Tak Hanya Lapar dan Haus, Inilah Hikmah Puasa Sebenarnya!

Lifestyle & Leisure

Puasa identik dengan tidak makan dan minum pada waktu yang telah ditentukan. Lebih dari itu, ada hikmah puasa yang perlu kita ketahui.

Tak terasa, sebentar lagi kita semua yang beragama muslim akan menyambut datangnya bulan Ramadhan. Artinya, kita akan berpuasa selama sebulan penuh. Mungkin, bagi sebagian orang, puasa hanya sekadar menahan lapar dan haus. Padahal, ada banyak sekali hikmah yang kita dapatkan dengan berpuasa. Bahkan, hikmah puasa akan membuat kita menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Mau tahu apa saja hikmahnya? Simak di bawah ini!

Hikmah Puasa Ramadhan

Melatih Diri Menjadi Pribadi yang Lebih Tabah Serta Sabar

Kita menjalankan puasa bukan hanya menahan lapar serta haus. Akan tetapi, dengan kita melakukan puasa maka kita dapat dilatih untuk terbiasa bisa menahan amarah, dan tak berburuk sangka pada orang lain. Serta kita akan terbiasa untuk bersabar menghadapi suatu hal, tak mudah untuk terpancing oleh omongan-omongan orang lain mengenai diri kita. Jadi, dengan demikian kita bisa jadi pribadi yang sabar serta tabah tidak hanya saat puasa saja, tetapi setiap saat.

Baca juga: Daftar Menu Buka Puasa yang Menyehatkan!

Tercapainya Derajat Ketaqwaan Seseorang

Dengan menjalankan ibadah puasa, maka seseorang telah menjalankan kebaikan-kebaikan seperti yang Allah perintahkan serta menjauhi semua larangan Allah. Oleh karena itulah, maka dengan menjalankan ibadah puasa seseorang dapat jadi pribadi yang lebih bertaqwa lagi pada Allah. Sebagai orang muslim yang menjalankan ibadah puasa juga akan merasa selalu di pantau oleh Allah, semangat untuk melakukan hal-hal yang diperintahkan oleh Allah dan lebih mendekatkan diri pada Allah. Oleh karena itu, hikmah dari berpuasa yaitu menjadikan seseorang bertaqwa pada Allah.

Melatih Seseorang Menjadi Lebih Bersyukur

Sewaktu kita menjalankan ibadah puasa, kita hanya makan dua kali di waktu berbuka puasa serta saat sahur. Dengan demikian, maka kita semakin lebih merasa bersyukur dengan apa yang kita makan selama ini saat kita tak berpuasa. Dengan demikian rasa syukur itu dapat muncul pada diri kita itu.

Melatih Kita Menjadi Lebih Disiplin

Seseorang yang menjalankan puasa, hidupnya akan lebih teratur. Sebagai contoh, kita yang tidak terbiasa bangun pagi, dengan menjalankan puasa maka kita semakin lebih teratur bangun pagi untuk menjalankan makan sahur. Serta untuk yang makannya tidak teratur, dengan puasa makannya dapat teratur yakni saat sahur serta berbuka puasa. Dengan terbiasanya bangun pagi, maka di saat-saat setelah itu hidupnya akan teratur serta yang pasti tak malas untuk bangun pagi.

Menjadikan Kita Lebih Peduli Sesama

Sesama muslim merupakan saudara. Ikatan itu saat puasa begitu terjalin dengan erat. Hal semacam ini bisa kita lihat dari beberapa contoh, di antaranya yaitu memberikan makan tajil untuk berbuka, dengan cara cuma-cuma (berbuka puasa gratis), Shalat berjama’ah, saling berbagi pengetahuan agama, dan rutinitas ini akan terjalin serta terbiasa di saat tidak berpuasa.

