Ingin Masa Tuanya Hidup Sejahtera? Terapkan Strategi Ini!

Lifestyle & Leisure

Kurangi gaya hidup konsumtif dan mulai berinvestasi merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hidup sejahtera di masa tua.

Setiap orang menginginkan masa tuanya hidup sejahtera, dengan pemasukan rutin dan tanpa hutang. Sayangnya manajemen keuangan yang buruk seringkali mendorong masyarakat lebih konsumtif di usia produktif mereka. Sehingga tidak memiliki rencana keuangan yang matang ketika memasuki usia senja.

Tidak sedikit generasi usia 50 tahunan yang masih terhimpit hutang bahkan banyak juga yang tidak punya penghasilan sama sekali selepas masa pensiun. Alhasil mereka harus menjadi beban anak-anaknya.

Tip Hidup Sejahtera di Usia Senja

Tentu kita tak ingin melawati usia senja dengan masalah finansial. Hidup sejahtera adalah impian semua orang. Namun, untuk mewujudkannya harus disiapkan sejak muda, bahkan ketika Anda baru mulai memasuki dunia kerja. Memiliki asuransi jiwa menjadi salah satu cara untuk membangun finansial jangka panjang yang aman.

Baca juga: Jenis-Jenis Biaya Tambahan yang Sering Dilupakan

Sebab, produk asuransi ini menjamin hidup sejahtera di masa tua tanpa harus mengkhawatirkan beban keuangan apapun. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, miliki asuransi jiwa sekarang untuk hidup sejahtera di masa tua.

Selain itu, Anda juga harus pintar mengatur finansial Anda. Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ini ulasan selengkapnya.

Memahami Besar Pengeluaran Bulanan

Setiap pekerja selalu memperhatikan berapa besar pemasukan bulanan mereka, tapi tidak banyak juga yang menghitung secara pasti berapa pengeluaran bulanan mereka. Padahal hal ini penting diketahui untuk menilai berapa jumlah yang bisa ditabung untuk masa depan. Cobalah untuk memulai strategi ini dengan mencatat pos pengeluaran rumah tangga, anggaran transportasi, dan hiburan. Di satu bulan pertama kumpulan semua bukti transaksi pembayaran dan hitung berapa pengeluaran Anda.

Jika hasilnya kurang baik, tandanya pengeluaran Anda menguras habis seluruh pendapatan. Hal inilah yang harus dibenahi agar Anda masih bisa menyisikan uang untuk ditabung sebagai bekal di masa tua.

Tip Hidup Sejahtera di Usia Senja

Hindari Hutang

Jangan sampai Anda menjadi salah satu korban yang terjebak hutang tanpa bisa melunasinya. Untuk menghindarinya, Anda harus bisa menahan diri untuk membeli apapun jika memang kondisi finansial Anda sedang tidak baik.

Lebih baik menabung hingga uangnya terkumpul baru Anda membeli barang yang diinginkan, daripada harus memaksakan dengan cara berhutang yang harga belinya tentu jauh lebih mahal karena terdapat bunga di dalamnya.

Namun, jika Anda sudah berada dalam kondisi hutang yang tak kunjung selesai. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengendalikannya dan berusaha melunasinya secepat mungkin. Jika Anda memiliki hutang kartu kredit, pinjaman online, dan hutang lainnya cobalah bernegosiasi untuk mendapatkan keringanan cicilan dengan bunga serendah mungkin.

Baca juga: Cara Memilih Asuransi Kesehatan untuk Orang Tua yang Sesuai

Sisihkan 10-15% Pendapatan untuk Dana Pensiun

Agar masa tua Anda dapat hidup sejahtera biasakan untuk hidup hemat sedari muda. Kurangi anggaran konsumtif seperti hiburan, makan mewah, dan belanja yang tidak penting.

Sisihkan pendapatan bulanan Anda sekitar 10-15% untuk dana pensiun. Jika Anda sulit untuk menabungnya sendiri, kini sudah banyak perusahaan bank yang menawarkan program dana pension dengan konsep tabungan berjangka.

Lebih cepat menabungl tentu akan lebih banyak dana pensiun yang dapat Anda kumpulkan. Tidak perlu nominal besar, untuk memulainya Anda bisa sisihkan 100-200 ribu setiap bulannya. Maka ketika pensiun di usia 60 tahun nanti Anda bisa mendapatkan dana segar hingga ratusan juta yang bisa digunakan untuk biaya hidup di masa tua.

Tip Hidup Sejahtera

Beli Proteksi Jiwa

Jika Anda tipe orang yang sulit menabung dan belum berani berinvestasi pada produk keuangan, salah satu cara untuk memastikan hidup sejahtera di masa tua adalah memiliki asuransi jiwa. Namun, lebih bagus lagi jika dibarengi dengan asuransi kesehatan. Produk asuransi jiwa ini bisa dijadikan sebagai dana pensiun karena masa pertanggungan akan habis dan dapat Anda tarik uangnya ketika usia Anda sudah tidak produktif.

Besar uang pertanggungan ini beragam, tergantung jenis produk yang Anda pilih. Umumnya pertanggungan dari proteksi jiwa baru diberikan ketika pemegang polis mengalami cacat permanen atau meninggal dunia. Namun, Anda bisa memilih jenis proteksi jiwa berjangka dengan masa pertanggungan 5, 10 sampai 15 tahun sehingga Anda bisa menyesuaikan masa pertanggungan dengan masa pensiun.

tip hidup sejahtera di masa tua

Membangun Bisnis

Membangun bisnis sejak muda dapat membantu Anda memastikan hidup sejahtera di masa tua. Namun, tidak semua orang berani berbisnis karena membutuhkan modal besar dan risikonya juga tidak kecil.

Namun, tidak ada salahnya untuk mencoba. Tidak perlu usaha yang membutuhkan modal besar. Anda bisa memulainya dengan usaha yang kecil-kecil, seperti menjadi reseller dari suatu produk atau membuka warung kecil-kecilan di rumah. Asalkan Anda bisa menekuni bisnis ini, tentu keberhasilan pun akan menghampiri Anda.

Baca juga: Tip Investasi Emas Digital, Milenial Wajib Tahu!

Itulah beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk mewujudkan hidup sejahtera di masa tua. Kunci dari masa pensiun bahagia adalah tidak ada beban hutang dan adanya pemasukan bulanan meskipun dalam jumlah kecil.

Untuk mendapatkannya mulailah kurangi gaya hidup konsumtif dengan membatasi pengeluaran tambahan yang tidak mendesak dan perbanyak investasi agar tak lagi ada beban finansial ketika pensiun tiba. Bila sulit melakukan manajemen keuangan sendiri, mintalah jasa konsultan keuangan untuk memperbaiki neraca finansial Anda dan mewujudkan hidup sejahtera sejak muda.

Comments are closed.