daging sudah matang yakni mudah ditusuk dengan garpu.

Sop Buntut

Selain bakso, Anda bisa menikmati hidangan berkuah seperti sop buntut. Makanan dari olahan daging buntut sapi memang menggiurkan dan nikmat. Tentunya makanan ini lebih sehat, karena dilengkapi berbagai macam sayuran dan rempah-rempah.

Daging empuk dalam kuah kaldu sapi bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri, dan taburan bawang goreng tentunya sulit untuk dilewatkan.

Tengkleng untuk Hidangan Idul adha

Tak banyak orang suka makanan khas Solo ini. Makanan ini seperti gulai kambing, namun kuahnya lebih encer. Tengkleng merupakan perpaduan mantap antara tulang, daging, dan jeroan dengan bumbu khusus. Aroma rempahnya sangat kuat dan membuat nafsu makan Anda meningkat dengan seketika. Tengkleng biasanya disajikan selagi hangat bersama nasi atau satai.

Krengseng

Krengseng adalah olahan daging kambing yang populer di daerah Jawa Timur. Masakan ini memiliki aroma khas petis. Warna cokelat pekat didapat dari pemakaian kecap manis. Di beberapa tempat, kecap manis bisa juga diganti dengan sari kurma.

Krengseng memiliki rasa gurih dan manis, sedap disantap dengan nasi putih atau ketupat nasi. Jika tak terlalu menyukai daging kambing, Anda juga dapat menggantinya dengan ayam atau sapi.

Rabeg

Hidangan satu ini merupakan makanan khas Jazirah Arab yang dibawa ke Indonesia dan menjadi favorit di Banten. Namanya rabeg. Rabeg memanfaatkan jeroan kambing sebagai bahan utama. Nyaris semua jeroan kambing bisa dipakai sebagai bahan untuk rabeg.

Baca juga: Resep Healthy Bowl Sehat untuk Anda Coba

Memasak rabeg memang sedikit lebih sulit daripada sajian lain. Jika salah olah, daging bisa menjadi berbau prengus yang kurang sedap.

Balanga

Balanga merupakan kambing muda yang diolah dengan cara dibakar, mirip satai. Dahulu, masakan ini dibawa bangsa Arab ke Sulawesi. Seiring berjalannya waktu, makanan ini dimodifikasi dari segi bahan dan cara memasaknya hingga menjadi balanga. Di Sulawesi, khususnya Gorontalo, makanan ini biasa disantap ketika Idul adha datang.

Empal Gepuk Enak untuk Hidangan Idul adha

Siapa bilang kita tak bisa menikmati gorengan saat Idul adha? Empal gepuk bisa jadi pilihan tepat! Empal gepuk adalah daging goreng yang kaya bumbu dan gurih. Sebelum digoreng, daging sapi harus digepuk atau dipukul berkali-kali terlebih dahulu, baru setelahnya diungkep dalam bumbu. Nah, karena diungkep ini juga bumbunya jadi menyerap sempurna dalam daging, sehingga makan bersama nasi hangat dan sambal saja sudah terasa nikmat.

Oseng Mercon Superpedas

Anda penggemar masakan pedas? Sajikan oseng mercon di tengah makan bersama. Oseng mercon merupakan tumis daging sapi khas Yogyakarta dengan tingkat kepedasan luar biasa. Pasti seru melihat anggota keluarga dan sanak saudara berusaha menahan ledakan cabainya.

Bahan-bahannya sederhana yakni daging sapi yang dipotong dadu, bumbu halus (bawang merah, bawang putih, cabai rawit, cabai merah, dsb), dan bumbu tambahan lainnya agar semakin bercitarasa. Supaya mantapnya makin berlipat ganda, pakai bagian sapi yang lain (selain daging, tentunya) untuk ikut ditumis seperti tetelan, gajih (lemak), sandung lamur, kikil, atau jeroan sapi.

Rawon

Satu lagi hidangan klasik yang pasti disuka semua generasi, rawon namanya. Hidangan ini memang lezat, gurih, dan ikonik karena kuah hitamnya yang berasal dari kluwak. Katanya rawon ini favoritnya raja-raja zaman dahulu. Sekarang semua bisa menikmatinya karena rawon cukup mudah dibuat.

Tumis bumbu halus (bawang merah, bawang putih, kluwak, kemiri, ketumbar, jahe) dan bumbu aromatik seperti serai, daun jeruk, dan daun salam hingga harum. Masukkan daging dan tumis hingga tercampur rata. Terakhir, tuang air dan rebus hingga daging empuk dan meresap bumbunya. Sajikan dengan telur asin, tauge, dan sambal terasi.

Tongseng

Tongseng umumnya dikenal sebagai sajian daging yang asalnya khas dari kota Solo. Makanan olahan daging sapi atau kambing ini memiliki nilai kolestrol yang cukup tinggi. Oleh karena itu, biasanaya tongseng disajikan dengan parutan kubis dan potongan tomat yang begitu banyak.

Tongseng selalu tampil khas dengan kuahnya yang berwarna cokelat bening dan memiliki citra rasa asam dan manis. Bisa dikatakan, tongseng adalah perpaduan antara gulai dengan kekhasan rasa manis kecap dari satai. Tongseng sangat cocok disajikan bersama nasi putih dan emping untuk mengisi jamuan makan siang perayaan ini.

Baca juga: 14 Makanan Tradisional Indonesia yang Enak Banget

Nah, semakin tak sabar menanti datangnya Idul adha, kan? Hidangan apa yang Anda buat?

Comments are closed.