Baca juga: Tradisi Mudik Lebaran dan Hari Raya Agama Lain di Dunia

Mempererat Silaturahmi

Dengan kita menjalankan ibadah puasa, serta kita setiap malam menjalankan shalat tarawih secara berjama’ah dan mengaji di masjid. Maka dengan adanya aktivitas seperti itu setiap hari menjadikan setiap hari bertemu, jadi yang awalnya tak pernah bertemu jadi bertemu, yang umumnya tak akrab jadi akrab. Serta rutinitas ini akan berlanjut di bulan-bulan di luar bulan puasa.

Membiasakan Diri untuk Berhati-hati dalam Berbuat

Dengan menjalankan ibadah puasa, maka kita akan menghindari hal-hal yang bisa mengurangi pahala puasa kita yakni dengan menjaga lisan, perbuatan, serta hati. Dengan demikian sesudah kita membiasakan diri berbuat baik di saat puasa, kita akan terbiasa dan akan berhati-hati dalam melakukan tindakan. Satu hal yang pasti, Allah SWT tahu segalanya yang kita lakukan.

Semua Hal yang Dilakukan Merupakan Ibadah

Semua hal atau perbuatan baik bernilai ibadah. Terlebih di bulan Ramadhan, bulan di mana pahala kita dilipat gandakan. Dengan membiasakan diri di bulan Ramadhan untuk berbuat baik, maka kita akan punya kebiasaan di hari-hari di luar bulan Ramadhan.

Melatih Diri untuk Hidup Sederhana

Ketika kita makan di saat berbuka, tentu kita akan merasakan begitu enaknya berbuka puasa itu meskipun berbuka hanya dengan air putih serta sesuap nasi. Dengan merasakan hal semacam itu, tentu kita akan sadar serta kita semakin lebih menghargai makanan dan akan melatih diri kita untuk lebih sederhana dalam hidup. Sebab, sebenarnya Allah SWT tak menyukai hal yang terlalu berlebih, serta lebih menyukai hal yang sederhana.

Menunjukkan Keseimbangan Hidup

Berpuasa, merupakan bentuk ibadah seorang hamba pada Allah SWT. Serta sebenarnya Ibadah merupakan kewajiban kita sebagai manusia dan seorang hamba Allah SWT. Dengan menjalankan puasa, maka kita sudah menjalankan kewajiban untuk bekal kelak di akhirat. Dan keseimbangan hidup kita yaitu kebutuhan dunia serta akhirat, dengan kata lain dengan berpuasa maka kita sudah menjalankan kebutuhan akhirat serta sejenak meninggalkan kebutuhan dunia. Sebab, kebutuhan dunia bila diikuti akan tak ada ujungnya atau mungkin dengan kata lain kepuasan dari diri manusia tak ada ujungnya. Tetapi yang perlu diingat kepentingan dunia serta akhirat harus seimbang.

Setiap Ibadah Mempunyai Tujuan

Segalanya yang kita lakukan, tentu mempunyai tujuan serta maksud. Begitu juga dengan ibadah puasa, kita menjalankan ibadah puasa dengan tujuan untuk melatih diri agar tak melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT. Dan melatih diri untuk lebih bertaqwa pada Allah SWT.

Baca juga: 5 Tip Menerapkan Pola Hidup Sehat

Satu Asuransi untuk
Semua Destinasi Liburan

Pilih Asuransi Perjalanan di Sini!

Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Saat menjalankan ibadah puasa, kita harus menghindari perbuatan-perbuatan yang bisa mengurangi pahala puasa. Siapa sih yang menginginkan pahala puasa kita berkurang serta hanya memperoleh rasa lapar serta haus. Pasti tidak bukan? Jadi kita harus bisa mengontrol emosi, dan perbuatan-perbutan yang buruk. Serta mestinya, walaupun kita sudah tidak berpuasa, sebaiknya kebaikan-kebaikan yang ditunaikan di saat puasa tetaplah berlanjut. Dan kita bisa berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Puasa Ramadhan adalah ibadah. Dan, ibadah pasti memiliki hikmah. Jadi, sudah pasti puasa memiliki hikmah yang tiada tara. Sudah siap menyambut puasa Ramadhan?

Comments are closed.